Akibat Gempa Bumi, Nomor 1 dan 2 Paling Sering Terjadi

Akhir-akhir ini Indonesia dihebohkan dengan bencana alam gempa bumi. Salah satu contohnya adalah gempa bumi di Lombok dan Palu. Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang membawa banyak akibat di masyarakat.

Ratusan bahkan ribuan nyawa bisa melayang begitu saja akibat bencana tersebut. Semakin besar gempa yang terjadi, maka semakin banyak pula akibat gempa bumi yang harus diterima warga sekitar. Berikut ulasan detail yang diberikan oleh portal Penyebab Akibat Com untuk Anda.

Pengertian dan Jenis Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan suatu fenomena pergerakan lapisan batuan yang asalnya dari dasar permukaan bumi. Terdapat  4 jenis gempa bumi yang masing-masing memiliki ciri khasnya. Jenis tersebut antara lain gempa bumi vulkanik, gempa bumi tektonik, gempa bumi buatan, serta gempa bumi reruntuhan.

4 Akibat Gempa Bumi

Gempa bumi tidak hanya meninggalkan dampak yang mengganggu banyak masyarakat, tetapi juga akibat yang ditimbulkannya. Bencana alam ini setidaknya memiliki 4 akibat yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Berikut rinciannya.

1. Bangunan Hancur
Akibat gempa bumi yang pertama adalah bangunan yang hancur. Bangunan yang berada di atas permukaan bumi bisa hancur lebur seketika akibat getaran dari gempa. Karena gelombang tersebut, berbagai macam bangunan mulai dari rumah, perkantoran, tempat olahraga, sekolah, kampus, hingga rumah ibadah bisa rusak. Tingkat kerusakan bisa bergantung dari ukuran gempa itu sendiri. Selain itu jarak sumber titik gempa dan tingkat kekuatan konstruksi bangunan juga bisa memengaruhinya. Karena itulah di zaman modern seperti ini telah ada beberapa negara yang menekankan bangunan anti gempa saat membangun rumah mereka.

2. Jatuhnya Korban Jiwa
Korban jiwa merupakan akibat lain yang tidak bisa dipisahkan. Korban jiwa tersebut bisa berasal dari korban yang tertimbun bangunan, terbawa air dari tsunami, luka-luka akibat saling tabrak saat kepanikan terjadi, hingga kelaparan yang bisa mematikan sebagian besar dari mereka. Korban tersebut bisa berjumlah satuan, puluhan, hingga yang paling parah mencapai ratusan ribu orang.

3. Terserang Wabah Penyakit
Masih berkaitan dengan poin kedua, akibat gempa bumi selanjutnya adalah terserangnya wabah penyakit di tempat pengungsian. Wabah penyakit tersebut biasanya berasal dari sulitnya mendapatkan akses air bersih. Air yang ada di wilayah yang terkena gempa bisa saja tercemar bakteri sehingga bisa menimbulkan penyakit berbahaya. Karena sanitasi yang buruk tersebut, kebersihanpun menjadi tidak terjaga. Beberapa wabah penyakit yang bisa terjadi antara lain TBC, demam berdarah, diare, flu, sesak napas, serta demam.

4. Lingkungan Rusak
Akibat terakhir dari gempa bumi yaitu rusaknya lingkungan hidup manusia. Ruang publik yang semula bisa diakses dengan mudah kini menjadi lumpuh karena rusak. Dan juga lapisan struktur tanah bisa terkikis Karena struktur tanah yang rusak maka banyak berdampak buruk, salah satunya di segi ekosistem terumbu karang dan menyebabkan pencemaran tanah.

Lihat juga disini tentang: Penyebab Gempa Bumi

Cara Mengukur Gempa Bumi

Alat yang digunakan untuk mengukur gempa bumi adalah seismograf. Bisa juga dinamakan dengan seismometer. Seismograf tersebut bisa mengukur dan mencatat segala jenis getaran gempa. Selain itu, kecepatan rambat gempa juga bisa diketahui.

Sedangkan skala untuk mengukur kekuatan bencana alam tersebut dinamakan dengan Skala Richter. Sebenarnya terdapat beberapa skala yang bisa digunakan seperti misalnya Skala Omori, Skala Cancani, serta Skala Mercalli, namun hingga saat ini Skala Richterlah yang paling sering dipakai.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian gempa bumi, akibat gempa bumi, serta cara untuk mengukurnya. Akibat tersebut memang merugikan manusia, namun dengan begitu bukan berarti tidak ada cara untuk mencegahnya. Peduli terhadap lingkungan bisa menjadi langkah awal Anda untuk mencegahnya.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Akibat Gempa Bumi, Nomor 1 dan 2 Paling Sering Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel