Inilah Akibat Banjir, Nomor 1 Paling Berbahaya Jika Terjadi

Melihat data bencana setiap tahunnya, banjir merupakan salah satu musibah yang belum mendapatkan solusi terbaik. Meskipun pelebaran saluran pembuangan, pembersihan sampah di gorong-gorong sudah sering dilakukan oleh beberapa pihak terutama kelompok yang peduli lingkungan, tetapi belum bisa mencegah genangan air rob secara maksimal ketika hujan lebat datang ke daerah-daerah tertentu.

Banjir sering kali datang di musim hujan ke wilayah yang lebih rendah, tetapi ada pula kiriman air bandang dari dataran tinggi karena penebangan pohon yang tidak terkendali. Banyak sekali kerusakan lingkungan yang muncul akibat banjir dari mulai tingkat ringan sampai rusak parah (lihat disini mengenai penyebab banjir).

Apa yang Dimaksud Musibah Banjir?

Banjir merupakan musibah yang sering menghampiri banyak daerah di Indonesia dengan intensitas yang berbeda. Jika berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, banjir diartikan berair banyak & deras, kadang juga meluap. Penyebabnya adalah kapasitas penampung air seperti sungai, danau, saluran air sudah penuh tetapi debit air yang mengalir ke daerah tersebut terus bertambah sehingga otomatis sudah tidak bisa ditampung lagi.

Apa Saja Kerugian Masyarakat Akibat Banjir?

Sebagaimana bencana alam lainnya, masyarakat harus menerima banyak kerugian akibat banjir yang datang secara tiba-tiba tapi rutin datang setiap tahunnya. Seperti yang Anda ketahui, setiap bencana pasti akan mengakibatkan beberapa hal terganggu seperti aktivitas bekerja, sarana lingkungan, sampai kerusakan rumah tinggal. Lalu, apa saja akibat banjir? Simak uraian lengkapnya berikut.

1. Jatuhnya Korban Jiwa
Jika air genangan masih memungkinkan warga beraktivitas memang tidak terlalu membahayakan untuk orang dewasa, tetapi jagalah anak-anak Anda yang masih balita agar tidak terbawa arus. Faktanya, jumlah korban terus bertambah ketika debit air terus meningkat dan hujan yang mengguyur daerah tersebut tidak kunjung reda akibat arus deras.

2. Lantai Rumah Penuh Lumpur
Ketika musibah air rob kiriman datang, Anda akan dihadapkan dengan tambahan pekerjaan rumah yaitu menyapu lumpur-lumpur yang masuk ke hunian. Ketika rumah Anda terkena banjir, sebaiknya lebih berhati-hati melakukan kegiatan karena jalan yang tergenang air otomatis menyulitkan mata untuk mengidentifikasi adanya benda tajam ataupun binatang air berbahaya. Selain itu, beberapa barang menjadi basah sehingga Anda harus menyiapkan tenaga ekstra membersihkannya saat air mulai surut.

3. Pemadaman Listrik
Aliran listrik bisa jadi akan dimatikan oleh pihak PLN akibat banjir dan hujan yang terus berlangsung disertai dengan petir. Hal lainnya yang mengakibatkan listrik mati yaitu pohon-pohon yang tumbang atau menimpa kabel & tiang-tiang listrik sehingga perlu menunggu situasi membaik untuk melakukan perbaikan.

4. Melumpuhkan Akses Jalan
Luapan air yang tidak terkendali saat banjir datang sudah pasti akan menggenangi jalan raya sehingga membuat banyak transportasi umum tidak mungkin dioperasikan. Hal tersebut tentu menghambat perjalanan warga ke kantor.

Contoh Kerusakan Fasilitas Umum Akibat Banjir Bandang

Mungkin banyak pihak menganggap jika bencana banjir yang datang di waktu-waktu tertentu adalah bencana musiman yang dianggap biasa. Tetapi, beberapa contoh menggambarkan situasi yang lebih buruk ketika hujan tidak kunjung reda seperti rumah-rumah warga yang hanyut dan banyaknya pencemaran air.

Meskipun kerusakan banjir dapat dihindari dengan cara mendirikan camp pengungsian yang jauh dari kolam penampung air. Namun, biasanya masih banyak warga yang lebih memilih menetap & beraktivitas di daerah langganan banjir tersebut. Untuk menghindari akibat banjir yang lebih fatal, kesadaran masyarakat untuk tidak menebang pohon & membuang sampah ke aliran sungai harus terus diedukasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Akibat Banjir, Nomor 1 Paling Berbahaya Jika Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel