Dampak Revolusi Industri di Zaman Modern

Pada bidang industri, mesin merupakan salah satu komponen wajib yang ada di dalam pabrik bahkan beberapa perusahaan menggantikan tenaga manusia dengan teknologi. Hal itu memang efektif meningkatkan jumlah produksi karena mesin tidak mengenal rasa lelah seperti halnya makhluk hidup. Dampak revolusi industri terjadi seiring dengan perubahan kebijakan yang diterapkan masing-masing wilayah.

Apa Pengertian Revolusi Industri?

Revolusi sering diartikan sebagai perubahan dari berbagai sektor kehidupan dalam waktu singkat & mengandung nilai berdasarkan dasar aturan hidup penduduk setempat. Revolusi industri adalah sebuah perubahan yang berkaitan dengan aktivitas industri termasuk hubungan pekerja dengan pengusaha.

Dampak Revolusi Terhadap Lingkungan & Kehidupan Makhluk Hidup

Daerah yang semula asri diubah menjadi lingkungan industri memang menciptakan lapangan pekerjaan baru, tetapi faktanya masih banyak pekerja yang kurang beruntung karena 80% terkena efek buruk sistem tersebut. Dampak revolusi industri turut mengubah lingkungan dan kehidupan masyarakat terutama yang bermukim di sekitar kawasan tersebut. Ingin tahu lebih banyak efek negatif dari industrialisasi? Penjelasannya bisa Anda simak pada poin-poin berikut.

1. Training dengan kapasitas berlebihan
Awal mulai pekerjaan baru memang membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari hal-hal terkait tugas dan tangung bjawab dalam masing-masing posisi sebuah pabrik. Beberapa perusahaan biasanya akan memberikan program pelatihan praktis sebagai solusi paling umum untuk mendidik pekerja baru. Namun sayangnya, dampak revolusi industri yang disebut-sebut memperbanyak lowongan kerja, justru memberikan tekanan untuk pegawai baru dengan training yang ekstrim.

2. Industri kecil mengalami masa sulit
Produksi barang yang dilakukan oleh pabrik tentunya berkapasitas besar dalam sekali waktu sehingga ongkos pembuatan menjadi lebih murah. Hal ini akan berimbas pada harga jual yang lebih rendah dibandingkan produk industri kecil. Sementara bahan baku yang ada di negeri ini terus mengalami kenaikan yang menambah rumit masalah produsen lokal dalam skala kecil, dan akhirnya beberapa pabrik warga terpaksa harus gulung tikar.

3. Limbah mencemari air
Tidak semua pengelola pabrik peduli akan kelestarian lingkungan sekitarnya termasuk efek buruk yang diterima oleh warga setempat. Dampak revolusi industri akan berlanjut ke pencemaran sungai ketika limbah tidak dikelola dengan baik. Meskipun sudah banyak peraturan yang dibuat untuk mengatur masalah sisa kotoran produksi pabrik yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya, sayangnya masih banyak pabrik yang belum menjalankannya. Banyak kasus limbah langsung dibuang begitu saja ke sungai atau aliran air warga sekitar.

4. Pencemaran udara
Asap hasil produksi mesin-mesin pabrik yang digunakan setiap hari bahkan sampai 24 jam penuh akan menambah buruk polusi udara. Kepulan asap tebal berwarna hitam dari pabrik membawa beberapa senyawa berbahaya yaitu timbal, karbon monoksida, dan lain-lain. Salah satu efek yang timbul karena karbon monoksida adalah perusakan dinding arteri organ jantung.

Contoh Efek Buruk Revolusi Industri

Orang yang hidup didekat pabrik sering kali mengidap asma dan penyakit pernapasan lainnya terutama karyawan dari bagian produksi perusahaan tersebut. Peraturan yang diterapkan industri bisa dibilang sangat ketat dengan sanksi potongan gaji yang tidak seberapa jumlahnya. Dampak revolusi industri yang berkaitan dengan contoh salah satunya adalah kelainan mata karena kurangnya istirahat.

Beberapa dampak revolusi industri yang telah disebutkan memang cukup sulit dihindari karena beberapa daerah sudah memberikan ijin pembangunan kawasan industri. Jika pihak pabrik mempunyai kesadaran untuk menjaga lingkungan dengan mengelola limbah dan melakukan upaya meminimalkan asap buangan maka bisa menekan pencemaran lingkungan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Revolusi Industri di Zaman Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel