Dampak Pencemaran Udara Bagi Lingkungan dan Manusia, Nomor 2 Paling Bahaya Jika Terjadi

dampak pencemaran udara
Pencemaran udara merupakan salah satu topik yang paling sering dibahas di era globalisasi ini. Di zaman yang semakin maju ini, semakin banyak ditemukan kasus pencemaran udara, terutama di kota-kota besar. Dampak pencemaran udara sendiri menjadi hal yang semakin lumrah di berbagai belahan dunia.

Masalah pencemaran udara sudah bukan menjadi masalah yang dapat ditangani dalam kelompok kecil, namun telah menjadi persoalan yang melibatkan seluruh kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, banyak pihak terpelajar yang mempelopori gerakan ramah lingkungan untuk menekan dampak buruk dari adanya pencemaran di lingkungan hidup manusia.

Apa Pengertian Dari Pencemaran Udara?

Berdasarkan pengertiannya, pencemaran udara diartikan sebagai kondisi udara yang telah terkontaminasi oleh berbagai jenis polutan seperti karbon monoksida dan hidrogen atau zat kimia lainnya dengan jumlah melampaui batas, yang secara bertahap dapat mengancam kehidupan makhluk hidup dan mengganggu aktivitas harian manusia. Penyumbang terbesar dari sumber pencemaran adalah manusia sendiri, baik dari kegiatan harian masyarakat maupun kegiatan industri.

5 Dampak Pencemaran Udara

Dampak pencemaran udara sangatlah banyak dan membawa pengaruh buruk bagi kelangsungan hidup manusia, bahkan pada makhluk hidup lainnya. Berikut uraian lengkap dampak dari adanya pencemaran udara di lingkungan hidup sekitar.

1. Sebagai Penyebab Pemanasan Global
Pemanasan global atau disebut juga sebagai global warming (lihat disini penyebab global warming) merupakan kondisi dimana suhu bumi terus meningkat. Suhu yang semakin naik ini mengakibatkan es kutub mencair dan volume air laut naik, keadaan ini disebabkan rusaknya lapisan ozon yang ada di atmosfer bumi.

Lapisan tersebut rusak karena adanya polutan yang mengandung zat kimia Klorofluorkarbon. Pencemaran udara tersebut berasal dari pemakaian lemari es, Spray dan AC yang berlebih. Untuk menanggulangi hal tersebut, masyarakat dapat membeli produk yang memiliki label non CFC.

2. Gangguan Pernafasan
Kesehatan alat pernafasan menjadi salah satu faktor utama bagi keberlangsungan hidup. Namun, dengan adanya pencemaran udara yang semakin banyak, kondisi pernafasan manusia rawan terserang dengan penyakit pernafasan. Polutan berupa asap kotor dapat masuk kedalam tubuh melalui indra pembau, dan kemudian akan menyerang saluran pernafasan. Gangguan pernafasan tersebut dapat berupa radang paru-paru, bronkitis, asma, bahkan kanker paru-paru.

3. Gangguan Pertumbuhan Tanaman
Pencemaran udara membawa berbagai zat kimia yang tidak hanya berdampak buruk bagi manusia, namun juga berdampak pada tumbuhan. Seperti pada tanaman yang terserang penyakit klorosis, bintik hitam, nekrosis dan lain sebagainya. Hal ini sangat disayangkan, sebab tumbuhan menjadi salah satu harapan manusia untuk menanggulangi pencemaran udara.

4. Gangguan Pertumbuhan Anak
Anak dalam kandungan ibu hamil juga tidak lepas dari pengaruh buruk yang ditimbulkan oleh pencemaran udara. Ibu yang sedang mengandung, dan menghirup udara yang terkontaminasi timbal dapat menyebabkan gangguan perkembangan dan pertumbuhan pada anak dalam kandungannya.

5. Gangguan Sistem Reproduksi 
Sistem dalam tubuh manusia yang ikut terkena dampak dari pencemaran udara adalah sistem reproduksi. Udara kotor, mengakibatkan ketidakseterilan reproduksi, sehingga mengganggu sistem yang seharusnya bekerja. Selain itu, organ jantung dan ginjal juga bisa terganggu apabila terus menerus bersinggungan dengan udara yang telah tercemar.

Pencemaran Udara Pada Lingkungan

Dampak pencemaran udara yang terjadi di lingkungan hidup manusia, tidak lepas dari akibat aktivitas harian manusia sendiri. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak sadar akan hal tersebut. Di Indonesia sendiri, kegiatan yang dapat menimbulkan pencemaran udara sangat mudah untuk ditemukan, terutama di kota-kota besar dan kota industri.

Banyak sekali kendaraan pribadi seperti mobil dan motor yang simpang siur di jalanan raya. Masyarakat Indonesia cenderung enggan untuk menggunakan kendaraan umum. Kemudian di kota Industri banyak ditemukan pabrik yang menghasilkan limbah berupa asap kehitaman.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang dampak pencemaran udara di lingkungan hidup manusia. Dengan memahami dampak negatif yang ditimbulkan oleh pencemaran udara, diharapkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas yang dapat menimbulkan pencemaran udara.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Pencemaran Udara Bagi Lingkungan dan Manusia, Nomor 2 Paling Bahaya Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel