Dampak Globalisasi di Bidang Politik pada Sebuah Negara

dampak globalisasi di bidang politik
Globalisasi merupakan zaman yang menuntut adanya perubahan dan perkembangan dalam segala bidang kehidupan. Kemajuan kehidupan di era ini disebutkan sebagai pencapaian yang dapat mempermudah serta membebaskan adanya persingguhan antara negara di seluruh dunia. Proses globalisasi sendiri dipengaruhi dan dapat mempengaruhi sosial, kebudayaan, ekonomi, lingkungan alam, hingga tata kerja dalam bidang politik.

Dampak globalisasi di bidang politik sendiri dapat memberikan akibat yang buruk juga. Seperti terancamnya ideologi bangsa karena derasnya arus globalisasi antar negara, dan hal ini dapat mempengaruhi tatanan politik di dalam pemerintahan negara. Termasuk menggoyahkan jabatan serta pangkat dalam negara demokrasi.

Apa Pengertian Globalisasi?

Globalisasi adalah proses pemersatuan dalam skala internasional yang diakibatkan adanya pertukaran aspek-aspek kehidupan seperti budaya, gaya hidup, cara pandang dan lainnya secara bebas. Para ahli globalis mempercayai bahwa adanya globalisasi dapat menimbulkan dampak positif dan negatif.

Dampak negatif dari adanya era ini adalah penjajahan barat yang semakin nampak dalam segala bidang baik melalui sebuah budaya maupun cara konsumsi. Dampak globalisasi di bidang politik sendiri menimbulkan berbagai masalah yang perlu diperhatikan secara lebih menyeluruh, sebab ini dapat mempengaruhi tatanan negara.

Dampak Globalisasi di Bidang Politik Bagi Sebuah Negara Kesatuan

Globalisasi telah dikenal sejak abad 18 an, yang menjadi topik dan isu atas dimulainya pertukaran budaya melalui hubungan datang yang melibatkan seluruh negara di dunia ini. Era ini hadir sebagai suatu zaman yang memberikan kebebasan kepada masyarakat dunia untuk saling bertukar dan meninjau semua hal yang berhubungan dengan aspek kehidupan.

Aspek kehidupan politik menjadi bahasan yang sangat sensitif untuk dibahas dalam era ini. Oleh sebab itu dampak negatif yang ditimbulkan pun bervariasi. Berikut dijelaskan dampak globalisasi di bidang politik.

1. Meningkatkan Konflik Negara
Sistem dari negara yang masih belum berkompeten dapat menimbulkan berbagai provokasi yang akan berimbas pada pergolakan di bidang politik Negara. Hal ini bisa menjadi pemicu konflik-konflik yang dapat menggoyahkan asa kesatuan dan persatuan suatu negara. Karena era globalisasi yang bebas ini, konflik dapat terwujudkan melalui provokasi dari negara lain.

2. Lunturnya Nasionalisme
Pertukaran dalam semua bidang yang terjadi secara bebas dalam era globalisasi mengakibatkan kerancuan dalam pandangan yang dianut. Seperti hadirnya pandangan atau ideologi asing yang masuk secara bebas ke dalam suatu negara, dapat menggeser ideologi dasar yang telah dianut dan menggantinya dengan ideologi baru yang dinilai memiliki tingkatan serta realitas yang lebih tinggi. Hilangnya ideologi ini menandakan bahwa sikap nasionalisme yang dianut telah luntur. Keadaan ini sangat merugikan keberlangsungan ideologi suatu negara.

3. Politik Uang
Globalisasi menjadi era yang membebaskan pertukaran semua aspek kehidupan antara negara satu dengan negara lainnya. Namun, di era yang semuanya serba uang ini menimbulkan pemahaman bahwa politik pun di dasarkan atas adanya uang. Sehingga istilah politik hanya sebagai kedok untuk mencitrakan sebuah jabatan.

4. Kebebasan Tidak Terbatas
Pengekangan merupakan tindakan yang dinilai memuakan. Namun, terlalu bebas juga dapat menimbulkan dampak negatif, karena terlalu itu menggambarkan sesuatu yang berlebihan. Seperti adanya kebebasan berpendapat, setelah diberikan kebebasan sering melakukan demo. Dan adanya demo ini dapat mengganggu aktivitas masyarakat pun juga menambah daftar penyelesaian masalah yang harus diburu.

Terjadi Globalisasi di Bidang Politik Indonesia

Pada bidang politik, globalisasi menjadi penyumbang dalam memberikan dampak positif dan negatif. Dampak negatif dari globalisasi dalam politik juga ditemukan di Indonesia. Seperti maraknya kasus korupsi dan kasus suap yang terjadi di kalangan pejabat. Hal tersebut menandakan bahwa paham akan politik uang semakin sering ditemukan.

Itulah tadi dampak globalisasi di bidang politik. Dengan mengetahui dan memahami dampak negatif tersebut diharapkan masyarakat lebih bijak dalam menghadapi globalisasi.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Globalisasi di Bidang Politik pada Sebuah Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel