Dampak Konflik Sosial Terhadap Masyarakat dan Individu

dampak konflik sosial
Dalam televisi atau koran, terkadang kita menemukan berita yang menceritakan konflik-konflik yang terjadi di masyarakat. Adanya konflik di masyarakat selalu menjadi sorotan. Masyarakat yang terlibat masing-masing memiliki kepentingan sendiri.

Perbedaan kepentingan ini tidak didasari dengan pembicaraan dan hanya ingin mendapatkan apa yang diinginkan tanpa memandang kebutuhan orang lain. Jika terus dibiarkan, dapat menimbulkan dampak konflik sosial yang pastinya akan merugikan baik bagi yang terlibat secara langsung maupun bagi masyarakat yang tidak terlibat.

Pengertian Konflik Sosial

Konflik berasal dari bahasa latin, yaitu configure. Configure berarti saling memukul. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi konflik adalah sebuah percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. Sedangkan definisi konflik sosial dalam KBBI adalah pertentangan antaranggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan.

Dalam sosiologi, konflik sosial berarti proses sosial antara dua orang atau lebih yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan membuatnya tidak berdaya atau menghancurkannya.

Dampak Konflik Sosial yang Dapat Terjadi

Dampak konflik sosial sangat beragam. Berikut adalah penjelasan mengenai dampak yang mungkin diterima setelah terjadi sebuah konflik sosial.

1. Merusak hubungan antar individu
Adanya konflik sosial menyebabkan adanya perselisihan. Perselisihan ini disebabkan karena masing-masing individu memiliki kepentingan yang berbeda bahkan bertolak belakang. Karena perbedaan kepentingan ini, masing-masing individu berusaha menunjukkan kepentingannyalah yang harus didahulukan.

Tidak ada pembicaraan diantara kedua belah pihak sehingga dapat menimbulkan banyak salah paham. Dalam prosesnya, antarindividu berusaha menjatuhkan individu lain sehingga dapat merusak hubungan antarindividu.

2. Memakan korban jiwa
Tidak jarang dalam konflik sosial, terjadi perselisihan secara fisik. Pertengkaran ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa dirinya lebih menonjol dibandingkan yang lainnya. Pertengkaran juga terjadi ketika adu mulut tidak berhasil. Karena dibutakan oleh emosi, terkadang masyarakat yang terlibat dengan siapa yang menjadi lawannya.

Pertengkaran yang berlangsung dengan sangat parah dapat menimbulkan korban luka bahkan bisa menyebabkan salah satunya meninggal. Jika hal ini terjadi, kepentingan individu tidak bisa terpenuhi malah bisa menyebabkan individu yang terlibat dipidanakan.

3. Merusak fasilitas yang ada
Saat pertengkaran, tidak jarang individu yang terlibat merusak fasilitas yang ada di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan rasa takut bagi pihak yang memiliki pendapat yang berbeda dengannya. Masyarakat yang terlibat konflik sosial memang tidak pernah memikirkan dampak konflik sosial yang akan muncul.

Fasilitas yang rusak tidak hanya membuat pemerintah merugi, tetapi juga membuat masyarakat lain tidak bisa mendapatkan manfaat yang seharusnya. Jika fasilitas yang rusak merupakan fasilitas pribadi, tentunya pemilik akan sangat dirugikan.

4. Munculnya dominasi dari kelompok yang menang
Apabila konflik sosial berakhir tetapi bukan karena pembicaraan yang baik, efek selanjutnya adalah muncul dominasi dari kelompok yang menang. Dominasi ini dapat menimbulkan dan menyebarkan rasa takut kepada kelompok yang kalah. Selain itu, kelompok yang menang akan menganggap dirinya lebih berkuasa sehingga dapat menyebabkan mereka bertindak semena-mena.

Cara Menghindari Konflik Sosial

Konflik sosial di masyarakat sebenarnya bisa dihindari. Perbedaan pendapat dan kepentingan merupakan hal yang wajar. Jika muncul perbedaan ini, masing-masing individu bisa membicarakan duduk perkaranya dan memikirkan solusi yang bisa dilakukan bersama-sama.

Masing-masing individu juga perlu mendengarkan kebutuhan pihak lain dan tidak memaksakan kehendaknya sendiri. Dengan proses musyawarah yang baik, konflik sosial tidak akan terjadi sehingga dampaknya tidak perlu dirasakan oleh masyarakat.

Itulah dampak konflik sosial yang dapat timbul. Kerugian yang ditimbulkan seharusnya bisa menjadi pengingat untuk senantiasa mengontrol diri sendiri dalam bermasyarakat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Konflik Sosial Terhadap Masyarakat dan Individu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel