Dampak Urbanisasi Bagi Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia

Apa dampak dari urbanisasi ? - Urbanisasi menjadi topik yang selalu menjadi pembahasan hangat bagi masyarakat Indonesia. Terutama di era globalisasi ini, semakin banyak pertumbuhan penduduk yang menginginkan kemajuan diri dalam segala bentuk bidang. Dimana kemajuan tersebut tidak dapat dicapai dengan mudah pada daerah tertentu. Sehingga banyak masyarakat yang tergiur, bahkan nekat untuk pergi ke daerah perkotaan demi memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat atau untuk kabur dari zona nyaman kehidupan yang menjenuhkan.

Namun, dengan banyaknya urbanisasi banyak yang tidak memperhatikan dampak urbanisasi yang merugikan bagi sosial masyarakat sekitar. Baik itu masyarakat kota tujuan atau masyarakat desain sebelumnya.

Pengertian dari Urbanisasi

Urbanisasi adalah adanya perpindahan penduduk dari desa kelahirannya menuju kota besar. Tujuan dari urbanisasi ini biasanya adalah untuk mencari peruntungan yang lebih baik bagi kehidupan seseorang ke depannya. Penyebab dari urbanisasi antara lain karena kepercayaan masyarakat akan banyaknya lapangan pekerjaan yang terdapat di kota dibandingkan dengan lapangan kerja di desa. Oleh sebab itu, banyak yang memilih pergi ke kota untuk mengembangkan perekonomian keluarganya.

Dampak Urbanisasi Bagi Kehidupan Masyarakat

Urbanisasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan taraf hidupnya. Kondisi ini memberikan beberapa keuntungan bagi sebagian orang, namun juga menimbulkan permasalahan bagi sebagian masyarakat luas. Dampak urbanisasi yang bervariasi tak jarang menimbulkan pada persoalan negatif yang perlu dipecahkan oleh para ahlinya. Berikut beberapa dampak yang disebabkan oleh kegiatan urbanisasi di kalangan masyarakat luas.

1. Kemacetan Tak Berujung
Dampak urbanisasi yang menimbulkan efek negatif bagi masyarakat salah satunya yakni kemacetan di Kota yang tak ada habisnya. Semakin banyak masyarakat yang memilih untuk hidup di kota, maka semakin tidak terbendung juga pengendara kendaraan pribadi yang melenggang di jalanan. Bahkan tak jarang dalam satu keluarga memilih untuk mengendarai kendara secara individu dalam menjalankan aktivitasnya. Seperti, ayah bekerja, kakak sekolah, dan ibu ke pasar. Sehingga tingkat kemacetan semakin tidak dapat dihindari. Terutama di daerah Ibu Kota atau perkotaan Induk lainnya.

2. Banyak Pengangguran
Dampak selanjutnya dari adanya urbanisasi adalah banyak pengangguran yang ada di kota. Hal ini terjadi karena terlalu banyak para penduduk desa yang berpindah dari desa, sehingga banyak pekerjaan yang telah diisi oleh pekerja yang lebih dulu mendaftar atau diterima. Masyarakat yang baru saja tiba ke kota atau bahkan penduduk kota yang telat mendaftar bisa menjadi seseorang yang pengangguran selama belum dapat mencari lowongan baru.

3. Banyak Sampah
Banyak orang maka sama dengan menambah sampah di daerah tersebut. Setiap penduduk pastilah menghasilkan paling tidak satu sampah setiap harinya. Apabila jumlah penduduk di kota tersebut adalah 10 juta jiwa, maka satu harinya daerah tersebut memiliki beban sampah sebanyak 10 juta. Dan jika sampah tersebut semakin bertambah setiap harinya, tidak menutup kemungkinan tempat untuk menanggulangi sampah yang menumpuk tersebut akan penuh.

4. Lingkungan Pemukiman yang Tidak Ideal
Semakin banyak orang, maka semakin banyak rumah yang dibangun sebagai tempat berteduh dan bermukim. Namun, dikarenakan lahan yang terbatas dan penduduk yang semakin padat, maka mau tidak mau masyarakat harus meminimalisir rumah yang akan dibuat. Selain karena lahan pun memiliki harga jual yang tinggi. Sehingga rumah yang dibuat biasanya lebih kecil dan penuh dari yang seharusnya layak untuk ditempati.

Terjadinya Urbanisasi di Indonesia

Urbanisasi beberapa waktu ini semakin banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya dilakukan oleh para masyarakat yang ingin bekerja saja, namun juga oleh para pelajar yang menginginkan menuntut ilmu di tempat yang lebih baik dibandingkan di daerah tempat tinggalnya. Sehingga kota-kota besar di Indonesia semakin padat penduduknya, terutama di Ibu Kota.

Itulah tadi dampak urbanisasi yang menimbulkan kenegatifan bagi kehidupan masyarakat luas. Mengetahui dampak tersebut diharapkan masyarakat untuk lebih mempertimbangkan dan merencanakan dengan matang sebelum melakukan urbanisasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel