Akibat Pencemaran Udara, Nomor 2 dan 4 Paling Bahaya Jika Terjadi

Isu pencemaran udara sudah menjadi topik pembahasan yang semakin marak diberitakan. Pencemaran udara yang semakin bertambah buruk dapat membawa pengaruh negatif bagi kehidupan manusia. Bahkan, akibat pencemaran udara telah menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang memiliki kesensitifan terhadap udara kotor maupun polusi udara seperti pada penderita alergi, asma, radang paru-paru dan penyakit yang menyerang alat pernafasan lainnya.

Oleh karena itu, beberapa waktu ini banyak pihak yang menyuarakan gerakan ramah lingkungan untuk mengurangi pencemaran udara yang semakin tidak terkendali. Berikut informasi tentang pencemaran udara lengkap dengan akibat yang ditimbulkannya bagi kehidupan manusia.

Apa itu Pencemaran Udara?

Pencemaran udara merupakan kondisi dimana adanya senyawa kimia atau polutan negatif seperti karbon monoksida, klorofluoro karbon, nitrogen yang berada di udara dengan jumlah banyak dan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan makhluk hidup dan mengganggu kenyamanan aktivitas kehidupan.

5 Akibat Pencemaran Udara

Pencemaran udara dapat mengganggu aktivitas keseharian manusia. Selain itu, masih banyak akibat pencemaran udara yang sangat merugikan manusia. Apa saja akibat dari pencemaran udara bagi manusia? Berikut penjelasannya.

1. Mengakibatkan Sesak Nafas
Pencemaran udara bisa menjadi salah satu pemicu kambuhnya penyakit pernafasan yang diderita oleh seseorang. Sesak nafas atau asma contohnya, seseorang dengan penyakit ini rentan terkena polusi udara seperti asap tebal, debu tebal, atau udara yang telah tercemar. Saat menghirup asap tebal penderita akan kesulitan bernafas dan membutuhkan oksigen untuk meredakannya.

2. Nyawa Melayang
Pencemaran udara bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup seseorang. Bagi seseorang yang memiliki radang paru-paru dan asma akut sangat sensitif pada udara tercemar. Penderita bisa kambuh kapan saja, dimana saja selama udara yang dihirup mengandung polutan berlebih. Pada saat kambuh dan mendapat penangan terlambat, bisa saja penderita asma akut tersebut kehilangan nyawanya.

3. Mengurangi Jarak Pandang
Asap menjadi salah satu jenis pencemaran udara yang paling sering ditemui, terutama di daerah kota-kota besar. Banyak sekali asap yang disebabkan kendaraan dan pabrik industri. Asap yang dihasilkan pun seringkali sangat tebal, sehingga dapat mengurangi jarak pandang masyarakat. Jarak pandang yang pendek tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, baik aktivitas berkendara di jalan raya maupun aktivitas pesawat udara di bandara.

4. Udara Kotor
Pencemaran udara menandakan adanya senyawa polutan yang merugikan manusia. Senyawa polutan ini menyebabkan udara di sekitar menjadi kotor dan berakibat buruk bagi kesehatan, bahkan dapat menimbulkan alergi dan sakit berkepanjangan.

5. Iritasi Kulit
Iritasi kulit merupakan salah satu akibat yang timbul karena alergi pencemaran udara. Iritasi kulit rawan sekali diderita oleh anak-anak, terutama yang masih balita dan bayi.

Terjadinya Pencemaran Udara di Lingkungan Sekitar

Pencemaran udara menjadi salah satu faktor yang terjadi akibat dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Namun, banyak sekali manusia yang tidak sadar bahwa kegiatan yang mereka lakukan menimbulkan akibat pencemaran udara. Hal tersebut sudah banyak ditemukan di Indonesia, seperti masyarakat yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, dibandingkan menggunakan kendaraan umum. Bahkan sekarang, banyak sekali pelajar yang memilih pergi ke sekolah menggunakan motor sendiri, dan menolak menaiki kendaraan umum.

Itulah uraian lengkap tentang pengertian pencemaran udara dan penyebabnya. Dengan mengetahui akibat pencemaran udara, diharapkan semua kalangan masyarakat dapat lebih peduli dengan kondisi lingkungan sekitar yang semakin tercemar oleh polutan dengan berusaha untuk tidak melakukan kegiatan yang tidak menimbulkan pencemaran udara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akibat Pencemaran Udara, Nomor 2 dan 4 Paling Bahaya Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel