Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Makhluk Hidup

Keadaan alam sekarang ini memang sudah banyak berubah karena beberapa aktivitas manusia yang menyebabkan polusi. Pencemaran lingkungan bersumber dari beragam kegiatan seperti pemakaian bahan bakar mesin yang tidak ramah lingkungan, limbah pabrik yang langsung dibuang ke sungai, dan masih banyak lainnya. Masyarakat perlu mengerti lebih banyak tentang dampak pencemaran lingkungan agar tidak menjadi lebih buruk efeknya.

Apa yang Dimaksud Pencemaran Lingkungan?

Pencemaran lingkungan bisa diartikan sebuah proses yang merubah tatanan lingkungan dari berbagai aktivitas berupa kegiatan manusia yang menggunakan bahan ataupun zat tertentu sehingga memunculkan efek negatif terhadap kualitas alam. Salah satu zat yang masuk dalam kategori perusak lingkungan yaitu karbon dioksida yang kadarnya melebihi angka 0,033%. Pencemaran bisa terjadi pada udara, tanah, maupun ekosistem air.

Dampak Pencemaran Lingkungan Hidup untuk Makhluk Bumi

Dampak kegiatan-kegiatan penggunaan zat-zat beracun tersebut memang tidak semuanya terjadi dalam tempo waktu yang cepat, akan tetapi sangat mengkhawatirkan untuk generasi yang akan datang. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami beragam dampak pencemaran lingkungan yang beberapa diantaranya akan dibahas dalam poin-poin berikut.

1. Punahnya beragam flora & fauna
Pencemaran ekosistem laut memang sudah mencapai tahap serius dengan beredarnya banyak kasus sampah yang mulai mengancam hewan-hewan yang tinggal di dalamnya. Bahkan beberapa data menyebutkan jika hewan laut sudah terbiasa memakan sampah, fakta tersebut seharusnya mampu membuka mata banyak pihak untuk mencegah dan mencari solusi agar sampah tidak mencemari samudra. Sementara perubahan komposisi tanah akibat polusi akan berdampak pada kematian beberapa tumbuhan.

2. Merusak ozon
Semakin banyak polusi yang dilakukan dari kegiatan-kegiatan yang menghasilkan gas berbahaya bagi lingkungan akan membuat lapisan ozon semakin menipis. Lapisan yang semakin tipis dapat dengan mudah hilang sehingga tercipta lubang, dampaknya akan sangat merugikan terhadap kehidupan bumi karena sinar ultraviolet tidak lagi terhalang ozon. Sudah banyak bahasan mengenai bahaya sinar UV diantaranya adalah merusak penglihatan.

3. Kesuburan tanah berkurang
Penggunaan bahan kimia untuk bidang pertanian sering kali tidak terkendali sehingga cepat atau lambat akan mengurangi kesuburan dari tanah di daerah tersebut. Hal ini memang berkaitan dengan hama yang muncul semakin beragam dan berkapasitas lebih banyak. Sementara populasi hama tanaman itu berhubungan erat dengan rantai makanan yang bisa dibilang sudah tidak berimbang antara jumlah predator dan mangsanya.

4. Peningkatan populasi hama
Selain pestisida, para petani juga menggunakan insektisida untuk mengurangi jumlah hama yang menyerang tanaman. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus dengan menambah jumlah pemakaian obat racun hewan bukan tidak mungkin membuat jumlah binatang predator menjadi lebih banyak. Misalkan, penyemprotan obat kimia untuk menghilangkan keong yang memakan  tanaman bisa berdampak pada kurangnya makanan untuk burung sehingga akhirnya memakan tanaman petani.

Contoh Dampak Pencemaran Lingkungan

Kejadian yang bisa Anda lihat akibat kurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungannya sendiri adalah banyaknya kasus hewan laut yang terlilit plastik ditemukan. Mungkin plastik terlihat tidak berbahaya, tapi ketika ribuan ton sampah plastik memenuhi laut banyak diantaranya melilit leher, kaki, dan bagian tubuh lain dari hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Sebuah fakta yang sangat menyedihkan karena setiap tahunnya sampah itu selalu bertambah.

Beberapa upaya untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan harus segera dilakukan dengan merangkul masyarakat dari berbagai tingkatan untuk ikut andil dalam program tersebut. Karena menjaga kelestarian bumi adalah tanggung jawab bersama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel