Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan Hidup

Apa saja dampak dari kebakaran hutan? - Hutan merupakan ekosistem yang mempengaruhi hampir setiap spesies yang ada di muka bumi. Ketika hutan rusak, berbagai macam bencana pun bisa terjadi. Dahulunya, Indonesia mempunyai wilayah perhutanan yang luas. Tetapi banyaknya kasus kebakaran hutan, membuat area hutan makin sedikit. Kebakaran hutan yang terjadi juga akan membawa dampak negatif  bagi ekosistem alam. Berikut ini penyebab dan dampak kebakaran hutan.

Mengapa Kebakaran Hutan Terjadi?

Kebakaran hutan terjadi antara lain karena Faktor Alam dan manusia. Tetapi bencana kebakaran hutan yang melanda Indonesia hampir seluruhnya merupakan bencana yang terjadi akibat ulah manusia. Kebakaran hutan yang diakibatkan oleh faktor alam juga biasanya tidak berdampak besar dibanding kebakaran hutan yang disebabkan oleh kesengajaan manusia.

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Alam Dan Manusia

1. Rusaknya ekosistem
Kebakaran hutan maupun lahan akan berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora serta fauna yang hidup di dalam hutan.

2. Mengganggu kesehatan manusia
Dampak kebakaran hutan selanjutnya bisa mengganggu kesehatan manusia. Asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan menjadi polusi udara yang berdampak pada terganggunya kesehatan tubuh seperti asma, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), penyakit paru obstruktif, dan sebagainya.

3. Mengakibatkan pemanasan global
Kebakaran hutan akan menyebabkan menyebarnya asap serta emisi gas karbondioksida dan gas lain ke udara yang mengakibatkan pemanasan global dan perubahan iklim.

4. Rawan banjir dan tanah longsor
Dengan terjadinya kebakaran hutan, otomatis hutan menjadi gundul sehingga tidak mampu lagi menampung air saat hujan. Banjir yang terjadi wilayah hutan akan mengakibatkan erosi tanah karena tidak adanya penopang tanah. Tanah longsor juga mudah terjadi jika wilayah tersebut merupakan perbukitan.

5. Berkurangnya sumber air bersih
Salah satu fungsi akar pohon yakni menyimpan cadangan air dalam bumi. Ketika akar pohon sudah rusak, maka ia tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik termasuk menyimpan cadangan air. Hal ini akan berdampak pada menipisnya cadangan air, bahkan bisa mengakibatkan kekeringan.

6. Kerugian ekonomi
Dampak kebakaran hutan yang lain yakni mengakibatkan kerugian secara materiil. Mungkin sebagian orang menggantungkan hidupnya dari hasil hutan. Jika hutan rusak, maka sumber penghasilan merekapun hilang. Kebakaran hutan akan mengakibatkan tanah menjadi tandus sehingga sulit untuk bercocok tanam.

Selain itu, kebakaran hutan juga akan memicu terjadinya bencana lain yang berdampak buruk pada keberlangsungan hidup manusia. Seperti kehilangan lahan, tempat tinggal, bahkan anggota keluarga karena bencana seperti tanah longsor dan banjir.

Beberapa kasus kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia

Beberapa contoh kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia yakni kebakaran hutan di Aceh pada 24 Juli 2017. Komandan kodim nagan raya provinsi ach, Letkol kav Moch Wahyudi menyebutkan penyebab kebakaran hutan yakni karena percikan api dari puntung rokok warga yang dibuang sembarangan.

Kurangnya kesadaran masyarakat mengenai efek yang ditimbulkan ketika membuang puntung rokok sembarangan menjadi latar belakang kebakaran hutan yang terjadi. Kasus kebakaran hutan juga terjadi baru-baru ini di Aceh Jaya dan Aceh Barat pada 22 Oktober 2018.

Di Aceh Jaya, kebakaran melanda desa Kabong, Kecamatan Krueng Sabee dengan luas lahan terbakar sekitar 1,5 hektare. Sementara di Aceh Barat, kebakaran hutan melanda desa Lapang, Kecamatan Johan pahlawan. Penyebabnya lagi-lagi karena ulah manusia.

Demikian, penyebab dan dampak kebakaran hutan beserta contohnya. Hutan memberikan kontribusi yang banyak bagi kehidupan makhluk hidup khususnya manusia. Untuk itu, penting bagi kita agar terus berupaya menjaga hutan terus lestari dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dengan meminimalisir kegiatan deforestasi hutan seperti alih fungsi hutan dan kegiatan industri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel