Dampak Pencemaran Air, Nomor 3 dan 4 Paling Berbahaya Jika Terus Terjadi

dampak pencemaran air
Pencemaran air bukanlah hal yang tabu lagi. Hal ini bisa dilihat di wilayah yang suatu penduduk tinggali. Misalnya saja di wilayah padat penduduk yang memiliki sampah banyak, ataupun di wilayah yang dekat dengan pabrik. Maka kemungkinan besar tempat tersebut akan terkena pencemaran air.

Pencemaran air akan merubah kualitas air yang semula layak digunakan menjadi tidak layak. Jika diteruskan, maka dampak akan dirasakan oleh orang yang tinggal disana. Dampak tersebut bahkan bisa berlangsung selama beberapa tahun. Apa saja dampak pencemaran air yang biasanya terjadi?

Zat yang Menyebabkan Pencemaran Air

Pencemaran air terjadi dengan tidak terlepas dari zat yang membuat air tersebut tercemar. Beberapa zat yang berpotensi mencemari air dan lingkungan lain yaitu insektisida, pembersih, larutan untuk menyamak kulit, hingga zat warna kimia. Apabila zat-zat tersebut sudah menyebar maka air yang ada di sekitarnyapun bisa tercemar dan menyebabkan dampak yang buruk bagi makhluk hidup.

5 Dampak Pencemaran Air

Setelah mengetahui apa saja zat yang berpotensi menyebabkan pencemaran air, maka inilah daftar 5 dampak pencemaran air yang biasa terjadi di lingkungan sekitar.

1. Munculnya Parasit
Parasit bisa tumbuh sebagai akibat dari munculnya tumbuhan air. Misalnya saja pertumbuhan ganggang. Jika pertumbuhan tersebut berlangsung dengan pesat maka bisa menjadi parasit. Parasit tersebut tentu saja berbahaya bagi manusia. Manusia bisa saja terhambat saat mencari ikan di lautan.

2. Pendangkalan Air
Pendangkalan air bisa terjadi apabila terjadi penumpukan limbah atau sampah di dalam air dalam jumlah yang sangat banyak. Pendangkalan tersebut terjadi di sungai ataupun danau. Dampak yang satu ini bisa begitu berbahaya, terutama jika terjadi di musim hujan. Jika tidak ditangani secara cepat maka banjir bisa saja terjadi (lihat disini akibat banjir).

3. Kerusakan Ekosistem
Dampak selanjutnya adalah rusaknya ekosistem. Ekosistem dan kehidupan organisme bisa terancam saat air tercemar. Dengan air yang tidak sehat tersebut maka wilayah yang terkena bisa mengalami kerusakan karena berkurangnya kadar oksigen dalam air. Dampak ini bisa merusak tidak hanya alam namun juga hewan.

4. Kepunahan Spesies
Dampak selanjutnya adalah kepunahan spesies tertentu, terutama yang berada di bawah air. Beberapa spesies seperti ikan yang langka ataupun plankton bisa saja mati akibat air yang tercemar. Bahkan hewan lain seperti burungpun bisa musnah nantinya. Jika hewan saja bisa musnah, bukan berarti manusia tidak bukan?

5. Mutasi Tubuh
Dampak pencemaran air yang terakhir adalah mutasi. Dampak terparah bagi manusia adalah terjadinya mutasi tubuh. Mutasi tersebut terjadi jika pencemaran terjadi secara parah dan tidak ada upaya sama sekali untuk menanggulanginya. Bahkan mutasi tersebut bisa membuat penyakit berbahaya bermunculan seperti misalnya kanker kulit.

Upaya Mengurangi Pencemaran Air

Terdapat satu cara yang simpel dan bisa dilakukan kapanpun untuk mengurangi pencemaran air. Upaya tersebut adalah dengan membuang sampah di tempatnya. Kurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan. Pilihlah jenis sampah sebelum membuangnya. Bedakan menjadi sampah organik, anorganik, dan sejenisnya. Dengan mengelompokkan jenisnya maka akan semakin mempermudah proses pembuangannya karena beda jenis maka beda cara pembuangannya juga.

Demikian sedikit ulasan tentang zat yang membuat pencemaran air, dampak pencemaran air, serta upaya untuk menguranginya. Hindari juga membuang sampah di air karena bisa membuat air jadi keruh. Selain itu, sumber air juga bisa tersumbat dan membuat banjir atau peluapan bisa terjadi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel