Penyebab Runtuhnya VOC, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utamanya

VOC merupakan sebuah kongsi dagang yang didirikan oleh Belanda pada tanggal 20 Maret 1602. VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie atau Perusahaan Hindia Timur Belanda. VOC memonopoli semua perdagangan di wilayah Asia. Perusahaan ini disebut sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia yang mengenalkan pembagian saham. VOC menjadi perusahaan dagang yang besar dan disegani tetapi juga bisa hancur. Ada banyak penyebab runtuhnya VOC yang bisa diketahui (lihat juga: penyebab runtuhnya kerajaan sriwijaya).

Sejarah Terbentuknya Perusahaan Dagang VOC

Perdagangan rempah dahulu didominasi oleh Portugis yang membuat Belanda melakukan ekspedisi untuk mencari Indonesia. Pada akhirnya, Belanda berhasil menemukan Indonesia melalui Cornelis De Houtman. Pada tanggal 20 Maret 1602 Belanda mendirikan VOC sebagai pesaing perusahaan dagang milik Portugis dan Inggris. VOC bermarkas di Batavia yang sekarang lebih dikenal dengan Jakarta. Walaupun berpusat di Batavia tidak membuat VOC tidak menguasai rempah-rempah di wilayah lain. VOC berhasil memonopoli rempah di Kepulauan Banda berupa pala dan fuli.

Faktor Penyebab Runtuhnya VOC

Pertengahan abad ke 18, VOC mengalami masalah dan kemunduran. Dikarenakan beberapa masalah akhirnya VOC pun dibubarkan. Akhirnya pada tanggal 31 Desember 1799 VOC dibubarkan. Yang menjadi penyebab runtuhnya VOC adalah:

1. Korupsi di Kalangan Pegawai VOC
Pegawai VOC khususnya para petingginya yang mempunyai gaya hidup hedonis atau hidup mewah. Gaya hidup pegawai VOC tidak sebanding dengan gaji yang diterima. Hal tersebut mengakibatkan maraknya melakukan korupsi. Salah satu bentuk korupsi yang mencolok adalah dengan melakukan pungutan liar kepada bangsa Cina yang memerlukan surat-surat ijin tinggal di Batavia.

2. Besarnya Deviden yang Harus Dibayarkan
Deviden atau keuntungan harus diterima oleh semua pemegang saham sesuai dengan Octroii. VOC sudah mulai menurun keuntungan tetapi harus tetap membayarkan deviden kepada semua pemegang saham dengan tujuan pemegang saham tidak lari dan menarik modalnya. Alasannya adalah, jika modal ditarik maka VOC bisa dipastikan bangkrut. Dengan pembagian deviden saat rugi membuat VOC mempunyai banyak hutang (lihat juga: Penyebab Perang Padri).

3. Besarnya Pengeluaran
VOC harus mengeluarkan dana yang besar salah satunya untuk perang. Tujuannya adalah untuk memperluas wilayah jajahan Belanda dan juga merebut wilayah kekuasaan monopoli. Contoh yang paling jelas adalah perang melawan Sultan Hasanudin di Gowa. Bahkan VOC juga harus mengeluarkan dana saat ikut campur dalam perang melawan Mataram saat perebutan kekuasaan Putra Mahkota.

4. Kalah Bersaing
VOC kalah bersaing dengan para pedagang yang berasal dari Perancis dan Inggris. Belanda, Perancis, dan Inggris sama-sama ingin menguasai perdagangan rempah di Asia. Inggris mendirikan East Indian Company sedangkan Perancis mendirikan Compagnie Des Indes. Kedua perusahaan tersebut membuat VOC kalah bersaing hingga terpuruk dan akhirnya bangkrut. Bahkan memiliki hutang yang tidak sedikit. Hutang VOC mencapai 136,7 Gulden.

Tujuan Awal Dibentuknya VOC

Awal mula dibentuknya VOC adalah untuk mengalahkan musuh dan menjaga keamanan tanah air. Sesuai dengan perundingan tanggal 15 Januari 1602. Musuh yang dimaksud dalam perjanjian adalah Portugis dan Spanyol. Pada saat itu Belanda masih berusaha bekerja sama dengan baik. Tujuannya adalah untuk merebut hati rakyat Indonesia.

VOC berhasil berjaya lama di negeri Indonesia walaupun akhirnya harus bubar.  Yang menjadi penyebab runtuhnya VOC terbesar adalah kesalahannya sendiri yaitu korupsi dan pengeluaran untuk menjajah Indonesia. Pada akhirnya VOC bubar dengan meninggalkan banyak hutang dan semua aset yang ada seperti gudang, kapal, benteng dan kantor dagang dialihkan kepada pemerintah Belanda.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Runtuhnya VOC, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel