Dampak Perang Dunia 2 Secara Global

Terdapat dua jenis perang terbesar di dunia ini. Perang tersebut adalah perang dunia 1 dan perang dunia 2. Keduanya memiliki sejarah masing-masing yang tak kalah kelam. Seperti selayaknya perang lainnya, perang dunia menyisakan luka dan duka bagi orang yang terlibat di dalamnya. Belum lagi dampaknya yang terkadang bisa merubah sejarah dunia. Seperti misalnya saja dampak perang dunia 2 yang masih ada hingga detik ini. Tahukah Anda apa saja dampaknya? Berikut ulasannya.

Sejarah Terjadinya Perang Dunia 2

Perang Dunia kedua atau yang sering disebut dengan PD2 merupakan sebuah perang besar yang terjadi dalam rentang waktu 1939 hingga 1945. Perang tersebut diikuti oleh banyak negara besar yang memiliki kekuatan dan sumber daya manusia yang kuat. Perang dunia 2 menciptakan dua kubu yang saling bertentangan yaitu Poros dan Sekutu. Dengan lebih dari 100 juta orang yang terlibat, perang ini menjadi perang yang besar dan mematikan banyak pihak. Bahkan PD2 dibumbui dengan holocaust, kematian warga sipil besar-besaran, dan penggunaan nuklir untuk saling menjatuhkan.

4 Dampak Perang Dunia 2

Sesuai dengan reputasinya sebagai perang yang mematikan, perang dunia 2 juga meninggalkan dampak yang bahkan masih bertahan hingga sekarang. Inilah daftar dampak perang dunia 2 yang patut Anda ketahui.

1. Negara Adikuasa
Dampak perang dunia kedua yang paling terasa hingga detik ini adalah munculnya negara adikuasa atau negara raksasa yang menguasai dunia. Negara adikuasa tersebut adalah Amerika Serikat dan Uni Soviet atau yang sekarang dikenal sebagai Rusia. Dua negara tersebut adalah pemenang perang dunia kedua. Kedua negara tersebut memiliki ideologi yang berbeda. Sebagai contohnya Amerika Serikat yang memiliki ideologi demokrasi liberal, serta Rusia yang berideologi komunis.

2. Lahirnya Negara Baru
Dengan adanya perang dunia 2 maka secara langsung menimbulkan semangat nasionalisme di beberapa negara yang terjajah. Negara jajahan yang berada di kawasan Asia tersebut banyak yang memproklamirkan kemerdekaannya. Negara tersebut antara lain Indonesia pada 17 Agustus 1945, India pada 26 Januari 1950, Filipina pada 4 Juli 1946, dan juga Birma pada 4 Januari 1948.

3. Lahirnya Politik Memecah Negara
Politik memecah negara tersebut menjadi dampak perang dunia 2 lain yang juga berlangsung hingga detik ini. Beberapa contohnya antara lain negara Korea yang dipecah menjadi Korea Selatan dan Korea Utara, Jerman yang dipecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur, India yang dipecah menjadi Pakistan dan India, serta Indo-Cina yang dipecah menjadi Indo-Cina, Kamboja, dan Laos.

4. Terbentuknya UNRRA
UNRRA atau United Nations Relief Rehabilitation Administration adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh PBB. Organisasi tersebut bertugas untuk membantu rakyat yang terkena dampak dari perang dunia 2. Beberapa tugasnya adalah menyediakan rumah sakit, membantu pengungsi agar bisa bertemu dengan keluarganya, memberi makan korban perang dunia 2, serta membangun kembali tanah yang hancur akibat perang dunia tersebut.

Tokoh yang Berperan Penting di Perang Dunia 2

Perang dunia kedua tak lepas dari tokoh-tokoh yang berperan penting di dalamnya. Salah satunya adalah Isoroku Yamamoto dan Erich von Manstein. Isoroku Yamamoto sendiri adalah orang yang menjadi dalang dari serangan di Pearl Harbor sedangkan Erich von Manstein adalah tentara yang berperan di perang dunia 2 dan memiliki strategi militer terbaik dalam sejarah negara Jerman.

Itulah tadi sekilas informasi mengenai sejarah, dampak perang dunia 2, serta tokoh penting yang berperan di dalamnya. Tidak ada satupun perang yang meninggalkan kenangan baik. Setelah semua yang sudah dialami semoga semua pihak bisa belajar dari pengalaman agar kedepannya tidak ada perang lagi yang terjadi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Perang Dunia 2 Secara Global"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel