Dampak Pencemaran Tanah, Nomor 2 dan 3 Jika Terjadi Sangat Bahaya

dampak pencemaran tanah
Bumi memiliki berbagai unsur yang tersedia untuk mendukung kehidupan makhluk yang hidup di dalamnya. Ada unsur air, udara dan tanah yang menjadi unsur utama bagi kehidupan di bumi. Sayangnya, semakin hari manusia bertindak semakin tidak bertanggung jawab yang kemudian justru menyebabkan kerusakan di alam dan unsur-unsurnya. Misalnya saja tanah.

Saat ini tanah di bumi semakin kritis karena terus tercemar oleh zat-zat berbahaya. Pencemaran tanah ini pun kemudian membawa dampak yang berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup di bumi. Apa sajakah dampak pencemaran tanah itu? Berikut penjelasannya.

Pencemaran Tanah dan Faktor Penyebabnya

Yang dimaksud dengan pencemaran tanah adalah masuknya zat-zat atau bahan yang memiliki sifat beracun ke dalam tanah. Bahan-bahan ini bisa berbentuk fisik, biologis maupun kimia. Bahan berbahaya inilah yang disebut polutan yang membuat tanah tidak lagi memiliki sifat alami sebagaimana mestinya.  Sudah pasti ada penyebab mengapa tanah menjadi tercemar oleh bahan-bahan atau zat-zat berbahaya ini.

Penyebab terbesar terjadinya pencemaran tanah ini tidak lain adalah dari aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Membuang limbah baik limbah rumah tangga, limbah industri maupun limbah pertanian yang tidak bisa diuraikan oleh tanah adalah faktor utama yang menyebabkan tanah menjadi tercemar. Hal ini kemudian membawa dampak yang cukup besar bagi lingkungan dan bahkan kelangsungan hidup manusia. Lantas apa saja dampak pencemaran tanah yang saat ini banyak dirasakan oleh manusia?

Dampak Pencemaran Tanah Bagi Makhluk Hidup

1. Kesuburan Tanah Semakin Berkurang
Dampak pencemaran tanah yang paling bisa dirasakan dan signifikan adalah bisa mengurangi tingkat kesuburan tanah. Tanah sebagai tempat berbagai tanaman tumbuh banyak mengandung unsur hara yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tumbuh namun juga memberi makan tanaman-tanaman di atasnya. Jika tanah sudah tercemar, maka kesuburannya pun akan semakin berkurang dan peran tanah ini pun akan hilang.

2. Menjadi Penyebab Timbulnya Penyakit-penyakit Berbahaya
Sebagai tempat tanaman tumbuh yang juga menjadi sumber makanan bagi manusia, ketika tanah tercemar, maka mau tidak mau manusia juga akan terdampak. Zat-zat berbahaya yang mencemari tanah jika ikut masuk ke dalam tubuh manusia maka akan menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Sebut saja yang paling ditakutkan adalah kanker.

3. Ekosistem Semakin Rusak
Ekosistem makhluk hidup di alam terdiri dari unsur biotik dan abiotik dimana salah satunya adalah tanah. Maka jika tanah rusak karena tercemar oleh bahan-bahan berbahaya, maka ekosistem di alam juga akan terpengaruh. Kerusakan tanah akan mengganggu keseimbangan ekosistem di alam karena tanah merupakan unsur abiotik tempat berbagai individu melakukan interaksi.

4. Produktivitas Menurun 
Seperti yang disebutkan di atas, pencemaran udara membuat kesuburan tanah semakin berkurang. Hal ini juga akhirnya berdampak pada produktivitas yang ikut menurun. Tumbuhan yang ditanam di atasnya tidak bisa tumbuh maksimal yang kemudian berakibat pada hasil tanam yang terus berkurang.

Bagaimana Mengurangi Dampak Pencemaran Tanah?

Kerusakan tanah yang notabene disebabkan oleh manusia ini juga bisa dicegah dengan melakukan hal-hal sederhana. Caranya bisa dimulai dengan memisahkan sampah yang akan dibuang berdasarkan jenisnya. Langkah ini memang sederhana namun bisa mengurangi dampak pencemaran tanah yang terus meningkat bahkan tidak bisa dikontrol.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang pencemaran tanah, dampak pencemaran tanah dan bagaimana mencegah kerusakan yang lebih besar. Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan manusia bisa menjadi agen yang bisa menyelamatkan alam dari kerusakan yang lebih parah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel