Dampak Gempa Bumi Jika Terjadi di Suatu Wilayah

Bagi kebanyakan orang, gempa bumi merupakan bencana alam yang cukup mematikan. Hal itu terjadi karena gempa bumi memiliki dampak yang besar bagi masyarakat. Tidak hanya bagi masyarakat, namun dampak gempa bumi juga memengaruhi segala sektor termasuk hingga ke bidang perekonomian. Maka dari itu, bencana tersebut masuk ke dalam salah satu bencana alam yang paling berpengaruh besar ke negara yang terkena dampaknya. Untuk tahu lebih lanjut, inilah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Gempa Bumi

Gempa bumi ialah sebuah bencana alam yang terjadi sebagai akibat dari pelepasan energi. Energi tersebut akan menimbulkan pergeseran lempeng bumi. Penyebab dari gempa bumi bermacam-macam, tergantung pada jenisnya.

Dampak Gempa Bumi

Gempa bumi memiliki banyak dampak yang bisa mengganggu kestabilan negara tersebut. dampak tersebut bahkan bisa dirasakan selama bertahun-tahun, tergantung dari seberapa besar gempa tersebut terjadi. Berikut ulasannya.

1. Terjadi Tsunami
Dampak gempa bumi yang pertama adalah bisa berpotensi terjadinya tsunami. Hal ini terjadi apabila pusat titik gempa tersebut berasal dari dasar lautan. Contoh gempa yang diikuti dengan tsunami yang baru-baru ini terjadi adalah gempa di Palu dan Donggala. Dampak gempa yang satu ini sangat besar. Hal itu terjadi karena tsunami bisa merusak dan juga menenggelamkan segala benda yang dilewatinya. Rumah, pohon, gedung bertingkat, kendaraan, hingga orang bisa tersapu begitu saja karena tsunami. Apabila tsunami tersebut ada di suatu wilayah, maka bisa membuat wilayah tersebut terkena abrasi.

2. Terjadi Longsor
Dampak lain yang bisa terjadi adalah longsor. Gempa bumi bisa menyebabkan ground shaking ataupun guncangan tanah. Ground shaking tersebut terjadi sebagai akibat dari gerakan endogen. Dengan adanya gerakan endogen, maka tanah serta massa batuan bisa keluar dan menjadikan tanah longsor. Tanah longsor tersebut tentu saja berbahaya karena bisa menelan banyak korban, terlebih orang-orang yang tinggal di wilayah yang rawan longsor.

3. Perekonomian terganggu
Terjadinya gempa bumi tentu berpengaruh terhadap kondisi perekonomian daerah yang terjadi gempa. Kerusakan sarana dan prasarana pendukung perekonomian seperti transportasi, telekomunikasi, listrik dan lainnya membuat ekonomi lumpuh. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kehidupan korban yang selamat.

4. Trauma kepanjangan
Setiap bencana tidak hanya menimbulkan kerusakan secara fisik, tetapi juga dapat menimbulkan trauma berkepanjangan bagi korbannya. Dibutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar untuk memilihkan kondisi psikis para korbannya, khususnya bagi korban anak-anak dan wanita.

Jenis-Jenis Gempa Bumi

Jenis yang pertama adalah gempa bumi vulkanik. Gempa bumi vulkanik merupakan gempa yang berasal dari letusan gunung berapi. Aktivitas magma gunung apilah yang menjadi pemicunya. Saat tingkat kreatifannya tergolong tinggi maka akan terjadi ledakan yang memicu terjadinya gempa bumi. Jenis kedua adalah gempa bumi tektonik. Gempa tersebut berasal dari bergesernya lempengan tektonik secara tiba-tiba. Kekuatannya bisa dari kecil hingga besar. Gempa ini bisa memicu tsunami.

Lalu gempa bumi ketiga adalah gempa bumi runtuhan. Gempa bumi runtuhan bisa terjadi di daerah pertambangan dan daerah kapur. Tingkat bahayanya terbilang kecil, namun tetap saja harus diwaspadai. Kemudian gempa bumi terakhir adalah gempa bumi buatan. Gempa ini berasal dari aktivitas manusia. Aktivitas manusia seperti nuklir bisa memicu terjadinya gempa bumi buatan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian, jenis, dan dampak gempa bumi. Untuk menghindari dampak yang berkepanjangan, kita semua bisa melakukan mitigasi bencana alam. Dengan begitu maka akan bisa sedikit membantu meringankan beban semua pihak.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Gempa Bumi Jika Terjadi di Suatu Wilayah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel