Dampak Pengangguran Bagi Perekonomian Negara, Nomor 2 dan 4 Jika Terjadi Sangat Bahaya

Dalam sebuah negara pasti ada yang disebut dengan pengangguran. Perbedaannya hanyalah angkanya tinggi atau rendah. Semakin tinggi angka pengangguran maka semakin memberikan dampak buruk bagi perekonomian negara. Karena itulah pemerintah berkewajiban memecahkan masalah dengan berbagai cara untuk menekan dampak pengangguran bagi negara. Kerugian bisa semakin besar jika angka pengangguran tertinggi merupakan usia produktif yang harusnya bisa membantu ekonomi tapi justru malah menganggur (lihat juga: dampak globalisasi).

Apa itu Pengangguran?

Pengangguran adalah orang-orang yang belum memperoleh kesempatan untuk bekerja tetapi sedang berusaha mencari pekerjaan atau tidak mencari pekerjaan karena sudah tidak memungkinkan lagi untuk mencari pekerjaan. Orang menjadi pengangguran bisa dikarenakan tidak mempunyai keterampilan atau rendahnya tingkat pendidikan sehingga tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

4 Dampak Pengangguran

Pengangguran harus segera diatasi kalau perlu segera diberantas supaya dampak pengangguran bisa dihilangkan. Angka pengangguran bukan hanya mempengaruhi perekonomian semata tetapi juga mempengaruhi kehidupan sosial, budaya, dan politik. Pengangguran juga mampu menghambat pembangunan nasional dan menurunkan kesejahteraan. Dampak lain adanya pengangguran antara lain:

1. Menurunkan Aktivitas Perekonomian

Daya beli masyarakat menurun seiring dengan meningkatnya angka pengangguran. Hal  tersebut secara langsung memberikan dampak turunnya angka pembelian atau permintaan terhadap barang dan jasa. Kemudian para investor akan berpikir ulang untuk menanam saham atau penambahan industri sehingga perekonomian turun drastis. Negara tidak memperoleh pemasukan dan mengalami kerugian. Di samping itu, perusahaan melakukan PHK untuk menekan biaya produksi supaya tidak bangkrut. Akhirnya angka pengangguran malah semakin tinggi.

2. Tingginya Angka Kemiskinan

Dampak pengangguran selanjutnya adalah tingginya angka kemiskinan. Pengangguran secara langsung menambah beban keluarga karena setiap hari mempunyai kebutuhan tetapi tanpa penghasilan yang kemudian menjadi penyebab utama angka kemiskinan. Dan dampak selanjutnya adalah bisa menyebabkan kurang gizi. Hal ini disebabkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan sehari-hari dan tidak memungkinkan untuk memperhatikan asupan gizi.

3. Turunnya Pendapatan Per Kapita dan Menghambat Pertumbuhan Ekonomi

Pengangguran tidak menghasilkan jasa maupun barang. Maka dari itu, semakin banyak orang yang menganggur maka pendapatan negara semakin menurun setiap tahunnya. Pendapatan negara tersebut dikenal dengan PDB (Pendapatan Domestik Bruto). Jika PDB turun maka pendapatan perkapita juga ikut turun. Sejalan dengan hal tersebut perekonomian juga terganggu karena mutu output dan turunnya jumlah produk yang dihasilkan juga bisa menyebabkan turunnya pendapatan perkapita.

4. Meningkatnya Angka Kriminalitas

Seorang pengangguran berusaha bagaimana caranya supaya memperoleh penghasilan guna memenuhi kebutuhan. Bahkan terkadang menempuh cara yang tidak baik dengan cara merampok, mencopet, dan mencuri. Sehingga tingkat kriminalitas naik secara drastis. Jadi jangan heran kalau di negara yang mempunyai tingkat pengangguran tinggi maka angka kejahatan juga tinggi (lihat juga: penyebab inflasi).

Negara yang mempunyai Tingkat Pengangguran Tinggi

Tidak dipungkiri lagi kalau tidak hanya satu atau dua negara saja yang mempunyai angka pengangguran tinggi. Dan salah satu negara yang mempunyai angka pengangguran tinggi tersebut adalah Kongo. Kongo sendiri merupakan salah satu negara di Afrika. Sedangkan untuk di Asia sendiri dipegang oleh Palestina dimana negara ini memang kerap bersengketa dengan Israel.

Bekalilah diri dengan keterampilan lain yang bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan lain contohnya di bidang seni. Dengan mempunyai keterampilan bisa jadi Anda tidak harus bekerja ikut orang lain tetapi malah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri. Dengan demikian negara tidak terkena dampak pengangguran semakin tinggi lagi.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Pengangguran Bagi Perekonomian Negara, Nomor 2 dan 4 Jika Terjadi Sangat Bahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel