Berbagai Penyebab Perang Suriah, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama Terjadinya

penyebab perang suriah

Perang tidak hanya terjadi di masa lalu dengan timbulnya peristiwa bersejarah seperti perang dunia 1 dan perang dunia 2. Di masa modern seperti saat ini pun perang masih terjadi. Salah satu yang saat ini menjadi perbincangan dunia adalah Perang Suriah. Konflik yang sudah terjadi selama bertahun-tahun ini pun sudah banyak menimbulkan korban jiwa dari orang-orang yang tidak bersalah. Penyebab perang Suriah sendiri berasal dari dalam negeri itu yang kemudian semakin meluas hingga menyebabkan perang.

Lihat juga: Dampak Pemanasan Global

Apa Itu Perang Suriah?

Jika berbicara tentang Suriah, yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah perang saudara yang turut mendapatkan intervensi dari pihak internasional. Intervensi itu di satu sisi bisa membantu meredakan konflik yang berkepanjangan, namun di sisi lain justru memperparah kondisi politik di Suriah dan semakin memperparah pula konflik yang terjadi di dalamnya. Perang yang timbul sejak tahun 2011 itu bahkan belum mendapatkan titik temu hingga saat ini. Lantas apa yang menjadi penyebab perang Suriah ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

Faktor Penyebab Terjadinya Perang Suriah

Ada banyak hal yang menjadi penyebab perang Suriah berawal dan tetap terjadi hingga sekarang. Ditambah lagi dengan banyaknya intervensi dari pihak lain yang membuat konflik ini tak berujung. Beberapa penyebab diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kekeringan Berkepanjangan 
Sejak tahun 2006-2011, Suriah mengalami bencana kekeringan yang menimbulkan banyak hewan ternak mati dan lahan pertanian mengalami gagal panen. Sebanyak 1 juta orang harus kehilangan lahan pertaniannya dan bahkan banyak orang yang harus melakukan pengeboran secara ilegal hanya untuk mendapatkan air bersih.

2. Penyiksaan Terhadap Pemuda yang Melakukan Demonstrasi
Dampak dari bencana kekeringan di Suriah yang begitu besar tak juga membuat presiden yang saat itu berkuasa turun tangan untuk mengatasinya. Hal tersebut kemudian membuat para pemuda melakukan aksi protes. Sayangnya bukannya mendapat respon positif, tindakan tersebut justru membawa 15 orang yang melakukan aksi protes mendapatkan penyiksaan dari pihak pemerintah.

3. Konflik yang Terjadi Semakin Berkembang dan Menjadi Konflik Sipil
Pemerintah Suriah ingin menyingkirkan pihak oposisi yang menentang kebijakan pemerintah. Sayangnya, pemerintah justru tidak peduli apakah kelompok-kelompok yang disingkirkan itu masuk dalam kelompok pemberontak ataukah hanya warga sipil biasa. Presiden saat itu juga mencoba untuk konflik yang pada awalnya adalah konflik antara pemerintah dan rakyat menjadi konflik antar agama.

4. Konflik Semakin Berkembang Hingga Membuat Suriah Terpecah
Yang membuat konflik Suriah semakin berkepanjangan adalah terpecahnya Suriah menjadi 4 pihak sejak tahun 2014. Semakin banyak pihak yang terlibat dalam konflik Suriah, semakin banyak pula pelanggaran HAM yang terjadi disana hingga membuat konflik ini terus terjadi.

Lihat juga: Penyebab Pencemaran Udara

Kondisi Suriah Saat Ini

Keadaan di Suriah adalah contoh perang yang terjadi tanpa memikirkan faktor kemanusiaan. Sama halnya dengan perang yang terjadi di jaman dahulu seperti Perang Dunia 1 dan 2, Perang Suriah juga membawa pengaruh signifikan bagi penduduknya. Trauma dan kerusakan fisik terjadi dimana-mana hingga terjadinya pelanggaran HAM tak berkesudahan di Suriah.

Dimanapun terjadinya, perang selalu memberikan dampak terhadap korban, yang bahkan tidak berpartisipasi dalam perang tersebut. Seperti halnya juga yang terjadi pada Suriah. Penyebab perang Suriah yang awalnya merupakan aksi protes atas kebijakan pemerintah terus berkembang menjadi konflik berdarah yang tidak berkesudahan hingga timbulnya pelanggaran HAM. Semoga informasi di atas memberikan gambaran lebih jelas tentang apa yang terjadi di Suriah saat ini.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Perang Suriah, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utama Terjadinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel