Akibat Tanah Longsor, Nomor 1 dan 2 Paling Bahaya Jika Terjadi

Indonesia merupakan salah satu negara yang berpotensi terjadi tanah longsor, hal itu disebabkan oleh beberapa ulah oknum masyarakat yang kurang peduli dengan keindahan alam dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar seperti pengerukan tanah yang berlebihan pada lereng gunung. Namun, ada faktor pendorong alami yang dapat menyebabkan terjadinya bencana longsor seperti perubahan iklim, tiupan angin yang selalu berganti arah, dan gaya tarik bumi pada lereng yang terlalu curam. Akibat tanah longsor tentu sangat berpengaruh terhadap orang-orang di sekitar tempat bencana tersebut.

Apa Arti Bencana Tanah Longsor?

Musibah tanah longsor merupakan suatu peristiwa alam dalam bidang geologi yang umumnya dipicu oleh pergerakan tanah berjenis apapun. Misalnya tipe jatuhnya batuan ataupun gumpalan dalam skala besar di tanah. Faktor yang dapat memicu longsor terjadi beragam, begitu juga dengan faktor pendorong munculnya reaksi gerakan tanah. Aktivitas-aktivitas penyebabnya bisa berupa turunnya hujan dengan intensitas air besar sehingga mempengaruhi kekuatan lereng dari tanah maupun batuan.

Akibat Tanah Longsor yang Paling Merugikan

Bencana pergerakan tanah ini terjadi karena perbandingan kekuatan antara gaya pendorong pada lereng umumnya lebih besar jika dibandingkan kuat tahan. Jika Anda perhatikan daerah-daerah yang telah mengalami longsor sebagian besar mempunyai sudut kemiringan yang besar. Agar tidak menjadi bencana alam yang lebih serius, perlu beberapa langkah pencegahan agar akibat tanah longsor tidak menimpa masyarakat sekitar. Apa saja yang akan dialami oleh wilayah tanah longsor? Simak empat poin berikut.

1. Kematian atau Korban Jiwa
Kejadian longsornya tanah selalu terjadi secara mendadak tanpa peringatan. Sulit memprediksi kapan longsor akan terjadi karena terkadang tidak tanah tidak menunjukkan gejala apapun sebelumnya. Korban jiwa adalah akibat terburuk dari beragam bencana alam yang terjadi termasuk tanah yang longsor. Proses ambruknya butiran-butiran tanah dan batuan ke bawah dari atas lereng terjadi sangat cepat sehingga warga yang bertempat tinggal di sekitar lereng tidak mempunyai kesempatan untuk menyelamatkan diri.

2. Hunian Hancur dan Tertimbun Tanah
Kerugian kedua adalah kerusakan tempat tinggal yang biasanya dialami oleh rumah-rumah yang mempunyai jarak dekat dengan lereng gunung. Jadi, sudah selayaknya terasering dibuat dengan kemiringan yang aman dari tanah longsor sehingga tidak ada kekhawatiran yang dirasakan warga sekitar terhadap musibah tersebut terutama saat memasuki musim hujan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, tanah longsor juga dapat terjadi pada musim kemarau karena pengaruh faktor angin, kemiringan, dsb.

3. Akses Wilayah Tertutup
Tanah yang turun ke bawah pastinya berjumlah banyak karena mampu merobohkan bangunan rumah dan konstruksi umum lainnya walaupun dibuat dengan pondasi yang kuat seperti cakar ayam akan menutup sementara wilayah tersebut. Sebelum ada tindakan pembersihan tanah, maka kemungkinan daerah tersebut akan terisolasi sementara waktu karena jalan tertutup tanah.

4. Terputusnya Aliran Air
Seperti bencana-bencana lainnya, hal paling menyusahkan korban bencana tanah longsor adalah keterbatasan air bersih. Penyebabnya adalah runtuhan tanah akan menutup penuh area di bawahnya termasuk saluran air. Akibatnya aliran air besar kemungkinan akan terputus dengan sendirinya.

Contoh Kerusakan Akibat Tanah Longsor

Tragedi tanah longsor merusak banyak bangunan tidak hanya rumah tinggal tetapi juga tempat ibadah, gedung sekolah, dan sarana umum lainnya. Menurut data yang ada, bencana ini sudah menelan banyak sekali korban jiwa & menyebabkan kerugian material yang besar.

Dari pembahasan di atas, kini Anda setidaknya mengetahui beberapa akibat tanah longsor yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sehingga sudah sepatutnya masyarakat sadar untuk menjaga kestabilan lingkungan dengan tindakan-tindakan pencegahan bencana yang dianjurkan.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akibat Tanah Longsor, Nomor 1 dan 2 Paling Bahaya Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel