Inilah Akibat Rotasi Bumi, Nomor 2 Sering Terjadi Setiap Hari

akibat rotasi bumi
Tahukah Anda jika alam ini tersusun dari kumpulan benda-benda langit yang saling berinteraksi satu sama lain? Ya, bumi bukanlah satu-satunya benda yang ada di jagat raya ini, ada planet-planet dan benda-benda lain yang ada di jagad raya yang kemudian membentuk interaksi dalam tata surya. Sebagai pusat kehidupan, bumi juga mengalami interaksi dengan benda langit lain. Salah satu interaksi yang memiliki peran penting bagi kehidupan di bumi adalah interaksi dengan matahari.

Interaksi bumi dengan matahari terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk diantaranya adalah rotasi. Adanya rotasi bumi terhadap matahari ini menimbulkan akibat pada kehidupan di bumi. Lantas apa saja akibat rotasi bumi terhadap matahari? Sebelum itu, berikut penyebab-akibat.com memberikan penjelasan lengkap tentang apa itu rotasi bumi.

Apa Itu Rotasi Bumi?

Dalam interaksi bumi, ada yang disebut dengan rotasi. Istilah rotasi sendiri mengacu pada pengertian perputaran suatu benda langit pada porosnya. Dengan begitu yang dimaksud rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya yang bergerak dari arah barat ke timur dengan kala atau waktu tertentu. Waktu perputaran atau rotasi bumi sendiri adalah 23 jam 56 menit 4.091 detik. Dengan begitu masa rotasi bumi ini kemudian dibulatkan menjadi 24 jam.

Akibat Rotasi Bumi

Terjadinya pergerakan bumi terhadap matahari ini akhirnya mengakibatkan banyak hal signifikan pada bumi. Beberapa akibat rotasi bumi yang bisa dirasakan adalah sebagai berikut.

1. Adanya Pasang Surut Air Laut
Salah satu akibat dari rotasi bumi adalah terjadinya pasang surut air laut. Pasang surut ini terjadi karena perbedaan kecepatan gravitasi. Hal tersebut timbul karena bentuk bumi yang tidak bulat sempurna ini membuat jarak permukaan di satu wilayah bumi dengan wilayah bumi lainnya terhadap inti bumi berbeda. Perbedaan jarak inilah yang membuat terjadinya percepatan gravitasi yang mengakibatkan terjadinya pasang surut air laut.

2. Terjadinya Siang dan Malam
Akibat rotasi bumi yang paling bisa dirasakan di bumi adalah terjadinya siang dan malam. Perputaran bumi pada porosnya mengakibatkan satu belahan bumi yang menghadap ke arah matahari mendapatkan sinar sehingga bagian bumi tersebut mengalami siang hari. Sedangkan bagian bumi lain yang tidak menghadap matahari dan tidak mendapat cahaya matahari yang cukup mengalami kondisi malam hari.

3. Terjadinya Perbedaan Waktu di Bumi
Perputaran bumi terhadap matahari pada porosnya juga mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu di bumi. Untuk menentukan waktu yang ada di berbagai wilayah di permukaan bumi ini menggunakan garis bujur sebagai dasar pembagian waktu. Letak suatu negara atau wilayah terhadap garis bujur nol derajat akan berpengaruh pada pembagian waktu wilayah atau negara tersebut.

4. Jetlag Ketika Bepergian dengan Pesawat
Keadaan yang juga sering dirasakan sebagai akibat rotasi bumi adalah merasakan jetlag saat bepergian dengan pesawat. Hal ini terutama timbul ketika Anda bepergian ke daerah yang searah dengan arah rotasi bumi, misalnya di kawasan Eropa. Saat berangkat dari Indonesia pada kondisi siang hari, lalu ketika sampai kondisi negara tujuan juga siang hari yang membuat tubuh harus menyesuaikan diri dengan kondisi siang lebih lama. Inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami jetlag.

Rotasi Bumi Bermanfaat Bagi Kehidupan di Bumi

Perputaran bumi terhadap matahari atau rotasi bumi tidak hanya menimbulkan akibat, namun juga memberikan manfaat bagi kehidupan di bumi. Sebut saja karena terjadinya siang dan malam, manusia di bumi juga bisa mengatur waktu dalam hidupnya. Dengan begitu, manusia bisa menentukan saat untuk beraktivitas dan saat untuk istirahat. Selain itu masih ada manfaat lain yang bisa dirasakan manusia dari adanya rotasi bumi.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang rotasi bumi dan akibat yang ditimbulkannya di bumi. Akibat rotasi bumi begitu banyak dirasakan di bumi. Dengan mengetahui akibat dari rotasi bumi, pengetahuan Anda tentang tata surya juga akan semakin bertambah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Akibat Rotasi Bumi, Nomor 2 Sering Terjadi Setiap Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel