Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara, Nomor 1 dan 2 adalah Faktor Utamanya

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu yang terletak di wilayah Jawa Barat. Tarumanegara menjadi kerajaan Hindu ke dua tertua di Indonesia setelah Kerajaan Kutai. Sebagian besar rakyat Tarumanegara bermata pencaharian sebagai petani dan beternak sesuai dengan yang tertulis pada prasasti Tugu. Tarumanegara mencapai masa kebesaran saat dipimpin oleh raja Purnawarman. Walaupun akhirnya Tarumanegara harus runtuh. Ada penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara yang dibahas di banyak kitab yang menceritakan sejarah Tarumanegara (lihat juga: penyebab runtuhnya kerajaan majapahit).

Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Jayasinghawarwan pada tahun 358 M. Raja Jayasinghawarman merupakan pemimpin pelarian keluarga kerajaan Salakanegara. Nama Tarumanegara sendiri dipilih karena letak kerajaan yang berada di sekitar Sungai Citarum. Raja Jayasinghawarna mengundurkan diri sebagai raja setelah memimpin selama 36 tahun yaitu pada tahun 358 hingga 382 M. Kemudian Jayasinghawarwan memutuskan menjadi pertapa atau seorang Resi dan diberi gelar Rajaresi. Nama Jayasinghawarman kemudian juga berganti menjadi Maharesi Rajadiraja Guru Jayasinghawarman.

4 Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara mengalami keruntuhan saat dipimpin oleh raja ke 13. Raja tersebut adalah Raja Tarusbawa. Saat Raja Tarusbawa memimpin sudah muncul hal-hal yang menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara antara lain:

1. Kekosongan Kepemimpinan
Faktor terbesar yang menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara adalah adanya kekosongan kepemimpinan. Raja Tarusbawa yang harusnya memimpin Tarumanegara malah memilih untuk menjadi raja di kerajaan kecil di dekat sungai Gomati. Raja Tarusbawa mengalihkan Tarumanegara ke Kerajaan Sunda yang tidak lain merupakan kerajaan kecil bawahan Tarumanegara. Dari situlah Kerajaan Tarumanegara berganti nama menjadi Kerajaan Sunda.

2. Serangan Dari Kerajaan Sriwijaya
Kerajaan Tarumanegara juga menjadi incaran kerajaan-kerajaan lain yang ingin memperluas wilayah. Seperti yang diketahui, zaman dahulu semakin luas wilayah sebuah kerajaan maka semakin termahsyur dan disegani kerajaan tersebut bahkan di mata kerajaan lain di dunia. Dan salah satu kerajaan yang ingin melakukan ekspansi terhadap Tarumanegara adalah Kerajaan Sriwijaya. Sriwijaya secara terus menerus melakukan serangan supaya Tarumanegara takluk kepada Sriwijaya dan menjadi wilayah bagian Sriwijaya.

3. Tidak Bertanggung Jawabnya Sudawarman
Sudawarman merupakan Raja Tarumanegara yang disebarkan di wilayah Kanci. Kanci termasuk ke dalam wilayah Palawa. Secara emosional, Sudawarman tidak memiliki kecintaan terhadap Tarumanegara. Dengan alasan tersebut membuat Sudawarman menjadi tidak peduli dengan Tarumanegara. Kebijakan yang paling mencolok yang menjadikan Tarumanegara mengalami kemerosotan adalah memberikan ekonomi kepada raja-raja yang menjadi bawahan Tarumanegara. Sudawarman juga tidak mempedulikan masalah-masalah yang menimpa Tarumanegara.

4. Serangan dari Majapahit
Bukan hanya Sriwijaya yang berperan dalam hancurnya Tarumanegara tetapi Kerajaan Majapahit juga mempunyai peranan penting dalam runtuhnya Tarumanegara. Majapahit juga berusaha menaklukkan Tarumanegara dan menjadikan kerajaan bagian.

Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara meninggalkan banyak prasasti yang menceritakan kehidupan kerajaan ini. Hanya saja pada prasasti tidak tertulis tahun sehingga kesulitan untuk menentukan pastinya prasasti di buat. Prasasti peninggalan Tarumanegara adalah Citareum, Kebon Kopi, Jambu, Tugu, Pasir Lebak dan lain sebagainya. Sebagian besar prasasti menceritakan dan pujian terhadap Raja Purnawarman (lihat juga: penyebab perang suriah).

Kerajaan Tarumanegara yang berawal dari sebuah pelarian perang menjadi sebuah kerajaan yang maju dan disegani. Hanya saja harus berakhir dan berganti nama. Faktor dari dalam maupun dari luar menjadi faktor penting penyebab runtuhnya Kerajaan Tarumanegara. Rakyat Tarumanegara menunjukkan kecintaan kepada rajanya Purnawarman dengan menuliskan di berbagai prasasti. Prasasti inilah yang menjadi bukti kejayaan dari Tarumanegara.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara, Nomor 1 dan 2 adalah Faktor Utamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel