Berbagai Penyebab Tanah Longsor, Nomor 1 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab tanah longsor

Fenomena alam memang tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada kejadian yang bisa menyebabkan manusia terpana lantaran tidak bisa diprediksi. Salah satunya adalah tanah longsor. Indonesia sendiri amat sangat berpotensi dalam hal mengalami tanah longsor ini. Penyebab tanah longsor pada umumnya terjadi ketika musim hujan tiba. Itulah mengapa Anda harus senantiasa waspada dan hati-hati mengingat kejadian ini bisa terjadi kapan saja.

Apa itu Tanah Longsor?

Hampir semua wilayah Indonesia seolah pernah merasakan seperti apa berbahayanya tanah longsor. Baik tanah longsor skala kecil atau skala besar, semuanya berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Tanah longsor sendiri didefinisikan sebagai peristiwa geologi yang bisa terjadi karena adanya pergerakan massa dari batuan atau tanah dengan ragam tipe dan jenis tanahnya. Jatuhnya pun bisa bebatuan, gumpalan tanah besar atau lainnya.

Penyebab Tanah Longsor yang Wajib Diwaspadai

Saat ini Indonesia sudah mulai masuk ke musim-musim penghujan. Tentu Anda wajib untuk terus waspada jika sewaktu-waktu terjadi tanah longsor ini. Ternyata berikut ini beberapa penyebab tanah longsor yang harus diwaspadai:

1. Erosi Tanah
Penyebab yang pertama adalah karena erosi tanah. Sebetulnya penyebab adanya erosi tanah ini bisa terjadi lantaran berbagai macam hal. Beberapa penyebab umumnya misalnya aliran air yang deras, sungai hingga gelombang laut. Erosi tanah mampu menyerang bagian dari kaki lereng sehingga menjadikannya curam. Saat dibiarkan terus menerus, maka tanah longsor pun kemudian bisa terjadi. Hal ini mengingat tidak adanya penopang kuat pada bagian kaki lereng.

2. Gempa Bumi
Penyebab lain dari tanah longsor adalah karena adanya gempa bumi. Gempa bumi sendiri didefinisikan sebagai getaran yang ada di bumi ataupun tanah. Getarannya saat gempa bumi ini bisa terjadi mulai dari getaran kecil sampai kepada getaran yang kuat sekalipun (lihat akibat gempa bumi). Saat terjadi getaran yang ada di dalam bumi ini, maka bisa timbulkan tekanan di partikel mineral dan juga bidang lemah di massa batuan dan juga tanah. Dengan adanya hal ini maka bisa mengakibatkan lereng menjadi longsor.

3. Gunung Meletus
Gunung meletus pun juga bisa jadi sebab munculnya tanah longsor. Saat gunung meletus, maka getaran bisa timbul dimana dapat memicu tanah longsor terjadi. Selain itu, gunung berapi meletus ataupun erupsi pun mengeluarkan material misalnya debu hingga lahar dingin. Jika materialnya bertumpuk terlalu berat, kemungkinan tanah ataupun lereng yang menopang pun tak akan kuat sehingga sebabkan tanah longsor terjadi.

4. Getaran
Getaran yang dimaksud di sini bukan getaran karena gempa bumi, tapi karena hal lainnya. Selain dari gempa dan gunung meletus, getaran pun bisa terjadi karena lalu lintas, mesin hingga pemakaian bahan peledak dan juga efek dari petir. Jika penyebab sebelumnya cenderung karena fenomena alam, maka gempa bumi pun sebetulnya juga bisa disebabkan karena perilaku manusia.

Contoh Jenis Tanah Longsor

Kejadian tanah longsor sebetulnya mudah sekali dipastikan jika didasarkan dari definisinya. Meski demikian, ada beberapa jenis tanah longsor yang kerap terjadi. Beberapa jenisnya seperti longsoran translasi yang bentuknya landai bergelombang, pergerakan blok dimana merupakan pergerakan batuan hingga longsoran rotasi yang pergerakan tanahnya berbentuk cekung. Selain itu ada juga jenis runtuhan batu, rayapan tanah hingga aliran bahan rombakan.

Itulah sekilas mengenai penyebab tanah longsor, pengertian dan beberapa jenis tanah longsor. Pastikan untuk selalu waspada kala musim penghujan tiba karena longsor bisa terjadi di berbagai medan wilayah yang potensial.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Tanah Longsor, Nomor 1 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel