Inilah Faktor Penyebab Terjadinya Disintegrasi Nasional

penyebab terjadinya disintegrasi nasional

Apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya disintegrasi nasional? - Menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia tentunya adalah kewajiban setiap warga negara. Meski demikian dengan perkembangan zaman, maka banyak juga orang yang justru lebih mementingkan kepentingan pribadinya. Mungkin hal ini dianggap biasa, padahal jika dibiarkan terus menerus bisa jadi penyebab terjadinya disintegrasi nasional. Hal ini seharusnya dicegah sejak awal.

Apa itu Disintegrasi Nasional?

Disintegrasi adalah kata serapan dari bahasa Inggris yakni disintegration. Makna dari disintegrasi ini adalah kondisi tidak bersatu padu dan terpecah belah hingga hilangnya persatuan dan keutuhan. Disintegrasi di sini bisa dimaknai sebagai perpecahan yang terjadi di suatu bangsa. Sudah ada banyak kasus disintegrasi nasional yang bisa mengakibatkan kondisi buruk pada suatu bangsa. Untuk itulah disintegrasi nasional harus bisa dicegah.

Penyebab Terjadinya Disintegrasi Nasional di Suatu Negara

Perlu diketahui jika disintegrasi nasional bisa terjadi dengan berbagai macam penyebab. Tentunya jika Anda tahu penyebab terjadinya disintegrasi nasional, maka pemahaman pun akan lebih meningkat. Tujuannya tentu untuk menghindari sehingga perpecahan tidak terjadi. Berikut ini beberapa penyebab disintegrasi nasional:

1. Penyebaran Ideologi Ekstrim
Ideologi adalah pandangan hidup dari rakyat Indonesia. Ideologi Indonesia tentu saja Pancasila. Meski demikian, kini justru banyak ideologi yang berkembang di masyarakat. Keberadaann ideologi lain seperti ini bisa menjadi ancaman untuk persatuan dan bisa jadi sebab kehancuran. Contoh ideologi selain Pancasila yang dalam perkembangannya diperangi mulai dari komunisme, neoliberalisme dan lainnya.

2. Ketimpangan Bidang Demografi
Penduduk Indonesia jumlahnya sangat besar yakni 200 juta jiwa lebih. Penyebaran penduduknya juga tidak merata. Ada yang hidup di daerah padat penduduk dan banyak juga yang sebaliknya. Dengan perbedaan kondisi seperti ini, maka menjadikan perbedaan juga akan kebutuhan. Dengan perbedaan dalam hal pemenuhan kebutuhan, maka rakyat pun akan berlomba untuk bisa memenuhi kebutuhan. Alasan ini pun bisa jadi penyebab terjadinya disintegrasi nasional.

3. Kesenjangan Sumber Daya Alam
Tentu Anda juga sudah paham jika tiap wilayah di Indonesia memiliki kekayaan alamnya masing-masing. Hal ini pun menjadi sebab terjadi perbedaan di pemasukan dalam kas daerah. Hal ini pun kerap menjadikan iri dari daerah satu dengan daerah lainnya. Banyak sekali kekayaan alam di daerah bahkan kerap menjadikan jumawa sehingga ingin melepaskan diri dari wilayah daerah hingga wilayah Indonesia. Tentunya persatuan dan kesatuan negara juga terancam dengan adanya faktor demikian.

4. Tingkat Toleransi Menurun
Toleransi dan saling menghormati perbedaan adalah yang selalu diajarkan sejak dini. Tidak boleh ada perbedaan perlakuan hanya karena agama, suku, ras, adat hingga ekonomi dan kondisi fisik. Meski demikian kini tingkat toleransi masyarakat kian santer terjadi. Ditambah dengan masyarakat yang kerap tidak bisa menyaring informasi sehingga menjadi konflik dimana-mana.

Cara Mencegah Disintegrasi Nasional

Seiring dengan perubahan, disintegrasi nasional pasti selalu ada. Untuk itu, ada baiknya jika mengetahui cara pencegahannya. Cara mengatasinya adalah dimulai dari penanaman rasa cinta tanah air, rasa persaudaraan hingga penanaman nilai Pancasila. Selain itu masyarakat juga harus lebih bisa bertoleransi sehingga tidak akan mudah dipecah belah. Pemerintah pun harus meningkatkan keamanan dengan menuntas para pemecah belah masyarakat mulai dari teroris, koruptor dan lainnya.

Dengan adanya ulasan singkat tentang penyebab terjadinya disintegrasi nasional ini, maka diharapkan seluruh rakyat pun tahu betapa berbahayanya kondisi ini. Mengatasi disintegrasi nasional tentu dimulai dari kesadaran seluruh rakyatnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel