Inilah Akibat Tsunami, Nomor 2 dan 4 Paling Mengerikan Jika Terjadi

Bencana alam merupakan sesuatu yang sulit untuk diprediksi. Tidak ada satupun yang bisa mengetahui kalau terjadi bencana. Entah itu bencana besar maupun bencana dengan skala kecil. Dari semua bencana alam, tsunami merupakan salah satu bencana yang paling banyak menelan korban jiwa dan kerugian materiil yang jumlahnya tidak sedikit. Terdapat beberapa akibat tsunami bagi kehidupan manusia. Karena itulah, berikut ini merupakan beberapa akibat tsunami yang wajib diketahui.

Apa itu Tsunami?

Kata tsunami berasal dari bahasa Jepang tsu dan nami yang memiliki arti ombak besar di pelabuhan. Secara keseluruhan tsunami yaitu perpindahan air di laut secara mendadak yang disebabkan oleh perubahan vertikal permukaan air laut. Pergerakan air tsunami tidak menentu dan bisa menyapu semua isi kota. Jadi tidak heran kalau setiap terjadi tsunami pasti banyak korban jiwa dan bangunan rata dengan tanah. Bahkan bisa jadi tidak ada yang tersisa.

4 Akibat Tsunami

1. Rusaknya Lahan Perikanan dan Pertanian
Gelombang besar tsunami bisa menyapu bersih semua yang dilintasinya termasuk lahan perikanan dan pertanian. Tanaman yang di tanam di ladang dipastikan rusak dan gagal panen. Begitu juga dengan tambak-tambak ikan, semua tersapu bersih dan tak ada ikan yang tersisa. Kerugian materil yang tidak sedikit akibat tsunami ini dipastikan tidak sedikit.

2. Kerusakan Ada Dimana-mana
Akibat tsunami yang terbesar adalah rusaknya bangunan. Seperti yang diketahui kalau tsunami dengan sekejap bisa meluluh lantakkan apapun yang dilewati termasuk bangunan-bangunan kokoh berharga milyaran. Kerusakan ini mengakibatkan kerugian materiil yang tidak sedikit. Semua harus dimulai lagi dari awal supaya tetap bisa kembali bertahan menjalani kehidupan. Tidak jarang tidak ada benda yang bisa dimanfaatkan kembali untuk membangun rumah.

3. Timbulnya Penyakit
Akibat selanjutnya adalah timbulnya berbagai macam penyakit. Saat gelombang laut merusak daratan maka air tersebut sekaligus membawa benda-benda kotor. Dan benda itulah yang menjadi media penyebaran penyakit. Belum lagi dengan mayat-mayat korban tsunami yang bergelimpangan membuat lingkungan menjadi tidak sehat. Ditambah lagi dengan masyarakat yang harus tinggal di barak pengungsian. Pasti dengan mudah terserang penyakit. Angin dari luar yang bisa dengan mudah masuk ke dalam tenda dan harus tidur di bawah dengan beralaskan tanah menjadi media yang mudah penyakit menyerang.

4. Banyak Korban Jiwa
Bukan lagi menjadi rahasia umum jika tsunami merupakan bencana alam yang mampu menelan korban jiwa ratusan hingga ribuan jiwa melayang. Hal ini karena tsunami tidak melihat apa yang dilewatinya. Semua benda dan manusia disapu olehnya dengan sangat mudah. Kesedihan karena kehilangan keluarga tercinta menjadi pemandangan yang menyedihkan saat tsunami melanda.

Contoh Daerah yang Terkena Tsunami

Sudah banyak terjadi tsunami di dunia dan yang diserang merupakan negara kepulauan. Salah satu wilayah yang pernah terkena tsunami adalah Aceh, Indonesia. Ribuan korban jiwa dan rusaknya semua bangunan di Aceh menjadi perhatian dunia. Dunia bersatu memberikan bantuan karena dahsyatnya efek tsunami juga bisa dirasakan di negara tetangga.

Tidak ada satupun manusia dan alat yang mampu membaca kapan terjadinya bencana alam termasuk tsunami. Persiapkan mental dan iman jika suatu saat terjadi bencana maka sudah siap. Perlu diketahui kalau akibat tsunami tidaklah sedikit. Bisa mencapai ratusan juta rupiah bahkan nyawa melayang. Teruslah beribadah supaya keimanan menyelamatkan Anda dari bencana yang tak ada satupun yang bisa memprediksinya.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Akibat Tsunami, Nomor 2 dan 4 Paling Mengerikan Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel