Berbagai Penyebab Kecelakaan Kerja, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi

penyebab kecelakaan kerja

Bagi Anda yang bekerja di lingkungan yang cukup berbahaya, tentu mendapatkan pelatihan dan juga pengetahuan terkait keselamatan kerja. Hal ini mengingat banyak sekali risiko yang dihadapi saat bekerja. Itulah mengapa selalu mengutamakan keselamatan dalam bekerja harus dilakukan. Penyebab kecelakaan kerja pun sangat banyak sekali karena bisa disebabkan faktor teknis hingga faktor non teknis (lihat juga: penyebab pengangguran).

Apa itu Kecelakaan Kerja?

Bisa dibilang jika kecelakaan adalah suatu kejadian tak terduga yang awalnya tidak dikehendari dan bisa mengacaukan proses yang sudah diatur pada suatu aktivitas. Dengan adanya kecelakaan ini maka bisa menimbulkan kerugian. Kerugian ini bisa jadi kerugian untuk manusia atau dalam bentuk materiil sekalipun. Untuk kecelakaan kerja sendiri merupakan kejadian yang bisa sebabkan luka sakit hingga kerugian pada manusia atau lingkungan.

Penyebab Kecelakaan Kerja Yang Harus Diwaspadai

Kecelakaan kerja tentu wajib untuk selalu diwaspadai karena bisa terjadi pada siapa saja. Semua karyawan berpotensi untuk mendapatkan kecelakaan saat bekerja baik dengan penyebab apapun. Tak heran jika setiap karyawan sudah dibekali dengan pengetahuan akan bahaya pekerjaan yang dilakukannya. Berikut ini beberapa penyebab kecelakaan kerja yang wajib Anda tahu:

1. Faktor Teknis
Yang pertama adalah dari segi faktor teknis. Untuk faktor teknis ini berhubungan dengan tempat kerja yang ada misalnya dari segi ukuran ruangan, ventilasi udara, suhu ruang kerja hingga kebersihan dan kelistrikan. Selain itu tak lupa juga kondisi peralatan yang digunakan dalam bekerja pun penting mengingat mesin memiliki risiko untuk melukai misal saja roda gigi, sabuk berjalan dan lainnya. Bahan dari peralatan yang bergerak itu pun bisa berpotensi untuk melukai misalnya saja bahan yang mudah meledak, pelumas hingga bahan lain.

2. Faktor Non Teknis
Selain faktor teknis, ada juga faktor non teknis dimana ini disebabkan karena manusia atau operator itu sendiri. Biasanya yang menjadikan kecelakaan terjadi adalah karena pengetahuan yang masih kurang akan alat atau bahan tertentu. Selain itu jika kemampuan kurang pun bisa meresikokan operator itu sendiri. Tentunya bukan hanya tidak bagus pada hasil pekerjaannya saja tapi juga tidak bagus untuk orang terkait karena membahayakan.

3. Faktor Alam
Faktor yang satu ini sulit diprediksi karena memang berhubungan dengan alam. Beberapa faktor alam yang bisa saja terjadi misalnya gempa bumi, banjir (lihat disini akibat banjir), tornado, hingga bencana lainnya. Jika mendadak ada bencana, maka keselamatan kerja dari karyawan di lokasi tersebut pun bisa terancam.

4. Kelalaian
Ada juga faktor kelalaian yang justru paling sering menjadi penyebab kecelakaan kerja terjadi. Kelalaian pada umumnya adalah lantaran tidak menggunakan pakaian keamanan, menyepelekan aturan, sampai karena alasan mengantuk. Itulah mengapa pekerja di tempat yang berbahaya harus senantiasa waspada.

Meminimalisir Kecelakaan Kerja

Sebetulnya dengan melihat penyebab terjadinya kecelakaan kerja saja Anda sudah tahu seperti apa seharusnya untuk bisa meminimalisir risiko yang terjadi. Pastikan untuk tidak mengabaikan bahaya yang bisa saja timbul dari tempat kerja Anda. Selain itu untuk berbagai tugas yang mengandung risiko tinggi ada baiknya untuk direncanakan dan dikomunikasikan dengan tepat.

Jika ada pelatihan profesional, maka pastikan untuk hadir demi menambah pengetahuan akan keselamatan kerja. Jangan lupa juga yang terpenting yakni selalu menggunakan perlengkapan safety untuk pekerjaan.

Itulah sekilas terkait penyebab kecelakaan kerja dan cara meminimalisirnya. Mengingat semua orang memiliki tanggung jawabnya sendiri akan pekerjaan, maka pastikan untuk lebih peduli akan keselamatan diri.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Kecelakaan Kerja, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel