Dampak Bullying Terhadap Psikologis Korban

Bullying menjadi persoalan yang seolah tak ada habisnya di bahas. Perilaku penindasan ini sudah bertahun-tahun menjadi momok bagi generasi demi generasi. Bullying bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Bahkan di bawah pengawasan orang terdekat sekalipun. Hal tersebut tak terlepas dari kurangnya tingkat kepedulian antar sesama. Orang yang mengalami bullying bisa terkena beberapa dampak yang pastinya berpengaruh buruk bagi kehidupan korbannya. Dampak bullying tersebut bahkan bisa memburuk jika dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan lebih lanjut.

Pengertian Bullying

Bullying adalah suatu aktivitas yang dilakukan satu atau beberapa orang yang bertujuan untuk memojokkan seseorang atau suatu kelompok. Cara yang dilakukan pelaku bullyingpun bermacam-macam. Mereka bisa saja merendahkan, mengolok-olok, menghina, bahkan hingga melakukan kekerasan secara fisik. Bullying bisa terjadi karena rasa amarah dan masalah yang tak terselesaikan antara si pelaku dan korban. Namun kejadian tersebut juga bisa terjadi karena memang dari faktor internal si pelaku.

Dampak Bullying

Bullying bukanlah hal lumrah dan normal. Sudah sewajarnya semua orang saling membantu untuk menghentikan bullying dimanapun itu. Hal itu tak terlepas dari dampak yang ditimbulkan ke depannya. Dampak bullying bisa berpengaruh buruk bagi kedua belah pihak, terutama bagi korban. Apabila tidak dihentikan maka korban bisa mengalami beberapa hal di bawah ini.

1. Keluhan Fisik
Keluhan fisik ini terjadi apabila bullying mencapai tahap kekerasan. Kekerasan tersebut bisa berupa pukulan, tamparan, jambakan rambut, tendangan dan lain sebagainya. Para korban bullying bisa merasakan banyak keluhan fisik seperti misalnya pusing, mual, muntah, tegang otot, luka-luka, memar, dan lain-lain. Apabila Anda mendengar atau melihat sendiri korban bullying yang mengeluh fisiknya terluka maka jangan tunggu apapun untuk membawanya ke rumah sakit. Jika tidak maka luka tersebut bisa menimbulkan penyakit lain yang tentu saja berbahaya.

2. Kehilangan Rasa Aman
Dampak bullying selanjutnya adalah hilangnya rasa aman yang dirasakan korban. Hilangnya rasa aman ini terjadi karena mereka merasa was-was dan takut apabila bertemu dengan pelaku bullying. Mereka bisa saja khawatir akan terus dibully atau mendapat kekerasan lain tanpa sepengetahuan orang. Biasanya hal ini terjadi di sekolah, terutama sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Namun, di bangku kuliahpun bisa saja terjadi.

3. Menurunnya Semangat Hidup
Menurun atau berkurangnya semangat hidup ini terjadi karena korban merasa hidup mereka tak lagi berarti. Pelaku bullying umumnya akan memberikan banyak kekerasan verbal. Kekerasan verbal tersebut menyangkut ejekan yang menyakiti hati korban. Atas ejekan dan kata-kata tidak menyenangkan lain itulah maka korban bisa berkurang semangat hidupnya.

4. Depresi
Depresi menjadi lanjutan dari poin ketiga. Jika sudah sampai di tahap yang membahayakan, korban bullying bisa saja merasa depresi. Rasa depresi ini semakin bertambah apabila tidak ada orang lain yang bisa mereka ajak bicara. Jika sudah semakin parah maka rasa frustasi dan depresi itu bisa menuntun korban untuk bunuh diri.

Ciri Pelaku Bullying

Pelaku bullying umumnya memiliki beberapa ciri yang bisa terlihat. Ciri-ciri tersebut antara lain memiliki perilaku kasar, berkemungkinan besar melakukan tindak kriminal dan vandalisme, gemar minum alkohol, terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan, serta terjerat dalam pergaulan bebas. Ciri-ciri tersebut umumnya terlihat di para pelaku pembullyan. Bahkan bisa jadi perilaku tersebut juga merupakan buah dari hasil bully yang pernah mereka terima.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai pengertian bullying, dampak bullying, serta ciri-ciri pelaku bullying. Karena efek yang ditimbulkan sangat berat, maka sudah sewajarnya kita harus waspada dan saling melindungi satu sama lain. Apabila terjadi perbuatan yang mengindikasikan bullying segera laporkan kepada orang tua, atau siapapun yang bisa membantu Anda. Jangan takut untuk bersuara dan mengungkapkan apa yang Anda rasakan jika menjadi korban bullying.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Bullying Terhadap Psikologis Korban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel