Dampak Banjir Terhadap Lingkungan Hidup dan Manusia

Upaya penanggulangan bencana banjir memang belum maksimal di negeri ini karena realitanya masih banyak wilayah tertentu yang mengalami terjangan air rob setiap tahun terutama saat  memasuki musim hujan. Meskipun tergolong bencana yang memberikan efek kerusakan hanya sebagian wilayah, tetapi kiriman air bah dengan kapasitas lebih besar bisa menimbulkan kerugian ekonomi yang lebih besar dan dampak banjir juga sangat rentan menyerang kesehatan masyarakat.

Apa Pengertian Bencana Banjir?

Banjir atau air bah yaitu musibah yang diakibatkan oleh luapan aliran air karena beberapa penyebab diantaranya mampetnya saluran air, hutan yang sudah gundul karena penebangan tanpa ijin, serta saluran air yang kurang memadai. Sebaiknya jangan meremehkan dampak banjir karena sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan & finansial.

Dampak Banjir Terhadap Lingkungan, Kondisi Kesehatan & Ekonomi

Beberapa sektor yang akan terkena dampak banjir tidak hanya lingkungan saja, tetapi akan merambah ke kondisi kesehatan serta ekonomi. Hal tersebut memang sudah umum diketahui karena setiap bidang dalam kehidupan selalu berhubungan. Apa saja dampak seriusnya terhadap ketiga sektor tersebut? Penjelasan lengkapnya ada di poin di bawah ini.

1. Pencemaran lingkungan
Hal paling nyata yang bisa dilihat setelah banjir adalah kondisi air yang menjadi kotor sehingga bisa jadi lebih sulit mendapatkan air bersih terutama untuk daerah tandus. Selain itu, banjir selalu membawa banyak sampah terutama plastik sebagai masalah baru untuk daerah yang terkena dampaknya.

2. Bibit penyakit
Genangan air yang tidak kunjung surut akan memberikan kesempatan bagi nyamuk untuk berkembang biak lebih cepat & nyaman. Hal itu akan memunculkan banyak penyakit bagi warga sekitar yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk seperti demam berdarah dan malaria. Selain itu, wabah penyakit diare juga menjadi salah satu jenis penyakit paling populer di kalangan korban banjir. Penyakit kulit juga bisa muncul akibat gatal dan kekurangan air bersih.

3. Memicu kerusakan lingkungan
Rusaknya lingkungan karena dampak banjir bisa Anda lihat dengan jelas seperti struktur tanah yang berubah. Bukan hal mustahil, perubahan tersebut menyebabkan terjadinya erosi sampai tanah longsor susulan di dataran yang curam. Jika menimpa bangunan, tentu akan menambah jumlah kerugian material yang dialami individu maupun kelompok.

4. Penurunan pendapatan
Banjir juga akan mempengaruhi keuntungan bisnis yang ada di area tersebut. Akses jalan yang terisolasi akibat luapan air akan menurunkan pendapatan pedagang, produksi pabrik-pabrik tidak sesuai target. Jika kondisi terputusnya jalur antar wilayah terjadi cukup lama, semakin besar kerugian yang diderita warga. Jika wilayah tersebut mengandalkan bidang pariwisata, maka bisa berpengaruh terhadap jumlah traveller yang berkunjung untuk liburan.

Contoh Kasus Dampak Banjir Bandang

Jika berkesempatan mengunjungi tempat pengungsian banjir bandang yang mengakibatkan kerusakan cukup parah, Anda akan melihat banyak dokter, bidan, dan perawat berlarian kesana kemari untuk memberikan pertolongan kepada pasien. Rata-rata korban akan terserang penyakit ispa, kulit, leptospirosis, dan sakit perut. Sementara keluhan ringannya adalah sakit tenggorokan, pusing, muntah, demam, dan batuk. Sehingga bantuan sangat dibutuhkan untuk membantu proses pemulihan pasien-pasien tersebut.

Kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencegah dampak banjir sebenarnya cukup banyak & mudah dilakukan seperti meminimalkan penggunaan kantong plastik yang sulit terurai, memisahkan sampah organik & anorganik dan lain-lain. Meskipun langkah pencegahan itu bisa dilakukan semua orang, tetapi masih sedikit masyarakat yang mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Perlu lebih banyak penyuluhan untuk mengajak warga sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dengan program-program nyata yang didukung semua pihak termasuk pemerintah daerah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Banjir Terhadap Lingkungan Hidup dan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel