Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi dan Industri

Globalisasi bukan lagi kata yang asing didengar karena sudah banyak berefek terhadap kehidupan di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang ekonomi. Banyak pendapat ahli yang mengemukakan tentang definisi kata Globalisasi yang diambil dari bahasa Inggris tersebut. Salah satunya adalah Mansour Fakih yang berpendapat jika era globalisasi dapat dilihat dengan kemajuan pasar, investasi di bidang ekonomi dalam skala global yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Namun, pada kenyataannya dampak globalisasi di bidang ekonomi justru kurang menguntungkan bagi sebagian negara.

Apa Pengertian Globalisasi?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai efek negatif globalisasi terhadap perkembangan ekonomi, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu pengertiannya. Globalisasi merupakan salah satu bentuk hubungan sosial internasional yang akan menghubungkan banyak negara sehingga ikatan tersebut menyebabkan suatu wilayah akan menerima dampak dari kejadian yang terjadi di wilayah lain. Jika membaca pendapat dari Malcom Waters, globalisasi membentuk batasan geografis & budaya sulit dibedakan karena dipemikiran seseorang mendefinisikan semuanya sudah berbaur menjadi satu.

Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi Indonesia

Pada bidang ekonomi, globalisasi membuka pasar bebas yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun untuk menjual produk maupun jasanya ke berbagai negara. Beberapa perusahaan bahkan menargetkan pasar global untuk memasarkan produk karena jangkauan konsumen lebih luas. Hal ini memberikan dampak globalisasi di bidang ekonomi yang besar terutama untuk negara-negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia. Apa saja dampak arus globalisasi terhadap ekonomi di Indonesia? Poin penjelasannya ada di bawah ini.

1. Kegiatan impor lebih besar
Pada realitanya negara-negara berkembang harus melakukan banyak impor beberapa barang dari negara lain karena beberapa alasan. Hal tersebut cenderung berefek buruk terhadap ekonomi dari negara tersebut karena biasanya kegiatan ekspor akan mengalami penurunan karena ketergantungan produk dari luar negeri.

2. Menghambat perkembangan industri dalam negeri
Pasar internasional yang digadang-gadang akan memberikan banyak manfaat untuk kemajuan ekonomi ternyata juga memberikan dampak negatif yaitu menghambat industri lokal untuk berkembang. Salah satu penyebabnya adalah pasar global banyak didominasi oleh industri besar dari pihak asing sehingga konsumsi konsumen banyak yang memilih produk dari pusat perbelanjaan dibandingkan pasar tradisional karena pola pikir produk yang dipajang di mall lebih bagus kualitasnya.

3. Tumbuhnya kapitalis
Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang dikuasai swasta dikembangkan untuk mendulang keuntungan, tidak hanya bidang ekonomi saja yang dikuasai tetapi juga sektor perdagangan dan industri. Efek negatif yang timbul dari sistem ekonomi kapitalisme yaitu pihak penguasa akan sangat diuntungkan sementara buruh & karyawan tidak mempunyai kesejahteraan yang cukup.

4. Meningkatkan kesenjangan sosial
Beberapa industri secara perlahan akan dikuasai oleh pihak luar sehingga memicu banyak tenaga kerja yang berasal dari negara tersebut. Hal tersebut akan meningkatkan pengangguran masyarakat lokal karena tidak banyak diberi kesempatan.

Contoh Nyata Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi

Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak perusahaan yang dimiliki oleh pihak asing dan tidak memberikan status tetap terhadap karyawannya. Hal itu tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan tetapi tidak bagi karyawan karena kontrak biasanya dibatasi paling lama hanya satu tahun saja dan belum tentu diperpanjang.

Sudah seharusnya pemerintah dan pihak-pihak terkait membuat beberapa kebijakan baru untuk mencegah terjadinya dampak globalisasi di bidang ekonomi yang lebih buruk. Aturan-aturan tersebut harusnya menguntungkan masyarakat lokal bukan pihak asing.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi dan Industri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel