Inilah Dampak Inflasi, Nomor 3 Paling Mengenaskan Jika Terjadi

dampak inflasi
Terjadinya inflasi seringkali menjadi penyebab tingginya harga bahan kebutuhan. Setidaknya itulah yang dipikirkan banyak orang. Hal tersebut memang tidak salah. Inflasi mempunyai beberapa dampak yang sebagian besarnya memang tidak menyenangkan. Dampak inflasi tersebut bisa dirasakan oleh semua lini masyarakat bahkan pemerintah. Berikut Penyebab-Akibat memberikan penjelasan lebih lanjut secara komperhensif dan lengkap mengenai dampak inflasi.

Pengertian Inflasi

Sebelum mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan dari inflasi, penting untuk mengetahui terlebih dahulu pengertiannya. Inflasi merupakan sebuah keadaan ekonomi di suatu negara dimana semua harga naik dalam kurun waktu yang lama.

Jika kenaikan harga tersebut berlangsung sebentar atau tidak lama, maka belum bisa disebut sebagai inflasi. Terjadinya inflasi bisa berlangsung selama bertahun-tahun dan sulit untuk dihilangkan. Usaha pemerintah biasanya hanya berkisar pada pengurangan dan pengendaliannya saja.

4 Dampak Inflasi

Setelah mengetahui apa itu inflasi maka Anda bisa melanjutkannya dengan mengetahui dampak dari inflasi. Berikut adalah daftar dari dampak inflasi yang biasa terjadi pada suatu negara.

1. Untung Dari Penjualan Akan Berkurang
Dampak pertama yang bisa dirasakan adalah berkurangnya untung dari penjualan. Dari inflasi yang terlampau rendah, maka untung dari penjualan juga bisa berkurang drastis. Salah satu contohnya adalah negara Jepang.

Jepang adalah negara yang memiliki tingkat konsumsi yang rendah. Dengan begitu maka harga barang yang dijual disanapun semakin turun. Namun hal tersebut tetap tak merubah tingkat konsumsi negara tersebut.

2. Suku Bunga Acuan Akan Menurun
Jika tadi untung dari penjualan bisa berkurang, maka kini suku bunga acuan bisa menurun. Bank sentral akan mengurangi suku bunga. Jika inflasi terlalu rendah maka biasanya masyarakat lebih mau menabung daripada menghabiskan uangnya untuk belanja.

Memang menabung adalah hal yang baik dan berguna. Namun jika terlalu banyak orang yang menabung maka perekonomian dari sebuah negara bisa terganggu. Apabila sudah seperti itu maka pemerintah memang harus turun tangan.

3. PHK Akan Banyak Terjadi
Dampak selanjutnya adalah PHK yang bisa terjadi di banyak dempak. Dengan tingkat konsumsi warganya yang rendah maka harga barangpun bisa menjadi turun. Jika harga barang sudah turun maka omzet penjualan secara otomatis akan turun pula. Sebuah perusahaan pastilah akan memikirkan keuntungan dan cara agar bertahan, maka dampak terbesarnya adalah PHK di banyak tempat.

4. Target Penjualan Tidak Tercapai
Dampak terakhir dari inflasi adalah tidak tercapainya target penjualan. Bagaimana bisa sebuah perusahaan memenuhi target penjualan apabila minat belanja masyarakat saja tidak ada? Permintaan akan sebuah barang dan uang yang beredar sudah pasti turun.

Mungkin bisa saja target terpenuhi. Namun target tersebut pasti sudah dikurangi dari sebelumnya. Jika seperti ini dibiarkan begitu saja maka ekonomi sudah di ambang batas.

Lihat lebih lengkap disini mengenai: Penyebab Inflasi

Cara Mengendalikan Inflasi

Salah satu cara mengendalikan inflasi adalah dengan melakukan kebijakan penetapan persediaan kas. Kebijakan ini berpusat pada Bank Sentral yang mengambil kebijakan pengurangan peredaran uang dengan membatasi persediaan uang kas di setiap bank. Dengan begitu maka inflasi maka bisa ditekan sedikit demi sedikit.

Selain itu ada pula kebijakan diskonto. Kebijakan ini adalah kebijakan dimana Bank Sentral menaikkan nilai suku bunga. Dengan kenaikan suku bunga maka keinginan masyarakat untuk menabung akan naik pula. Jadi uang yang beredar akan berkurang secara otomatis.

Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian inflasi, 4 dampak inflasi serta cara untuk mengendalikannya. Seperti yang sudah dijelaskan di salah satu dampaknya, apabila banyak pekerja yang di PHK maka tingkat pengangguran akan naik. Memang resiko ini adalah momok terbesar di masyarakat. Maka dari itu sebaiknya kita semua saling menjaga agar inflasi tidak terjadi di negara ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Dampak Inflasi, Nomor 3 Paling Mengenaskan Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel