Penyebab Perang Dingin, Nomor 1 dan 4 adalah Faktor Utamanya

Perang adalah kejadian besar dalam sejarah. Adanya perang bisa timbulkan berbagai macam kerugian baik dari manusia hingga materiilnya. Salah satu perang yang sangat diingat sampai saat ini adalah terjadinya Perang Dingin. Penyebab perang dingin pun ada berbagai macam faktor. Perang ini termasuk perang besar yang tak akan bisa dilepaskan dari sejarah kelam dunia kala itu (lihat juga: penyebab perang dunia 1).

Apa Itu Perang Dingin?

Perang Dingin merupakan sebutan untuk periode ketegangan militer dan politik antara Dunia Barat dimana kala itu dipimpin Amerika Serikat dengan Dunia Komunis dimana dipimpin Uni Soviet. Berlangsungnya Perang Dingin pun cukup lama yakni antara tahun 1947 sampai tahun 1991. Peristiwa Perang Dingin ini bisa terjadi usai kekalahan NAZI pada Perang Dunia II. Hal ini mendorong adanya dua negara adidaya saat itu yakni Amerika Serikat serta Uni Soviet dimana punya berbagai macam perbedaan di sisi ekonomi, ideologi hingga militer.

Faktor yang Menjadi Penyebab Perang Dingin

Peristiwa tersebut disebut Perang Dingin lantaran dari kedua belah pihak tidak ada aksi militer langsung. Meski demikian, masing-masing pihak yang terlibat itu mempunyai senjata berupa nuklir sehingga bisa sebabkan kehancuran besar. Berikut ini beberapa faktor yang jadi penyebab Perang Dingin:

1. Perbedaan Ideologi
Amerika Serikat merupakan negara dengan ideologi liberal kapitalis. Berbeda dengan Uni Soviet yang memiliki ideologi sosialis komunis. Perlu diketahui jika sejak kelahiran paham sosialis komunis ternyata tidak sejalan dengan paham liberal kapitalis. Justru lahirnya sosialis komunis kala itu adalah karena liberal kapitalis yang berani bertindak dengan sewenang-wenang. Dengan adanya perbedaan ideologi inilah, pertentangan akhirnya terjadi. Dua kekuatan yang awalnya bersama mengalahkan Jerman dengan NAZI, justru akhirnya berselisih paham.

2. Perebutan Dominasi dalam Kepemimpinan
Seperti yang sudah banyak diketahui jika Amerika Serikat serta Uni Soviet sangat berambisi untuk bisa menjadi pemimpin di dunia. Mereka bermimpi untuk bisa berkuasa dan memimpin dunia layaknya kejayaan Inggris dan Perancis kala masa imperialis kuno. Amerika Serikat memiliki kekuatan ekonomi dimana bisa mempengaruhi negara lain dengan bantuan ekonomi. Berbeda dengan cara Uni Soviet dalam mendekati negara lain yakni dengan memberi bantuan dalam hal perjuangan nasional dengan pengiriman tenaga ahli hingga peralatan militer.

3. Pembentukan Aliansi Militer
Perang Dingin justru muncul usai Perang Dunia II dimana NAZI kala itu kalah. Saat itu NAZI mendominasi banyak sekali negara. Tentunya hal ini menjadikan Amerika Serikat serta Uni Soviet berkesempatan untuk menguasai. Dengan demikian maka kedua negara adidaya tersebut menjadikannya momen untuk bisa membentuk aliansi militer demi masa mendatang.

4. Berdirinya Pakta Pertahanan
Kedua belah pihak mendirikan Pakta Pertahanan dimana memiliki aliansinya masing-masing. Kala itu Amerika Serikat bersama negara dari Eropa Barat mendirikan North Atlantic Treaty Organization atau biasa dikenal NATO. Sedangkan untuk Uni Soviet pun tak mau kalah dimana menggandeng negara dari kawasan Eropa Timur dengan mendirikan Pakta Warsawa (lihat juga: penyebab perang dunia 2).

Akhir Perang Dingin

Meski sempat bersitegang selama beberapa puluh tahun, tapi Amerika Serikat serta Uni Soviet pun akhirnya melakukan perundingan. Kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk akhiri Perang Dingin kala itu. Hasil pertemuannya adalah kedua belah pihak setuju mengurangi jumlah pasukan serta persenjataan di kawasan Eropa. Selain itu, Presiden Uni Soviet menyatakan tak akan mulai perang terbuka dengan AS. Presiden AS pun menyatakan jika kedua belah pihak akan berdamai dan bekerja sama.

Itulah sekilas sejarah dan penyebab Perang Dingin yang menegangkan saat itu. Saat ini AS dan Rusia yang dulunya adalah Uni Soviet pun sudah menjalin kerjasama yang cukup kondusif.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel