Akibat Pencemaran Tanah, Nomor 2 dan 4 Paling Bahaya Jika Terjadi

Semakin hari kondisi bumi semakin memprihatinkan karena pencemaran yang semakin tak terkendali. Tidak hanya udara, pencemaran juga sudah menyerang berbagai unsur biotik alam lainnya seperti air dan tanah. Kali ini akan dibahas lebih dalam tentang pencemaran tanah dan akibat pencemaran tanah yang sering dirasakan oleh manusia.

Apa yang Dimaksud Pencemaran Tanah?

Pencemaran tanah saat ini menjadi isu lingkungan yang banyak menjadi perhatian masyarakat dan pemerhati lingkungan. Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan istilah pencemaran tanah. Yang dimaksud dengan pencemaran tanah adalah kondisi dimana tanah sudah terkontaminasi oleh benda-benda atau material baik yang bersifat kimia, biologis, maupun fisik.

Benda-benda inilah yang membuat struktur tanah menjadi rusak dan mengakibatkan banyak hal negatif pada lingkungan dan sekitarnya. Sadar atau tidak pencemaran tanah ini lebih banyak terjadi karena ulah tidak bertanggung jawab dari manusia. Lantas apa saja akibat pencemaran tanah yang dirasakan secara langsung oleh manusia?

4 Akibat Pencemaran Tanah bagi Kehidupan

Ada beberapa akibat pencemaran tanah yang secara tidak sadar bisa memberikan pengaruh buruh bagi manusia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Semakin Banyak Tanaman yang Tidak Aman untuk Dikonsumsi
Tanah sebagai media tempat tumbuhan berkembang tentu menjadi unsur penting bagi kelangsungan hidupnya. Jika media tumbuhnya saja sudah tercemar, maka tanaman juga tidak akan lagi memiliki media untuk tumbuh dan berkembang. Jikapun tanaman bisa tumbuh, produk dari tanaman tersebut tidak dijamin keamanannya untuk dikonsumsi.

2. Pengidap Penyakit Mematikan Terus Meningkat
Zat-zat berbahaya yang mencemari tanah tentu bisa memberikan akibat yang lebih besar terutama bagi manusia yang mengonsumsi produk yang berasal dari tanah tersebut. Salah satunya adalah semakin maraknya penderita kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Zat-zat berbahaya yang terus tertimbun di dalam tubuh inilah yang lama-kelamaan bisa memicu timbulnya kanker.

3. Maraknya Bencana Alam Tanah Longsor
Akibat lain yang juga dirasakan manusia akibat kerusakan tanah adalah terjadinya tanah longsor. Ketika tanah sudah mulai tercemar, unsur hara yang menjadi komponen perekat di dalam tanah juga akan turut hilang. Karena itulah tanah yang sudah tercemar oleh zat-zat kimia jadi cenderung lebih mudah longsor.

4. Tanah Menjadi Lebih Tandus
Akibat terakhir dari pencemaran tanah yang terus terjadi adalah tanah yang lebih tandus. Hilangnya unsur hara tanah tidak membuat tanah menjadi tidak lagi subur. Jika terus dibiarkan bahkan bisa membuatnya tandus.

Contoh Peristiwa Pencemaran Tanah

Jika berbicara tentang pencemaran tanah, sudah banyak contoh dan akibat pencemaran ini di Indonesia. Contoh paling sederhana misalnya di daerah atau area pabrik biasanya jarang dijumpai tanaman yang hidup. Hal ini membuktikan jika pencemaran tanah bisa mengakibatkan tanah menjadi tandus dan tidak lagi subur. Jikapun ada tanaman yang hidup di daerah industri ini, maka sudah bisa dipastikan tanaman-tanaman tersebut tidak bisa dikonsumsi karena bisa membahayakan kesehatan.

Sebagai makhluk hidup yang banyak bergantung pada alam, manusia harus bisa menjaga kelestarian alamnya untuk mempertahankan kehidupannya. Sayangnya, semakin hari kerusakan alam semakin tak terkontrol karena ulah manusia sendiri. Kebiasaan manusia yang membuang limbah sembarangan akhirnya menyebabkan tanah dan unsur alam lainnya menjadi tercemar oleh bahan-bahan kimia berbahaya. Dengan mengetahui penyebab dan akibat pencemaran tanah, manusia diharapkan juga bisa bersikap lebih bijak untuk menjaga kelestarian alamnya, termasuk di dalamnya tanah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akibat Pencemaran Tanah, Nomor 2 dan 4 Paling Bahaya Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel