Berbagai Penyebab Tawuran, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

Sungguh miris sekali ketika melihat kini banyak sekali kasus tawuran yang terjadi. Jika dulu tawuran kerapkali dilakukan oleh para pelajar, maka berbeda dengan saat ini dimana tawuran pun kerapkali dilakukan oleh masyarakat. Banyak sekali penyebab tawuran yang menjadikan suatu kelompok merasa dendam, terhina hingga marah yang kemudian diwujudkan dalam bentuk perkelahian (lihat juga: penyebab pelanggaran HAM).

Apa Itu Tawuran?

Tawuran merupakan bentuk kekerasan dari geng antar sekolah hingga geng antar masyarakat. Meski kepolisian sudah melakukan banyak tindakan, ternyata sampai saat ini tawuran masih kerap dilakukan. Dalam hal tawuran ini, sudah cukup banyak korban yang timbul. Korbannya pun bukan semata hanya luka fisik saja tapi bisa juga kehilangan nyawa. Selain itu kerugiannya juga bisa ke materi juga karena kawasan yang dipakai untuk tawuran juga terpengaruh.

Faktor Penyebab Tawuran

Tawuran sebetulnya bisa diatasi. Meski demikian tentu ada baiknya jika mengetahui lebih dulu apa penyebab tawuran itu sendiri sehingga bisa lebih paham solusinya. Berikut ini beberapa sebab tawuran yang sering terjadi:

1. Faktor Tabiat
Tidak diragukan lagi jika faktor utama yang bisa menjadi sebab tawuran baik dari kalangan pelajar hingga masyarakat adalah karena tabiat dan tingkah laku dari pelaku itu sendiri. Kondisi emosional tidak terjaga serta ketidakmampuan dalam hal menahan diri serta emosi bisa menjadi sebab dimulainya tawuran. Hal ini lantaran tawuran dianggap sebagai manifestasi emosi yang tak terkontrol ketika menghadapi suatu hal.

2. Pengaruh Keluarga
Mungkin Anda bingung bagaimana mungkin keluarga bisa menjadi penyebab tawuran? Ternyata keluarga yang menjadi tempat pendidikan yang pertama untuk tiap pribadi adalah ujung tombak penanaman nilai dan juga budi pekerti pada seseorang. Jika seseorang suka tawuran, biasanya keharmonisan keluarga juga dipertanyakan. Kemungkinan orang tua di rumah suka main pukul, norma di rumah tidak diterapkan dan faktor lainnya. Itulah mengapa pendidikan dalam keluarga sangat penting keberadaannya.

3. Pergaulan
Di sekolah dan di masyarakat biasanya ada beberapa kelompok mulai dari kelompok biasa, hingga kelompok yang brutal. Jika seseorang terlibat salah pergaulan, dalam arti berteman dengan mereka yang suka berlaku buruk dan tawuran, maka jangan heran jika seseorang tersebut juga ikut terpengaruh ikut tawuran. Biasanya faktor pergaulan ini adalah sebab terbesar terjadinya tawuran karena adanya faktor ajakan.

4. Kurangnya Perhatian Pihak Sekolah
Terkadang ada mental yang ingin menunjukkan bahwa dirinya kuat dan keren. Dari sinilah jiwa premanisme tumbuh sehingga suka menindas yang lemah. Terkadang pihak sekolah mulai dari guru dan staf sebetulnya tahu kondisi ini, tapi cenderung mendiamkan saja. Jika terus menerus demikian, maka jangan salahkan jika siswa menjadi kian agresif dan berakhir di tawuran (lihat juga: penyebab pengangguran).

Tips Mengatasi Tawuran Yang Sering Terjadi

Dalam hal mengatasi tawuran, maka harus ada tindakan berupa tindakan preventif dan juga tindakan kuratif. Tindakan preventif adalah tindakan untuk mencegah terjadi tawuran dimana bisa dilakukan dengan pendekatan keluarga, memilih pergaulan yang tepat, sampai pengendalian diri. Sedangkan untuk tindakan kuratif sendiri membutuhkan peran dari berbagai pihak mulai dari keluarga, lingkungan sekolah, masyarakat hingga kepolisian.

Itulah beberapa hal penting tentang tawuran yang harus diketahui. Faktor penyebab tawuran sebetulnya banyak sekali tergantung dari pelaku tawuran itu sendiri. Terlepas dari itu semua, peran keluarga dan pihak terkait akan sangat membantu untuk bisa mencegah terjadinya tawuran yang kerapkali meresahkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Tawuran, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel