Akibat Pemanasan Global, Nomor 1 Jika Terjadi Sangat Berbahaya

Pemanasan global menjadi isu penting di tingkat internasional. Bagaimana tidak, dengan dampak dan akibatnya yang mengancam bumi menjadikan pemanasan global menjadi hal yang patut untuk dicermati. Akibat pemanasan global tersebut bahkan bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau tahunan (lihat juga penyebab pemanasan global). Berikut ulasan mendalamnya.

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global atau yang sering disebut sebagai global warming adalah suatu kondisi kenaikan suhu udara di bumi dari suhu rata-ratanya. Pemanasan tersebut bahkan dapat membuat suhu bumi meningkat di titik panas waspada. Karena adanya kondisi tersebut maka dewasa ini banyak terdapat kampanye untuk mengurangi global warming di berbagai negara.

Terdapat organisasi khusus yang membahas tentang global warming, seperti misalnya Greenpeace. Selain itu, ada juga hukum internasional yang mengatur jumlah maksimal pembuangan emisi yang diperbolehkan. Itu semua terjadi karena tingkat keparahan pemanasan global yang semakin hari semakin bertambah.

4 Akibat Pemanasan Global

Beberapa akibat pemanasan global tersebut dirasakan ketika manusia menyadari keanehan pada pola lingkungan hidup mereka. Inilah akibat pemanasan global yang bisa mengancam keselamatan makhluk hidup.

1. Lingkungan Jadi Rusak
Meskipun lingkungan termasuk dalam benda mati, namun kerusakannya juga bisa berdampak buruk bagi manusia. Akibat dari pemanasan global yang parah dan terjadi secara terus menerus bisa membuat lingkungan menjadi rusak. Misalnya saja kenaikan suhu di daerah pegunungan, ataupun terjadinya kekeringan parah yang membuat tumbuh-tumbuhan mati. Jika dibiarkan dan tak ada penanganan sama sekali maka manusia bisa saja kehilangan sumber makanan mereka. Jika sudah seperti itu maka mau tak mau manusia harus menerima akibatnya.

2. Pola Hidup Makhluk Hidup Berubah
Makhluk hidup yang dimaksud disini adalah semuanya, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Perilaku makhluk hidup bisa berubah secara tidak langsung. Untuk manusia, jika mereka tidak bisa menerima akibat pemanasan global dan melakukan usaha apapun untuk menanggulanginya, maka mereka bisa saja bertindak di luar batas wajar. Misalnya anarkis ataupun saling menghancurkan untuk mendapat apa yang mereka butuhkan. Sedangkan bagi hewan, jika suhu tempat yang ditinggali naik maka mereka bisa saja melakukan migrasi ke wilayah yang lebih dingin. Dan untuk tumbuhan, tumbuhan bisa saja mati akibat kenaikan suhu tersebut.

3. Timbulnya Penyakit
Akibat selanjutnya yang bisa dirasakan manusia adalah timbulnya penyakit. Virus-virus bisa bermunculan dan menyerang syaraf. Penyakit yang berasal dari binatang juga bisa menyerang manusia sebagai contohnya adalah nyamuk. Penyakit yang biasanya dialami manusia antara lain malaria, demam berdarah, gangguan kardiovaskular, stroke, maupun stress berkepanjangan.

4. Menurunnya Produksi Pertanian
Akibat lain yang bisa dirasakan adalah menurunnya produksi pertanian. Karena tidak stabilnya iklim yang membuat musim tidak bisa diprediksi maka bisa memengaruhi hasil pertanian. Jika wilayah tersebut mengalami masa kekeringan parah, maka musim tanam akan jadi singkat dan membuat hasil pertanian tidak sebanyak biasanya. Bahkan penurunannya bisa mencapai 4% di setiap musim panen (lihat juga: penyebab gempa bumi).

Solusi untuk Mengurangi Pemanasan Global

Meskipun akibatnya begitu mengerikan, namun masih ada solusi yang bisa dicoba untuk mengurangi global warming. Anda bisa menguranginya dengan cara membatasi penggunaan bahan bakar fosil, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor secara berlebihan, dan juga mengurangi efek rumah kaca. Anda juga bisa merancang sendiri sistem peternakan ataupun pertanian sehingga bisa mengurangi pemakaian pupuk dan mengurangi produksi gas metana yang tidak ramah lingkungan.

Demikian sekilas informasi mengenai pengertian, akibat pemanasan global, serta solusi untuk menguranginya. Sebagai langkah sederhana, selalu peduli akan lingkungan adalah kuncinya. Anda bisa menghindari penebangan pohon dan lakukan reboisasi demi keberlangsungan hidup semua makhluk.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akibat Pemanasan Global, Nomor 1 Jika Terjadi Sangat Berbahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel