Dampak Perubahan Iklim Terhadap Ekosistem dan Kehidupan Manusia

Menurut data yang dirilis oleh Bappenas, sepanjang abad 20 peningkatan suhu udara di Indonesia rata-rata mencapai setengah derajat celcius. Peningkatan itu adalah salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan iklim, hal tersebut diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

Adapun beberapa dampak perubahan iklim dapat mengganggu kehidupan masyarakat dan keseimbangan alam. Perubahan iklim dapat terjadi akibat dari aktivitas yang dilakukan oleh manusia baik kegiatan langsung maupun tidak langsung sehingga memberikan pengaruh pada komposisi atmosfer global dalam jangka waktu tertentu.

Apa yang dimaksud Perubahan Iklim?

Sebelum menginjak pada pengertian perubahan iklim, sebaiknya Anda memahami arti dari iklim yang merupakan suatu keadaan di atmosfer pada periode waktu tertentu. Definisinya sendiri cenderung mengarah pada  ukuran rata-rata & jumlah variabelitas yang masuk akal dari hal-hal tertentu seperti angin, curah hujan, dan temperatur. Perubahan iklim yaitu pola distribusi cuaca yang berubah dalam jangka waktu panjang disebabkan kegiatan-kegiatan yang menghasilkan gas perusak atmosfer.

Dampak Perubahan Iklim Global

Iklim yang mulai berubah ke arah yang negatif akan memberikan dampak global termasuk Indonesia. Meski sudah banyak informasi yang memberitahukan mengenai bahaya kenaikan suhu setiap periode, tetapi masih banyak masyarakat yang belum peduli terhadap aktivitas-aktivitas ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pencegahan. Dampak perubahan iklim akan berakibat buruk pada beberapa sektor kehidupan. Apa saja dampaknya? Anda bisa simak di poin-poin berikut.

1. Berkurangnya kapasitas air di sumbernya
Pertumbuhan penduduk yang sepenuhnya belum dapat dikendalikan secara otomatis akan meningkatkan kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari. Dalam upaya pemenuhan permintaan jumlah air yang meningkat tersebut, manusia akan melakukan usaha-usaha seperti mengekploitasi sebanyak mungkin air dari sumbernya. Hal tersebut biasanya terjadi pada kota-kota besar yang padat penduduk. Kegiatan penyedotan itu akan memicu naiknya batas air laut ke dataran semakin jauh hingga mencemari sumber air untuk kebutuhan minum.

2. Bencana hidrologi
Salah satu dampak perubahan iklim yang cukup mengerikan yaitu memicu terjadinya bencana alam terutama yang berkaitan dengan hidrologi. Memang ada beberapa negara yang sudah siap menghadapi terjadinya bencana perubahan iklim seperti badai & cuaca yang berubah ekstrim dengan sistem penanggulangan yang baik. Tetapi sayangnya Indonesia belum masuk dalam kategori tersebut.

3. Harga bahan makanan naik
Diperkirakan hasil bumi berupa bahan makanan seperti beras, gandum, hingga jagung akan mengalami penurunan sampai 30% seiring berjalannya waktu. Kelangkaan bahan pokok tersebut sudah pasti berimbas pada kenaikan harga beli yang diperparah dengan permintaan pasar yang terus meningkat. Penurunan terjadi karena kurangnya air dan kesuburan tanah yang terus terkikis akibat kegiatan-kegiatan penggunaan gas tidak ramah lingkungan.

4. Siklus tidak berjalan baik
Dampak perubahan iklim akan mendorong terjadinya penambah emisi untuk menunjang produksi beberapa produk. Ironisnya emisi-emisi tersebut justru lebih cepat merusak lingkungan salah satunya penurunan curah hujan sekitar 40% di beberapa wilayah.

Contoh Kejadian Dampak Perubahan Iklim

Tiga tahun yang lalu, Indonesia mengalami dampak perubahan iklim berupa fenomena El Nino yang menyebabkan beberapa daerah harus menderita kemarau cukup panjang. Dari kekeringan tersebut mengakibatkan banyak hutan menjadi kering dan menjadi lebih rawan mengalami kebakaran. Meskipun ada faktor penyebab lainnya seperti peralihan fungsi lahan serta kurangnya pengawasan titik api.

Apabila kebakaran hutan yang besar terjadi terus menerus karena cuaca ekstrim tentu akan menimbulkan bibit penyakit seperti sesak napas dan gangguan kesehatan lain. Dampak perubahan iklim yang sudah mulai terlihat belakangan ini, sudah seharusnya banyak edukasi yang dilakukan pemerintah untuk masyarakat membahas tentang topik tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Perubahan Iklim Terhadap Ekosistem dan Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel