Penyebab Kerusakan Lingkungan, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

Lingkungan adalah tempat yang menyediakan semua hal yang dibutuhkan makhluk hidup. Dengan memenuhi kebutuhan, maka kelangsungan hidup akan terjaga. Namun karena ulah beberapa orang yang tidak bertanggung jawab, maka lingkungan bisa saja rusak. Kerusakan tersebut dipicu oleh beberapa faktor. Beberapa ulasan mengenai penyebab kerusakan lingkungan berikut bisa menjelaskan lebih lanjut bagi Anda (lihat juga: penyebab efek rumah kaca).

Pengertian Kerusakan Lingkungan

Sebelum mengetahui faktor apa saja yang berperan dalam kerusakan lingkungan, Anda harus tahu terlebih dahulu apa pengertiannya. Kerusakan lingkungan merupakan satu atau beberapa tindakan yang menimbulkan perubahan pada sifat dari lingkungan yang menjadikan wilayah tersebut menjadi rusak atau tidak berfungsi lagi. Kerusakan tersebut bisa merusak peran dari lingkungan yang menjadi penunjang hidup makhluk hidup, tak terkecuali manusia.

Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan

Beberapa hal bisa memicu terjadinya kerusakan lingkungan. Contoh sederhananya adalah menggunakan sumber daya alam yang berlebihan dan tidak memedulikan kelestarian lingkungannya. Selain itu, masih ada beberapa faktor yang berperan. Faktor tersebut antara lain:

1. Teknologi
Bagaimana bisa teknologi berperan penting dalam kerusakan lingkungan? Hal itu terjadi karena manusia terkadang sulit untuk mencari teknologi yang aman untuk lingkungan. Teknologi tersebut biasanya memiliki harga yang tidak murah. Maka dari itu, banyak orang memilih alat elektronik atau teknologi lain yang tak ramah lingkungan. Salah satu contoh teknologi tak ramah lingkungan adalah CFC yang terdapat di AC dan kulkas.

2. Sifat Manusia
Sifat manusia yang menjadi penyebab kerusakan lingkungan adalah keegoisannya. Manusia memang diciptakan dengan rasa egoisme masing-masing. Akan tetapi ego yang berlebihan ternyata bisa merusak alam. Terkadang manusia menganggap lingkungan sebagai sumber daya yang sangat menguntungkan, sehingga hasilnya harus mereka rasakan dalam jumlah yang banyak. Pengeksploitasian tanpa henti dan tidak memperdulikan kelestarian lingkungan itulah yang bisa merusak lingkungan perlahan-lahan.

3. Sinergi Masyarakat yang Rendah
Beberapa masyarakat memang memiliki tingkat sinergi yang rendah. Mereka biasanya tidak mempunyai tujuan jadi mereka juga tak memiliki keinginan untuk memperbaiki lingkungan yang telah mereka rusak sendiri. Itulah yang menyebabkan lingkungan bisa rusak.

4. Sikap Individual
Masih berkaitan dengan poin kedua, sikap individual manusia yang selalu memperhatikan diri sendirilah yang bisa merusak alam. Orang-orang yang membuang sampah sembarangan adalah contoh kecilnya. Jika dibiarkan terus menerus, maka bisa terjadi banjir yang juga merugikan diri mereka sendiri.

Contoh Kerusakan Lingkungan

Sebagai lanjutan dari sebelumnya, contoh yang paling mudah ditemukan adalah banjir. Meskipun banjir bisa terjadi karena faktor alam, namun faktor manusia juga tak kalah. Banjir yang terjadi karena manusia bisa terjadi karena beberapa hal. Contohnya adalah hutan yang digunduli secara berlebihan (lihat secara lengkap tentang penyebab banjir).

Banjir sendiri membawa banyak kerugian seperti hilangnya lapisan permukaan tanah, rusaknya  bangunan-bangunan penting seperti rumah, perkantoran, tempat ibadah, bangunan bersejarah, dan lain-lain. Bisa dibilang jika banjir adalah bencana yang paling sering terjadi di Indonesia.

Itulah tadi penjelasan dari pengertian, penyebab kerusakan lingkungan, serta contoh akibat kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan bisa terjadi di tiga hal utama yaitu hutan, tanah, maupun pencemaran. Ketiganya sama-sama membawa dampak yang tidak baik bagi manusia.

Maka dari itu, sudah sepatutnya bagi manusia untuk mengurangi rasa egois dan tidak berlebihan dalam mengeksploitasi sumber daya alam. Dengan begitu maka bumi akan lebih nyaman untuk ditinggali. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda. Sekian.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kerusakan Lingkungan, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel