Dampak Tanah Longsor Terhadap Psikologis Korban dan Perekonomian Daerah

dampak tanah longsor
Bencana alam memang salah satu hal yang sering kali memberikan dampak serius kepada lingkungan maupun individu-individu yang menjadi korban. Salah satu bencana yang sulit diprediksi adalah tanah longsor karena sebagian besar kejadiannya mendadak. Sementara dampak tanah longsor tidak hanya kerusakan alam tetapi juga memberikan pengalaman buruk tersendiri kepada warga di daerah tersebut.

Apa Pengertian Tanah Longsor?

Tanah longsor yaitu bencana yang akibatkan oleh kerusakan struktur tanah akibat beberapa faktor seperti turunnya hujan deras berlangsung terus menerus dan biasanya dialami oleh masyarakat yang tinggal di dekat terasering. Salah satu dampak umumnya adalah banyak korban bencana yang terserang berbagai penyakit. Seperti efek musibah lainnya, kondisi tubuh adalah hal yang perlu menjadi fokus utama.

Dampak Tanah Longsor Pengaruhi Psikologis & Ekonomi

Dampak kejadian longsornya tanah pada terasering bisa memberikan efek trauma untuk orang-orang yang mengalaminya. Biasanya kekhawatiran yang muncul adalah kewaspadaan terhadap longsor susulan dengan kerusakan lebih parah. Apa saja pengaruh musibah tanah longsor terhadap ekonomi dan kesehatan psikologis? Silahkan membaca penjelasan berikut ini.

1. Gangguan perekonomian
Dampak tanah longsor sering kali membuat warga kehilangan mata pencaharian karena akses transportasi, komunikasi, dan perdagangan mengalami gangguan bahkan terputus. Seperti contohnya industri yang harus membangun kembali pabriknya setelah rusak karena tertimbun tanah akan membutuhkan waktu cukup lama untuk kembali produksi barang dagangan.

Hal tersebut bisa menurunkan jumlah konsumen karena mereka akan mencari produsen lain yang bisa menyediakan produk serupa. Sementara dari sisi alam, masyarakat akan lebih sedikit menikmati sumber daya alam sekitar karena terjadinya bencana longsor.

2. Trauma psikologis
Kejadian buruk memang sering memicu timbulnya trauma pada setiap orang termasuk musibah bencana tanah longsor. Namun, tingkatan trauma ini akan berbeda tergantung kepada pribadi masing-masing.

Bentuk trauma korban tanah longsor biasanya berupa kebingungan karena tempat tinggal sudah rata dengan tanah, kesedihan akan rusaknya lahan pertanian & hilangnya mata pencaharian, dan mempunyai kekhawatiran lebih terhadap longsor susulan yang bisa terjadi kapanpun.

3. Turunnya harga jual tanah
Kondisi wilayah yang rentan longsor akan menurunkan daya jual tanah yang ada di lingkungan sekitar. Hal tersebut sangat wajar karena setiap orang pastinya ingin membeli tanah di daerah yang aman dan nyaman terutama untuk hunian keluarga.

Kebanyakan pemilik akan menempuh cara aman setelah kejadian longsor, baik dengan mengosongkan lahan ataupun segera menjual tanah. Jika tempat yang ingin dijual tersebut awalnya adalah sebuah pabrik ataupun tempat usaha yang mempekerjakan banyak orang tentunya akan menambah jumlah pengangguran.

4. Berkembangnya bibit penyakit
Bibit penyakit akan mudah menyebar karena kondisi lingkungan yang tidak stabil di tempat pengungsian. Pastinya Anda mengetahui jika fasilitas pengungsian akan terbatas termasuk dalam hal makanan dan air bersih. Inilah yang menyebabkan penyebaran penyakit semakin cepat terutama pada anak-anak, lansia, dan wanita.

Contoh Nyata Dampak Tanah Longsor

Situasi pengungsi setelah kejadian longsor banyak yang terserang penyakit, beberapa informasi menyebutkan serangan penyakit terjadi setelah warga berada di camp pengungsian selama 5 hari. Penyakit yang muncul berupa pusing, gangguan shock atau trauma, gangguan pernapasan, dll. Untuk meredakan trauma biasanya akan diadakan trauma healing.

Itulah ulasan mengenai pengertian serta dampak tanah longsor. Walaupun musibah tanah longsor murni akibat aktivitas alam tetapi sering kali dipicu oleh kegiatan merusak oleh manusia. Langkah-langkah pencegahan perlu mulai disosialisasikan kepada warga sekitar agar tidak ada kejadian longsor kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel