Akibat Pencemaran Air, Nomor 1 dan 3 Paling Bahaya Jika Terjadi

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup. Tidak hanya manusia saja yang membutuhkannya, namun juga makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Karena fungsinya yang sangat besar tersebut, maka tidak heran jika air sangatlah berarti.

Namun, di zaman modern seperti ini terkadang manusia melakukan banyak hal dan mengorbankan hal lain guna kepentingan pribadi. Tak jarang beberapa zat dari alampun dikorbankan, salah satunya adalah air. Air terkadang menjadi korban dengan dicemari oleh beberapa zat kimia. Akibat pencemaran air itulah maka bisa membahayakan makhluk hidup.

Sumber Pencemaran Air

Terdapat beberapa polutan yang bisa memicu pencemaran air yang tentu saja bisa memicu banyak penyakit berbahaya. Beberapa sumber pencemaran air antara lain limbah pertanian baik skala besar maupun kecil, limbah rumah tangga seperti sampah, limbah industri pabrik, serta banyak sumber lainnya. Sebagian besar limbah-limbah tersebut sulit terurai dan memiliki kandungan radioaktif yang tinggi.

3 Akibat Pencemaran Air

Akibat dari pencemaran air tidak bisa diremehkan begitu saja. Jika didiamkan maka akibat tersebut bisa terus menerus mengganggu manusia dan makhluk hidup lainnya. Tahukah Anda apa saja akibat yang ditimbulkan dari pencemaran air? Inilah 4 daftarnya.

1. Berkurangnya Sumber Air Bersih
Bayangkan jika Anda makan, minum, mencuci, dan membersihkan diri dengan menggunakan air kotor? Yang ada di pikiran Anda pastilah rasa risih dan kekhawatiran akan kesehatan diri sendiri. Dan seperti itulah yang sebenarnya terjadi. Anda bisa saja kekurangan sumber air bersih dan nantinya  air yang tercemarlah yang akan dikonsumsi. Jika sudah seperti itu maka akibat lain pasti akan berdatangan satu persatu.

2. Resiko Terkena Penyakit
Masih berkaitan dengan poin kedua, dengan berkurangnya air bersih maka resiko berkembangnya penyakit bisa saja terjadi. Jika Anda mengonsumsi atau menggunakan air yang tidak bersih secara terus menerus maka beberapa penyakit bisa saja hadir. Mulai dari penyakit pencernaan, pernapasan, penyakit kulit, hingga yang paling berbahaya adalah penyakit kanker. Bahkan ada pula resiko bayi lahir dengan cacat jika ibu hamil menggunakan air yang tercemar tersebut terus menerus.

3. Terbunuhnya Hewan dan Tumbuhan
Akibat pencemaran air yang terakhir berkaitan dengan hewan dan tumbuhan. Akibat yang satu ini terjadi apabila pencemaran airnya memakai pestisida. Pestisida terkenal akan kegunaanya untuk membunuh hama. Akan tetapi jika digunakan secara berlebihan maka ia akan membunuh hewan dan tumbuhan secara tidak langsung. Hal ini tentu saja sangat merugikan karena hewan atau tumbuhan tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Jika salah satunya menghilang maka ekosistem bisa saja terganggu.

Cara Mencegah Terjadinya Pencemaran Air

Setelah mengetahui akibatnya maka sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk mengetahui cara pencegahannya. Salah satu pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghemat air. Cara ini terbilang sederhana namun masih sulit dilakukan banyak orang. Padahal dengan menghemat air Anda bisa membantu terjadinya pencemaran.

Itulah sedikit ulasan mengenai akibat pencemaran air dan cara pencegahannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan tingkat pemakaian yang sedikit maka tingkat pencemaran air bisa ditekan. Dengan begitu maka ketersediaan air bisa bertahan hingga anak cucu nanti. Dan melalui cara itulah Anda bisa peduli terhadap lingkungan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akibat Pencemaran Air, Nomor 1 dan 3 Paling Bahaya Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel