Dampak Tsunami Jika terjadi Disuatu Wilayah

dampak tsunami
Bagi negara kepulauan saat terjadinya gempa bumi sekaligus menimbulkan kekhawatiran lain munculnya bencana lain yang lebih besar. Bencana tersebut bisa memberikan efek yang lebih parah dibandingkan dengan gempa bumi. Dan bencana tersebut adalah tsunami.

Walaupun sudah dipasang alat pendeteksi dini tsunami tidak melulu bisa meminimalisir dampak tsunami yang bisa ditimbulkan. Tsunami tidak memandang siapa dan apa. Semua disapu bersih tanpa tersisa. Kerusakan hingga nyawa melayang sudah pasti menjadi akibatnya.

Definisi Dari Tsunami

Ditinjau secara harfiah, tsunami adalah gelombang besar yang terjadi di laut. Gelombang tsunami ini sangat besar dan lebih tinggi dari ombak di lautan yang bergerak dengan cepat menuju ke daratan. Dan jika benda sudah dilewati oleh gelombang tsunami bisa dipastikan hancur seketika. Tak ayal jika sudah terjadi tsunami maka kerugian besar pasti terjadi.

4 Dampak Tsunami

Sesaat setelah terjadinya tsunami pasti muncul banyak dampak yang ditimbulkan. Mungkin Anda bingung perbedaan antara dampak dengan akibat. Kalau akibat lebih pada kerusakan materiil dan hilangnya nyawa manusia. Sedangkan dampak lebih pada moril dan perekonomian. Dampak tsunami yang biasa terjadi dalam kehidupan yang harus diketahui antara lain:

1. Menghambat kegiatan ekonomi
Semua pasti setuju kalau tsunami memberikan dampak buruk bagi kegiatan perekonomian di wilayah yang terkena tsunami. Perekonomian bisa lumpuh seketika terdampak tsunami untuk beberapa waktu. Hal tersebut berarti untuk beberapa waktu semua kegiatan ekonomi terhenti. Bahkan bisa jadi 1 minggu perekonomian baru mulai menggeliat hidup.

Tidak ada kegiatan ekonomi sama sekali sesaat setelah tsunami. Hal ini disebabkan semua korban dan masyarakat terfokus untuk mengais barang-barang yang tersisa atau mencari keluarga yang masih hidup maupun sudah tiada.

2. Trauma
Tidak heran jika setelah terjadi tsunami bisa menimbulkan trauma jangka panjang. Bisa jadi korban selamat kaget jika mendengar suara gemuruh ombak dan teriak histeris. Ada pula yang takut jika melihat air. Semua itu biasa terjadi sebagai salah satu dampak tsunami ataupun bencana lainnya.

Dengan alasan tersebut banyak masyarakat yang memberikan trauma healing bagi korban tsunami terutama bagi anak-anak. Trauma healing diharapkan mampu mengurangi dan menghilangkan ketakutan korban tsunami.

3. Kelaparan dimana-mana
Tsunami mampu menyapu semua benda yang dilewatinya. Tanah longsor dan jalanan retak dan rusak menyulitkan penyelamat. Hal ini menyebabkan akses untuk mencapai suatu wilayah yang diterjang tsunami sehingga bantuan sulit menjangkaunya.

Karena itulah terjadi kelaparan karena tidak adanya makanan yang layak bisa dikonsumsi. Padahal korban tsunami hanya mengandalkan bantuan untuk makan. Semua barang bisa jadi tidak bersisa. Bahkan parahnya, saat bantuan datang, masyarakat berebut makanan supaya mampu bertahan hidup.

4. Bertambahnya angka kemiskinan
Tsunami secara langsung meningkatkan angka kemiskinan. Hal ini disebabkan oleh hilangnya harta benda. Semua harta yang dimiliki hanyut dan rumah hancur diterjang tsunami. Kalaupun ada harta yang bisa diselamatkan harus membangun rumah terlebih dahulu. Dengan demikian perekonomian sebuah keluarga atau seseorang benar-benar memulai dari awal.

Hikmah dari Adanya Tsunami bagi Kehidupan

Tsunami merupakan bencana yang sudah pasti tidak ada yang menginginkannya. Dampak buruk yang ditimbulkan bisa terjadi untuk jangka panjang. Di sisi lain tsunami mempunyai dampak positif bagi kehidupan yaitu meningkatnya rasa gotong royong. Setelah tsunami melanda, masyarakat bahu membahu saling menolong sesama.

Semua bencana merupakan kuasa Tuhan. Walaupun dampak tsunami tidak bisa hilang dalam jangka pendek. Jangan pernah menyerah dan kuatkan keimanan. Dan saat ada peringatan tsunami pergilah ke tempat yang lebih tinggi sebagai upaya penyelamatan diri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel