4 Dampak Perang Dingin Bagi Dunia

Dahulu sempat terjadi perang besar antar negara maju. Perang tersebut dikenal sebagai perang dingin. Negara maju tersebut berperang supaya memperoleh kemenangan dan disegani di dunia sehingga memberikan dampak perang dingin yang sungguh luar biasa. Dampak tersebut bukan hanya untuk negara yang berperang saja tetapi juga bagi negara-negara lain di dunia.

Lihat juga: Akibat Rotasi Bumi

Pengertian Perang Dingin

Perang dingin adalah perang ketegangan sebagai wujud dari konflik-konflik kepentingan negara dan guna merebut supremasi negara di dunia. Perang ini juga dikenal sebagai perang antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Kedua negara tersebut bertikai satu sama lain demi kepentingan pribadi dan kedua negara besar tersebut mempunyai paham yang berbeda. Uni Soviet memiliki paham komunis sedangkan Amerika berpaham liberal.

Dampak Perang Dingin

Perang dingin dilakukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat tetapi bukan berarti tidak berdampak bagi negara lainnya. Ada beberapa dampak perang yang merugikan banyak negara. Dampak perang dingin yang wajib diketahui adalah:

1. Ketakutan Terjadinya Perang Nuklir
Dampak perang dingin terburuk adalah lahirnya akan terjadinya perang nuklir. Berita tersebut memberikan ketakutan yang luar biasa perang nuklir. Bukan rahasia umum kalau nuklir memberikan dampak buruk jangka panjang bagi rakyat sebuah negara. Hal tersebut diperkuat juga dengan Amerika yang membentuk NATO sebagai badan militer dan Uni Soviet membentuk Pakta Warsawa sebagai badan militernya. Dengan demikian ketakutan negara-negara dunia kalau terjadinya perang nuklir semakin kuat.

2. Perekonomian tidak seimbang
Perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat adalah merosotnya ekonomi suatu negara. Dahulu bayak negara berperang sehingga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tak urung dana dimiliki oleh negara habis karena dipakai untuk membiayai perang. Dan tidak sedikit harus meminjam kepada negara lain untuk tetap bisa bertahan dan menyambung pemerintahan. Saat itu Amerika menjadi negara adi kuasa yang memiliki kekayaan berlimpah dan menjadi negara kreditur. Hal ini menyebabkan banyak negara sinis terhadap Amerika karena membuat ketimpangan di bidang ekonomi.

3. Jerman Terbagi Menjadi Dua
Jerman terbagi menjadi dua yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur merupakan salah satu kehancuran secara fisik yang kasat dilihat mata. Jerman Timur merupakan pengikut komunis sedangkan Jerman barat pengikut paham liberal. Rakyat Jerman Timur tertekan dengan kebijakan pemerintah dan jika mencoba kabur ke Jerman Barat, maka bisa dibunuh. Sedangkan Jerman Barat lebih berkembang dan bebas dalam menentukan kebijakan ekonomi dan pendidikan tanpa adanya tekanan dari pemerintah.

4. Buruknya Paham Komunis dan Liberal
Amerika sebagai pemilik paham liberal menganggap  paham komunis sebagai ancaman bagi berkembangnya paham liberal terutama di bidang ekonomi. Hingga saat ini kedua paham tersebut belum bisa bersatu. Amerika masih sangat berhati-hati jikalau ada masyarakat komunis yang berkunjung atau masuk ke negaranya.

Lihat juga: Penyebab Inflasi

Lamanya Perang Dingin Berlangsung

Terjadinya perang dingin cukup lama yaitu antara tahun 1947 hingga tahun 1991. Salah satu pertanda berakhirnya perang dingin adalah berpelukannya Gorbachev dan George W. Bush dan dengan jelas menyatakan kalau perang dingin sudah berakhir. Dan juga dirobohkannya tembok Berlin sebagai tanda bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.

Perang memberikan dampak buruk bagi negara-negara yang berperang dan negara di sekitarnya. Begitu juga dengan perang dingin. Dampak perang dingin yang luar biasa memberikan pelajaran bagi semua kalau hidup damai lebih menyenangkan. Dan marilah dijaga bersama-sama.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Dampak Perang Dingin Bagi Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel