Dampak Pemanasan Global, Nomor 2 dan 3 Paling Mengerikan Saat Terjadi

dampak pemanasan global
Pemanasan global berasal dari beberapa faktor. Salah satu faktor utamanya adalah pembakaran fosil fuel seperti batu bara, minyak bumi, ataupun gas alam. Hasil pembakaran tersebut akan melepaskan beberapa zat yang menimbulkan molekul gas buangan.

Molekul gas buangan tersebutlah yang disebut dengan gas rumah kaca. Jadi secara singkatnya faktor terjadinya pemanasan global adalah sebagai efek dari rumah kaca. Tahukah Anda apa saja dampak pemanasan global? Sebenarnya apa pula pemanasan global itu? berikut penjelasan lengkap yang disajikan portal Penyebab Akibat Com.

Apa itu Pemanasan Global?

Pemanasan global ialah naiknya suhu permukaan bumi sebagai akibat dari kenaikan gas rumah kaca. Jika kenaikan suhu di beberapa abad belakangan ini hanya mencapai 0.8 derajat celcius, lain halnya dengan 100 tahun yang akan datang.

Banyak yang menyebutkan jika kenaikan suhu di waktu mendatang akan mencapai angka 4 derajat celcius. Cukup tinggi bukan? Peristiwa yang juga disebut sebagai global warming ini merupakan permasalahan yang serius dan wajib diatasi oleh semua pihak.

Apa Dampak Pemanasan Global?

Beberapa dampak pemanasan global berikut ini akan menyadarkan manusia betapa seriusnya permasalahan pemanasan global. Maka dari itu, kita harus saling memperhatikan lingkungan sekitar agar bisa bersama-sama mengatasinya.

1. Berkurangnya Ketersediaan Air
Air adalah sumber kehidupan manusia yang sangat penting. Dengan adanya air maka kebutuhan hidup bisa terpenuhi. Pernahkah Anda membayangkan jika dunia ini kehabisan air? Hal itu bisa saja terjadi. Terlebih jika pemanasan global terjadi tiada henti. Maka suatu saat persediaan air akan berkurang. Selain itu global warming juga bisa mencemari kualitas air di lingkungan tersebut.

2. Tenggelamnya Daratan
Dampak pemanasan global selanjutnya adalah tenggelamnya daratan. Daratan terlebih pulau-pulau kecil dan daratan di tepi pantai bisa tenggelam akibat global warming. Tenggelamnya daratan tersebut tak lepas dari naiknya permukaan air laut dan juga mencairnya es di kutub utara. Jika es di kutub utara mencair, maka volume dan permukaan air laut akan meningkat dan menggeser garis permukaan pantai. Dengan begitu maka akan mengecilkan daratan secara tidak langsung.

3. Lapisan Ozon Menipis
Permasalahan serius yang bisa terjadi sebagai dampak dari pemanasan global adalah lapisan ozon menjadi lebih tipis dan berlubang. Lapisan ozon ini merupakan hal penting karena bisa melindungi bumi dan seisinya dari sinar ultraviolet. Bagaimana jika lapisan tersebut menipis? Maka yang terjadi adalah sinar ultraviolet bisa lebih mudah masuk dan menyebabkan banyak penyakit bermunculan, seperti misalnya kanker kulit.

4. Iklim Jadi Tidak Stabil
Dampak terakhir yang tidak kalah berbahaya adalah iklim menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan ini membuat iklim jadi tidak bisa diprediksi. Misalnya saja wilayah kutub lebih panas, pergantian musim panas ke musim dingin yang tidak jelas, kekeringan panjang, ataupun musim hujan tanpa henti. Dengan ketidakstabilan iklim maka bisa menimbulkan banyak kerugian bagi petani, nelayan, dan banyak pekerja lainnya.

Lihat secara lengkap disini mengenai: Penyebab Pemanasan Global

Bagaimana Solusi Penanggulangan Pemanasan Global?

Beberapa solusi bisa diterapkan untuk menanggulangi pemanasan global. Sebagai contohnya adalah menggunakan tenaga alam seperti udara, air, ataupun matahari sebagai pembangkit listrik tenaga alam yang ramah lingkungan. Selain itu dengan mengubah pola hidup yang semula boros energi listrik menjadi lebih hemat. Anda juga bisa menggunakan bahan yang bisa didaur ulang supaya bisa mengurangi penggunaan plastik.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian, dampak pemanasan global dan solusi penangannya. Mematikan lampu, TV, laptop, AC saat tidak digunakan adalah hal yang bijak. Kurangi konsumsi listrik yang tidak penting supaya pemanasan global tidak semakin parah. Dengan begitu anak cucu Anda kelak bisa hidup dengan nyaman pula.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Dampak Pemanasan Global, Nomor 2 dan 3 Paling Mengerikan Saat Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel