Dampak Efek Rumah Kaca Bagi Keberlangsungan Kehidupan di Bumi

Dampak efek rumah kaca merupakan suatu kondisi yang memberikan kerugian dalam jangka waktu yang lama, dan disebabkan oleh adanya efek pemanasan. Topik efek rumah kaca sendiri semakin diperbincangkan, terutama oleh para ahli dan penggiat kegiatan go green. Keadaan ini dianggap sangat riskan, dikarenakan efek ini berbagai fenomena negatif bagi kelangsungan hidup manusia. Dampak yang ditimbulkan bahkan dapat membawa bumi ke arah kemunduran dan ketidakpastian. Sebab suhu global meningkat pesat dan iklim sulit untuk di prediksi kembali. Hal ini membawa kerugian yang pasti bagi para pekerja lapangan karena tidak dapat menentukan cuaca yang tidak pasti.

Apa Pengertian Efek Rumah Kaca?

Efek rumah kaca merupakan kondisi dimana adanya pemanasan suhu secara global di permukaan bumi, yang disebabkan oleh keadaan atmosfer bumi yang tidak stabil. Penyebab adanya dampak efek rumah kaca antara lain karena nitrogen dioksida, nitrogen monoksida, gas metana, nitrogen monoksida dan lain sebagainya. Gas-gas tersebut menjadi penyumbang terbesar dalam timbulnya efek rumah kaca tersebut.

Dampak Efek Rumah Kaca Bagi Lingkungan Hidup

Efek rumah kaca adalah kondisi yang memberikan dampak buruk bagi lingkungan hidup makhluk hidup. Tidak hanya di belahan dunia tertentu saja, namun bagi seluruh umat di permukaan bumi ini. Berikut beberapa dampak efek rumah kaca yang telah dirasakan oleh masyarakat.

1. Peningkatan Suhu Global
Peningkatan suhu global, atau diistilahkan sebagai global warming menjadi salah satu dampak dari adanya efek rumah kaca. Beberapa bagian bumi muda ini suhunya semakin meningkat pesat, bahkan di negara bagian tertentu suhu bumi menjadi hangat. Hal ini mengakibatkan kerugian di bidang pertanian. Terutama di daerah yang memiliki iklim tropis kering, tumbuhan yang mereka tanamkan tidak mau tumbuh dan hampir selalu gagal panen.

2. Iklim Berubah-Ubah
Dampak selanjutnya yakni iklim yang berubah-ubah tak menentu. Pemanasan yang terjadi di permukaan bumi membuat uap air yang ditimbun di awan semakin banyak. Sehingga udara menjadi semakin lembab dan musim hujan akan sering datang. Apabila hujan serig datang, maka tidak menutup kemungkinan badai akan datang juga.

3. Masalah Ekologis
Adanya global warming juga berdampak buruk bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Hewan dan tumbuhan bisa mati dengan cepat karena merasakan panas yang sangat menyengat di permukaan bumi. Hilangnya spesies tertentu akan memberikan imbas bagi rantai makanan, sehingga adanya kesenjangan dalam rantai makanan tersebut. Ketika daerah tertentu terlalu panas, maka tumbuhan akan mencari habitat tumbuh yang baru.

4. Permukaan Air Laut Meningkat
Efek rumah kaca menimbulkan pemanasan merata di permukaan bumi. Sehingga es di kutub selatan dan kutub utara mulai mencair. Mencairnya es di daerah kutub ini membuat permukaan air laut meningkat. Kenaikan yang terus menerus tersebut nantinya dapat menenggelamkan beberapa negara bagian yang memiliki dataran rendah.

Terjadinya Efek Rumah Kaca di Dunia

Efek rumah kaca memang menjadi bahasan permasalahan yang selalu berusaha untuk dipecahkan. Terutama di negara-negara yang memiliki tingkat kesadaran tinggi akan adanya dampak buruk bagi kelangsungan hidup apabila efek tersebut terus berlanjut. Namun, tidak sedikit juga yang abai terhadap dampak yang ditimbulkan. Seperti tetap menggunakan kendaraan pribadi, walaupun ada kendaraan umum. Atau penggunaan AC yang tidak sesuai dengan standar pemakaian.

Itulah tadi beberapa contoh dampak efek rumah kaca bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di permukaan bumi. Dengan mengetahui dan memahami dampak buruk dari efek tersebut, diharapkan bagi semua masyarakat untuk mengurangi pemakaian bahan tertentu yang dapat menimbulkan efek rumah kaca.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Efek Rumah Kaca Bagi Keberlangsungan Kehidupan di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel