Dampak Polusi Udara Terhadap Kesehatan dan Lingkungan Hidup

Kualitas udara yang semakin menurun seiring berjalannya waktu memberikan banyak dampak negatif bagi alam dan kehidupan manusia. Dampak polusi udara memang sudah menjadi masalah serius yang dialami oleh seluruh negara karena beberapa masalah kesehatan sering kali membuat kondisi tubuh penduduk setempat terkena penyakit.

Apa Itu Polusi Udara?

Pencemaran udara yaitu sebuah peristiwa yang menyebabkan udara tidak lagi berkondisi murni karena mengandung partikel, bahan kimia berbahaya, dan komponen lainnya. Polusi sudah pasti memberikan kerugian terhadap kehidupan makhluk hidup.

Sementara itu, polutan udara sendiri berasal dari banyak kegiatan yang memanfaatkan bahan-bahan kimia penyebab terkikisnya atmosfer. Selain pencemaran udara ada beberapa polusi lain yang masih saling berkaitan yaitu kerusakan air, tanah, dan lain-lain.

Dampak Polusi Udara Bagi Tubuh Manusia dan Alam

Udara yang tercemar sering dikaitkan dengan polutannya yang terdiri dari zat kimia seperti misalnya karbon monoksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida, emisi, dan masih banyak lainnya. Masing-masing menyebar dengan tingkat kecepatan yang berbeda, Dampak polusi udara sendiri mempunyai jangka waktu berbeda dalam menimbulkan kerusakan. Untuk meningkatkan kesadaran bahaya penggunaan bahan bakar produksi, Anda bisa menyimak efek negatifnya pada penjelasan berikut.

1. Meningkatkan kematian
Ternyata kematian dini mempunyai hubungan yang erat dengan paparan partikulat kecil dengan konsentrasi tinggi. Hal tersebut terus berlangsung setiap harinya karena partikulat yang kecil saja memberikan dampak serius terhadap kondisi tubuh manusia. Pada negara-negara berkembang masih banyak dijumpai pembakaran yang menggunakan bahan bakar padat, contohnya kompor tradisional. Dampaknya akan meningkatkan penderita penyakit pernapasan seperti kematian orang-orang yang masih berusia muda dan infeksi serius pada saluran napas.

2. Bronkitis menjangkiti anak-anak
Salah satu gas berbahaya yang memberikan dampak polusi udara yaitu nitrogen dioksida. Konsentrasi gas NO2 yang melebihi batas maksimal masuk dalam zat beracun yang berkaitan dengan timbulnya peradangan saluran napas akut. Gas ini terbentuk dari proses pemanasan, mesin kendaraan, kapal, dan pembangkit listrik yang ternyata adalah sumber emisi antropogenik nitrogen dioksida. Hasil sebuah studi epidemiologis mengatakan jika gejala penyakit bronkitis pada anak-anak penderita asma meningkat.

3. Hujan asam
Satu lagi peristiwa buruk yang diakibatkan oleh senyawa nitrogen dioksida yaitu terjadinya hujan asam. Seperti namanya, kandungan zat yang ada dalam air hujan tidak normal seperti hujan pada umumnya. Zat kimia berupa asam sulfat & asam nitrat membuat air tersebut tidak aman untuk beberapa satwa seperti ikan. Hujan yang terkontaminasi asam ini juga menjadi penyebab banyak bangunan runtuh secara perlahan karena terkikis.

4. Banyak satwa dan tumbuhan punah
Dampak polusi udara berikutnya berkaitan dengan hidup tumbuhan & hewan yaitu eutrofikasi. Peristiwa eutrofikasi merupakan keadaan air yang memiliki jumlah nitrogen tinggi sehingga mempercepat pertumbuhan alga. Hal tersebut bisa menjadi ancaman untuk satwa-satwa yang ada di dalam perairan terutama ikan. Eutrofikasi memang kejadian alami tetapi beberapa kegiatan manusia membuat prosesnya berlangsung lebih cepat.

Contok Efek Negatif Pencemaran Udara

Penelitian-penelitian yang berasal dari berbagai negara menyebutkan peningkatan jumlah kematian manusia mengalami kenaikan 0,3%. Dampak polusi udara membuat penderita penyakit dalam seperti serangan jantung, asma, terganggunya paru-paru, dan infeksi pernapasan terus bertambah.

Setelah mengetahui tentang pengertian, dampak polusi udara yang sangat merugikan, dan contoh kejadiannya Anda bisa lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan terutama yang berkaitan dengan bahan bakar. Pilihlah bahan bakar rumah tangga yang ramah terhadap lingkungan sebagai langkah awal untuk mengurangi pencemaran udara.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Polusi Udara Terhadap Kesehatan dan Lingkungan Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel