Akibat Perang Dunia 2, Nomor 3 dan 5 Paling Menakutkan

Sudah bukan hal yang tabu lagi jika menyebut perang dunia 2 sebagai salah satu perang yang memiliki korban terbanyak. Perang tersebut menyisakan korban jiwa sebanyak 50 hingga 70 juta nyawa. Perang yang terjadi selama tahun 1939 sampai 1945 ini membuat pengaruh yang besar bagi dunia.

Selain dampaknya yang bisa dirasakan sampai sekarang, akibat perang dunia 2 juga tidak bisa dilupakan begitu saja. Akibat tersebut menyisakan luka tersendiri bagi mereka yang mengalaminya. Berikut ulasan https://www.penyebab-akibat.com/ secara lengkap.

Tokoh di Dalam Perang Dunia 2

Perang dunia 2 menyisakan banyak hal seperti misalnya jenderal yang tangguh di masanya. Dua contoh nyatanya adalah Henry Arnold dan Omar Bradley. Henry Arnold ialah seorang Jenderal Angkatan Darat dan Jenderal Angkatan Udara yang berasal dari Amerika Serikat.

Ia menjadi pilot militer pertama di dunia yang membawa kemenangan bagi Amerika dari lawannya. Sementara itu Omar Bradley adalah seorang Jenderal Amerika juga yang berperan penting di Pertempuran Bulge.

5 Akibat Perang Dunia 2

Setelah mengetahui tokoh yang berperan di perang dunia kedua, Anda juga harus mengetahui akibat perang dunia 2. Berikut daftar akibatnya yang paling terasa.

1. Lumpuhnya Perekonomian
Akibat utama dari perang dunia kedua adalah ekonomi menjadi lumpuh. Hampir seluruh negara di dunia mengalami kelumpuhan ekonomi. Hanya Amerika Serikatlah yang tak bergeming. Negara tersebut menjadi negara dengan pusat kekayaan serta kreditor semua negara.

2. Perang Dingin
Akibat selanjutnya yang dirasakan adalah terjadinya perang dingin atau cold war. Perang dingin tersebut terjadi sebagai akibat dari perebutan hegemoni dari dua negara yang saling bertentangan ideologi yaitu Rusia dan Amerika. Walaupun perang dingin telah berakhir sejak terpecahnya Rusia, namun perang dingin tersebut juga menimbulkan dampak buruk bagi rakyatnya.

3. Rasa Takut dan Trauma
Rasa takut dan trauma tidak bisa dilepaskan begitu saja dari korban perang dunia kedua. Bahkan setelah perang tersebut selesai, ketakutan masih terasa hingga bertahun-tahun selanjutnya. Anak-anak yang ditinggal mati keluarganya, rasa cemas akan kematian yang menghantui, serta masa depan negara yang terlibat sempat terancam.

4. Tanah, Bangunan, dan Layanan Publik yang Rusak
Kerusakan tersebut juga tak bisa dilepaskan dari perang dunia kedua. Sudah jelas jika negara yang bersaing disana akan menerima akibatnya. Tanah yang rusak, bangunan yang remuk, layanan publik yang terhambat membuat masyarakat menjadi menderita. Kebanyakan korbannya tidak terlalu peduli akan keadaan wilayah mereka tinggal selama mereka bisa bertahan hidup dan tidak kehilangan nyawa.

5. Kelaparan
Akibat selanjutnya adalah kelaparan. Korban perang dunia 2 akan mengalami kelaparan sebagai imbas dari naiknya harga bahan-bahan ekonomi. Kelaparan tersebut terjadi selama bertahun-tahun dan telah membunuh banyak orang.

Lihat lebih lengkap disini tentang: Penyebab Perang Dunia 2

Upaya untuk Menyelamatkan Korban Perang Dunia 2

Di balik semua akibat tersebut, nyatanya masih ada beberapa upaya untuk menyelamatkan korban perang dunia 2. Organisasi tersebut adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations Organization (UNO). Organisasi yang dibentuk di tanggal 24 Oktober 1945 berfokus dalam menjaga perdamaian dunia.

Selain itu muncul juga organisasi yang membantu menyelamatkan anak-anak korban perang dunia, pengungsi, dan membantu membangun kembali tanah yang rusak. Organisasi tersebut adalah United Nation Relief Rehabilitation Administration atau yang bisa disingkat dengan UNRRA.

Itulah tadi sekilas penjelasan tentang tokoh yang berperan di perang dunia 2, akibat perang dunia 2, serta upaya untuk menyelamatkan korbannya. Dengan adanya perang dunia baik yang pertama maupun kedua diharapkan bisa membuat manusia sadar akan pentingnya menjaga kedamaian.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akibat Perang Dunia 2, Nomor 3 dan 5 Paling Menakutkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel