Dampak Perjanjian Renville Bagi Kehidupan Bernegara di Indonesia

Sejarah kemerdekaan menuliskan bahwa sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya, Negara ini pernah mengalami berbagai masa penjajahan. Mulai dari penjajahan Belanda, Inggris dan Jepang. Negara Belanda menjadi Negara dengan catatan terlama dalam menjajah Negara Indonesia, yakni kurang lebih selama 350 tahun.

Meskipun telah menjajah selama itu, Belanda masih mencoba kembali mengusik kesatuan yang telah dibangun di Indonesia pada Tahun 1945, tepatnya setelah proklamasi diumumkan. Hingga usaha tersebut mendapat penolakan keras dari masyarakat Indonesia dan menimbulkan perlawanan keras. Perlawanan tersebut memperoleh penanganan dengan diadakannya perjanjian Renville. Dampak perjanjian Renville sendiri berdampak pada kehidupan di negara Indonesia.

Apa itu Perjanjian Renville?

Perjanjian Renville ialah sebuah perundingan yang dilakukan antara pihak Belanda dan Indonesia yang didasari atas adanya kesalahpahaman antara persepsi pemerintahan yang diterapkan Indonesia dan keinginan Belanda untuk tetap mengklaim Negara Indonesia sebagai bagian dari pemerintahannya, sehingga Belanda melakukan agresi militer 1 dan berujung pada perundingan ini.

Dampak perjanjian Renville masih menjadi topik sejarah yang sering dikaji dan dibahas sebagai bentuk perhargaan atas perjuangan para pahlawan serta tokoh bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dampak Perjanjian Renville Bagi Negara Indonesia

Perjanjian Renville merupakan salah satu perundingan yang dilakukan untuk mempertahankan Indonesia sebagai negara kesatuan dan telah merdeka. Perjanjian ini dilakukan pada zona netral dan dihadiri oleh berbagai delegasi dari berbagai negara, seperti Belanda, Indonesia, Amerika, Belgia dan Australia. Dampak perjanjian Renville ini memberikan beberapa pengaruh yang merugikan bagi pihak Indonesia, yang akan dijelaskan secara lengkap dalam bahasan berikut.

1. Terpecahnya Kesatuan Negara Indonesia
Terpecah belahnya kesatuan Negara ini menjadi salah satu dampak dari adanya perjanjian Renville. Karena menyetujui perundingan ini, maka Indonesia setuju untuk melepaskan beberapa bagian daerah yang masuk dalam wilayah kemerdekaan Indonesia. Dan karena pengurangan bagian negara ini, membuat beberapa bagian lainnya menjadi hak milik negara Belanda dan dibangun serta diperintah oleh pihak Belanda.

2. Wilayah Negara Indonesia Berkurang
Dampak perjanjian Renville selanjutnya yakni berkurangnya wilayah kekuasaan Indonesia. Indonesia kembali mengalami pengurangan wilayah kekuasaan pada perundingan ini, bahkan wilayah pada perjanjian ini lebih sedikit dibandingkan dengan luas wilayah pada perjanjian Linggarjati. Bahkan terdapat garis Van Mook yang menjadi pembatas antara wilayah kekuasaan Belanda dengan wilayah milik Indonesia.

3. Indonesia Menjadi Negara RIS
RIS merupakan kepanjangan dari Republik Indonesia Serikat. Pada proklamasi, Indonesia menetapkan diri sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Namun dalam perundingan Renville, Negara ini dituntut untuk mengubah bentuk negaranya yang kemudian kita kenal dengan RIS tersebut. Perubahan bentuk negara ini menjadi syarat yang harus disanggupi oleh pihak Indonesia, supaya Belanda mau mengakui kedaulatan Negara ini.

4. Meletusnya Agresi Militer II
Ketidakpuasan akan hasil perundingan yang dilakukan tersebut, mengakibatkan terjadinya agresi militer selanjutnya. Yakni dikenal sebagai agresi militer II. Pemicu awal terjadinya agresi ini karena pihak Indonesia menyusupkan pasukan gerilya ke daerah dudukan Belanda, di waktu adanya gencatan senjata antara pihak Belanda dengan pihak Indonesia.

Terjadinya Perundingan Renville

Perjanjian ini terjadi pada tahun 1948, tepatnya di tanggal 17 Januari bertempat di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Perjanjian Renville dilakukan di kapal USS Renville yang merupakan kapal milik pihak Amerika. Terjadinya perundingan ini dipicu oleh adanya pelanggaran perjanjian Linggarjati oleh pihak Belanda dan meletuskan agresi militer I.

Itulah tadi dampak perjanjian Renville bagi Negara Indonesia. Mengetahui beberapa dampak tersebut, diharapkan masyarakat lebih menghargai jasa pahlawan dalam mengusahakan dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Perjanjian Renville Bagi Kehidupan Bernegara di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel