Dampak Perubahan Sosial, Nomor 1 dan 5 Jika Terjadi Sangat Bahaya

dampak perubahan sosial
Setiap individu dan masyarakat pasti mengalami apa yang disebut perubahan sosial. Perubahan sosial secara umum merupakan perubahan yang terjadi pada masyarakat mengenai norma sosial, nilai sosial dan pola perilaku kehidupan manusia. Perubahan ini tidak dapat dihindari dan terus bergerak sepanjang waktu.

Tetapi antar masyarakat satu dengan yang lain tidak semua sama, ada yang lebih cepat, ada pula yang lebih lambat. Semua peristiwa pastilah mempunyai dampak baik negatif maupun positif. Berikut ini definisi, contoh dan dampak perubahan sosial bagi kehidupan bermasyarakat.

Definisi Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Menurut Emile Durkheim perubahan sosial merupakan hasil dari faktor demografis dan ekologis. Dimana mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional dengan dilingkupi solidaritas mekanistik kedalam kehidupan masyarakat modern yang bersifat futuristik.

Sedangkan menurut Selo Soemardjan perubahan sosial merupakan semua perubahan pada lembaga masyarakat dalam lingkungan masyarakat yang berdampak pada sistem sosial, termasuk nilai, sikap, dan pola perilaku antar kelompok dalam masyarakat.

5 Dampak Perubahan Sosial

Beberapa dampak negatif perubahan sosial adalah sebagai berikut:
1. Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja timbul akibat pengaruh gaya hidup dan budaya barat yang diadopsi mentah-mentah tanpa menyaring dan menyesuaikannya dengan norma yang ada di masyarakat.

2. Terjadinya Disentegrasi Sosial
Dampak perubahan sosial lainya yakni memunculkan disentegrasi sosial. Disentegrasi sosial terjadi karena revolusi atau perubahan sosial yang cepat. Revolusi disertai tindak kekerasan akan mengakibatkan perpecahan dalam masyarakat.

Masyarakat akan terpecah belah akibat berafiliasi dan mendukung kepentingan kelompok sosial atau golongan tertentu. Kesenjangan sosial juga bisa berakibat pada disentegrasi sosial. Ini akibat dari lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat yang tidak berfungsi optimal.

3. Eksistensi Adat Istiadat Semakin Hilang
Nilai adat istiadat berlahan mulai ditinggalkan masyarakat karena dianggap kuno dan tidak mengikuti perkembangan zaman. Nilai tradisi juga mulai berganti dengan nilai budaya modern dan globalisasi. Kondisi demikian cepat atau lambat akan menghilangkan jati diri bangsa Indonesia yang lekat dengan adat istiadat dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Lembaga Sosial Tidak Berfungsi Secara Optimal
Tidak berfungsinya lembaga sosial ini berkaitan dengan pola kepemimpinan yang menyalahgunakan wewenang dan kedudukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi pribadi. Seperti lembaga hukum yang tidak melakukan peradilan sesuai undang-undang dan kaidah hukum karena praktik suap. Kondisi demikian akan menimbulkan persepsi publik bahwa hukum Indonesia dapat dibeli.

5. Muncul Paham Duniawi
Dampak perubahan sosial yang terjadi juga akan memunculkan paham-paham keduniawian yang kini sudah banyak menjangkiti masyarakat  seperti Konsumerisme, Sekuralisme dan Hedonisme.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Bentuk perubahan sosial berdasarkan waktunya terdiri dari perubahan lambat dan perubahan cepat. Perubahan lambat disebut juga dengan evolusi. Perubahan ini terjadi secara spontan dan tidak direncanakan. Perubahan terjadi akibat masyarakat yang ingin menyesuaikan diri pada kondisi dan keadaan yang muncul di masyarakat. Misalnya modernisasi, contoh proses modernisasi seperti munculnya sistem perbankan, spesialisasi pada pekerjaan, dan sebagainya.

Sedangkan perubahan sosial secara cepat atau dikenal dengan revolusi terjadi secara cepat dan terencana. Contohnya revolusi industri yang terjadi di Inggris pada 1970-an. Akibat revolusi industri yakni penggunaan mesin pada proses produksi yang sebelumnya  hanya mengandalkan tenaga manusia.

Demikian pengertian perubahan sosial, dampak perubahan sosial dan bentuknya berdasarkan waktu. Apapun profesi Anda hendaknya bisa berperan sebagai agen of change di masyarakat untuk meminimalisir dampak perubahan sosial yang mengakibatkan disentegrasi sosial.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Perubahan Sosial, Nomor 1 dan 5 Jika Terjadi Sangat Bahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel