Berbagai Penyebab Globalisasi, Nomor 1 dan 4 adalah Faktor Utama yang Terjadi di Indonesia

penyebab globalisasi

Zaman terus berkembang dan terus berubah menuju era yang makin modern. Dengan adanya perkembangan zaman ini, tentu saja masyarakat juga harus bisa menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang ada. Zaman ini pun kerap disebut dengan zaman globalisasi. Pasti Anda sudah pernah mendengar tentang globalisasi ini bukan? Penyebab globalisasi pun dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi (lihat juga: penyebab terjadinya disintegrasi nasional).

Apa Itu Globalisasi?

Globalisasi sendiri diambil dari saduran kata bahasa Inggris yakni Globalization. Kata tersebut terdiri dari global yang bermakna dunia, serta lization yang bermakna proses. Makna globalisasi dari kata adalah suatu proses mendunia. Namun, untuk pengertian secara harfiahnya globalisasi dimaknai dengan hubungan sosial mendunia yang terhubung satu dengan lainnya sehingga berdampak di satu tempat ke tempat lainnya. Definisi globalisasi sendiri sangat meluas mengingat tiap pakar memiliki definisinya sendiri.

Penyebab Globalisasi di Era Sekarang

Era globalisasi ditandai kian majunya peran pasar, investasi hingga bidang ekonomi global dimana terhubung satu sama lainnya. Adanya globalisasi ini pun ditandai dengan teknologi yang kian maju sehingga mempermudah segala aktivitas yang dijalankan manusia. Berikut ini beberapa faktor penyebab globalisasi yang harus Anda tahu:

1. Perkembangan Informasi dan Teknologi
Perkembangan informasi dan teknologi kini memang sedang dalam kondisi maju-majunya. Tentunya seluruh perkembangan ini memberikan dampak pada kemudahan dalam berbagai macam aktivitas mulai dari transaksi keuangan, komunikasi dan lainnya di dunia. Di bidang teknologi perkembangan memang seolah tidak bisa dibendung. Tidak heran jika hal ini pun mempengaruhi dunia perekonomian secara global.

2. Banyaknya Kerja Sama Secara Internasional
Penyebab globalisasi lainnya adalah lantaran terjadinya kerja sama secara internasional antar negara. Tentunya hal ini menjadikan transaksi yang sebelumnya seolah tidak mungkin menjadi mungkin. Dari sektor ekonomi ini yang menjadikan banyak sekali produk luar masuk ke dalam negeri, begitu juga sebaliknya. Memang dampaknya bagus, tapi jika produk dalam negeri tidak bisa bersaing maka justru akan bisa kalah dan usaha dalam negeri bisa terancam.

3. Kemudahan Transportasi
Ternyata globalisasi juga dipengaruhi dari sisi transportasi juga. Ya, sistem pengiriman kini sudah sangat maju sehingga masyarakat dengan mudah berkirim dan menerima barang meski jarak memisahkan. Dengan demikian maka produk luar kian mudah masuk dan produk dalam juga kian mudah keluar.

4. Ekonomi Terbuka
Negara di dunia pun kian terbuka untuk bidang ekonomi sehingga perdagangan secara global sudah sangat terbuka. Tak hanya produk, biasanya unsur dan budaya dari negara lain pun juga kian mudah untuk masuk ke negara. Dengan terbukanya pasaran, maka globalisasi pun kian mudah (lihat juga: penyebab pelanggaran HAM).

Menghadapi Era Globalisasi

Jika dilihat kembali, maka penyebab adanya globalisasi adalah lantaran aktivitas ekonomi antar negara yang kian terbuka. Dengan demikian maka akan memudahkan antar negara dalam berinteraksi. Meski dampaknya bagus tapi jangan sampai globalisasi menggerus potensi dan budaya dalam negeri. Untuk itu dalam menghadapi era globalisasi ini ada baiknya jika masyarakat mulai mencintai produk dalam negeri. Selain itu saringlah budaya asing yang masuk sesuai norma dan keyakinan. Pastikan untuk tetap menggunakan nilai kebangsaan yang dianut sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Itulah ulasan terkait penyebab globalisasi dan cara menghadapinya. Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya menghadapi globalisasi dengan positif. Meski banyak budaya luar yang masuk, tapi ada baiknya untuk tetap menjaga norma asli Indonesia sehingga tidak hilang.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Globalisasi, Nomor 1 dan 4 adalah Faktor Utama yang Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel