Berbagai Penyebab Polusi Udara, Nomor 1 dan 3 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

Bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan tentunya sangat beruntung karena masih bisa menghirup udara segar setiap harinya. Berbeda dengan di perkotaan, oksigen yang dihirup masyarakat sudah banyak tercampur dengan berbagai asap yang tidak bersih. Terutama saat siang hari dimana jumlah kendaraan yang berada di jalanan lebih banyak. Sehingga dapat meningkatkan asap kendaraan yang menyebar dan membuat udara menjadi tidak sehat (lihat juga: penyebab kebakaran hutan).

Tak hanya itu udara di daerah perkotaan khususnya yang dekat dengan area industri, polusi udara dapat terjadi dengan lebih parah. Karena selain disebabkan oleh asap kendaraan penyebab polusi udara juga bisa disebabkan oleh asap-asap pabrik yang dibuang ke udara setiap harinya.

Apa Itu Polusi Udara?

Polusi udara merupakan udara bersih yang telah tercampur dengan udara tidak bersih seperti asap pabrik, asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Polusi udara biasanya banyak terjadi di daerah perkotaan yang banyak penduduk dan tidak memiliki lahan seperti hutan kota untuk penyerapan karbon dioksida. Selain itu banyak pula penduduk yang masih belum sadar akan pentingnya menanam dan merawat pohon untuk meminimalisir pencemaran udara. Dengan begitu polusi udara di perkotaan terus meningkat dan sulit diatasi.

3 Penyebab Polusi Udara yang Umum Ditemui

1. Asap Kendaraan Bermotor
Penyebab polusi udara yang paling utama adalah dari asap kendaraan bermotor yang mengeluarkan karbon dioksida. Jika diperhatikan, saat ini volume kendaraan bermotor semakin bertambah setiap harinya. Peningkatan kendaraan bermotor yang melaju di jalanan tentu dapat berdampak pada lingkungan karena selain menimbulkan kemacetan, juga meningkatkan polusi udara dari pembakaran mesin kendaraan.

2. Asap Rokok
Asap rokok menjadi penyebab dari polusi udara yang sangat berbahaya. Karena selain menyebabkan polusi udara, asap rokok dapat membahayakan kesehatan bagi orang-orang yang di sekitarnya. Orang-orang yang merokok di area sembarangan seperti di dalam ruangan dan angkutan umum dapat membuat udara di dalamnya menjadi tercemar dan pengap. Untuk itu selain mencemari udara, asap rokok juga bisa menyebarkan penyakit berbahaya.

3. Asap Industri
Tempat-tempat industri seperti pabrik kecil atau pabrik besar tentu dapat menyisakan produksi asap yang sangat mengganggu lingkungan. Daerah perkotaan yang banyak terdapat pabrik-pabrik besar cenderung memiliki hawa yang lebih panas. Hal ini disebabkan oleh banyaknya asap pabrik yang mencemari udara sekitarnya sehingga udara bersih menjadi tercemar. Ditambah lagi tidak adanya hutan atau pepohonan yang dapat menyerap udara kotor tersebut.

Cara Mengurangi Polusi Udara yang Mudah Dilakukan

Polusi udara yang setiap hari terjadi tentu dapat menimbulkan beberapa dampak yang merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar. Untuk itu diperlukan cara untuk mengatasi masalah polusi udara ini. beberapa cara yang mudah untuk dilakukan adalah menanam banyak tanaman dan pohon di sekitar rumah, dan lingkungan rumah (lihat juga: penyebab pencemaran tanah).

Dengan adanya tanaman hijau di sekitar lingkungan, karbon dioksida yang ditimbulkan oleh polusi udara bisa diserap oleh tanaman. Selain itu dengan adanya tumbuh-tumbuhan, lingkungan juga akan terasa menjadi lebih sejuk.

Polusi udara merupakan hal umum yang sering terjadi di sebagian kota-kota besar di Indonesia. Penyebab polusi udara ini bisa menjadi masalah yang sangat serius jika terus dibiarkan tanpa adanya penanganan. Selain mengganggu kebersihan lingkungan, polusi udara juga bisa menimbulkan banyak penyakit untuk warga yang tinggal di sekitarnya. Untuk itu agar polusi udara bisa berkurang, sangat dibutuhkan kesadaran dari masyarakatnya sendiri untuk bisa lebih menjaga lingkungan sekitarnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel