Penyebab Runtuhnya Kerajaan Singasari, Nomor 1 dan 4 adalah Faktor Utamanya

faktor penyebab runtuhnya kerajaan singasari

Apa saja penyebab runtuhnya kerajaan Singasari? - Dahulu, Singasari dikenal dengan Kerajaan Tumapel yang kemudian berganti nama karena peralihan kekuasaan. Kerajaan Singasari sendiri adalah salah satu kerjaan besar di pulau Jawa, walaupun namanya tidak sebesar Kerajaan Majapahit. Namun, Singasari menjadi tonggak sejarah berdirinya sebuah kerajaan besar nusantara yaitu Majapahit. Jadi tidak salah jika banyak orang membahas sejarah berdirinya hingga penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari.

Sejarah Kerajaan Singasari di Bumi Jawa

Jika berbicara tentang kerajaan Singasari, maka tidak bisa lepas dari tokoh terkenal yaitu Ken Arok. Ken Arok merupakan seorang rakyat biasa yang ingin menikahi istri raja Singasari, Ken Dedes. Ken Arok melakukan segala cara untuk mewujudkan semua keinginannya itu. Hingga harus membunuh Tunggul Ametung dan menjadi raja dengan menggunakan keris sakti yang melegenda, Keris Empu Gandring. Keris itu jugalah yang digunakan sebagai alat untuk membunuh Ken Arok dan menjadi awal penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari.

Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Singasari

Kerajaan sebesar Singasari sekalipun bisa runtuh karena berbagai sebab. Entah itu karena faktor dari dalam atau dari luar. Adapun faktor yang menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari antara lain:

1. Pemberontakan Jayakatwang
Jayakatwang adalah Raja kecil di Kediri yang ingin merebut kekuasaan Singasari secara penuh. Dia melakukan pemberontakan dengan melakukan ekspedisi Pamalayu. Ekspedisi Pamalayu membuat sebagian besar pasukan keluar dari kerajaan. Karena itulah pasukan yang ada di dalam kerjaan hanya tinggal sedikit sehingga Jayakatwang dengan sangat mudah melakukan pemberontakan.

2. Khubilai Khan Menginginkan Singasari
Khubilai Khan merupakan Raja Cina dari dinasti Yuan yang ingin Singasari takluk terhadap Cina. Dan tentu saja ditolak oleh Raja Singasari saat itu, Kertanegara. Penolakan tersebut diterima langsung oleh panglima Cina Meng Chi. Sejak saat itulah Singasari terus berusaha untuk memperkuat pasukan lautnya. Sehingga saat pasukan Cina datang, Singasari sudah siap untuk bertempur dan tidak kalah oleh Cina yang terkenal kuat.

Khubilai Khan yang datang untuk merebut Singasari mendapat bantuan dari Raden Wijaya. Raden Wijaya sendiri dendam dengan Kertanegara karena pernah dihina. Dengan sangat mudah, Cina dengan bantuan Raden Wijaya bisa mengalahkan Singasari. Walaupun pada akhirnya, Raden Wijaya membelot dan melawan pasukan Cina dan kemudian mendirikan kerajaan sendiri yaitu Kerajaan Majapahit (lihat juga: penyebab runtuhnya kerajaan majapahit).

3. Sengketa Kekuasaan
Cikal bakal hancurnya Singasari sudah tercium sedari awal dimana Ken Arok yang seorang akuwu ingin menjadi Raja dan menikahi istri raja, Ken Dedes. Dari situlah terjadi sengketa kekuasaan dan motivasi balas dendam antar keluarga raja.

4. Terbelahnya Pasukan Singasari
Pasukan Singasari terbelah menjadi 2 yaitu pasukan utama dan pasukan umpan. Pasukan Kediri berhasil mengalahkan Singasari karena pasukan yang tersisa di istana hanya sedikit dan hanya merupakan pasukan lapis kedua. Pasukan ini dipimpin oleh Pangeran Ardaraja. Hal itu menyebabkan Kediri dengan mudah membunuh Kertanegara dan sang Pangeran akhirnya bergabung dengan Kediri.

Akhir Kerajaan Singasari

Dengan meninggalnya Raja Kertanegara menjadi akhir dari perjalanan Kerajaan Singasari. Bermula dari kerajaan kecil hingga menjadi sebuah kerajaan besar yang mempunyai sengketa perebutan tahta. Ditambah orang luar yang juga ingin menguasainya.

Itulah ke empat faktor yang menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari. Faktor yang terbesar yang membuat Singasari runtuh adalah faktor dari dalam kerajaan itu sendiri. Dengan runtuhnya Singasari menjadi cikal bakal berdirinya sebuah kerajaan terbesar di Pulau Jawa yakni Majapahit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel