Berbagai Penyebab Perang Dunia 2, Nomor 3 dan 4 adalah Faktor Utamanya

penyebab perang dunia 2

Perang Dunia 2, jika menyebutkan peristiwa satu ini mungkin beberapa orang akan mengaitkan pada sejarah dunia bahkan sejarah Indonesia. Ya, sebab terjadinya perang dunia 2 juga turut membawa perubahan sejarah pada negara Indonesia. Sama seperti perang dunia 1, penyebab perang dunia 2 juga beragam. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang perang dunia 2 dan dampaknya pada negara lain yang tidak ikut berperang.

Lihat juga: Dampak Inflasi

Perang Dunia 2, Perang Terbesar dengan Dampak yang Besar

Perang dunia 2 sendiri terjadi tepat pada tanggal 1 September 1939. Sama seperti perang dunia 1, perang ini juga melibatkan banyak negara, namun kali ini tidak hanya negara-negara Eropa saja, bahkan negara Asia pun terlibat di dalamnya. Salah satu efek timbulnya perang dunia 1 misalnya adalah munculnya Liga Bangsa-Bangsa yang diharapkan bisa menjaga perdamaian antara anggotanya pun gagal melaksanakan tugas. Hingga kemudian terjadi serangan dari Italia ke Ethiopia dan diikuti serangan-serangan lain setelanya. Ini jugalah yang kemudian menjadi penyebab perang dunia 2 pecah.

Penyebab Perang Dunia 2 Pecah

Sebenarnya masih ada banyak faktor lain yang menyebabkan pecahnya perang dunia 2. Sama seperti perang dunia 1, penyebab perang dunia 2 juga digolongkan ke dalam penyebab umum dan penyebab khusus. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kegagalan LBB dalam Menjalankan Tugasnya
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, LBB (Liga Bangsa-Bangsa) adalah lembaga yang memiliki tugas untuk menjaga perdamaian dunia. sayangnya, lembaga ini gagal menjalankan tugasnya saat terjadi serangan dari Italia terhadap Etiopia. Karena kegagalan ini, negara-negara lain kemudian akhirnya ikut melakukan serangan hingga akhirnya perang dunia 2 pun pecah.

2. Adanya Politik Balas Dendam
Penyebab kedua masih berkaitan dengan penyebab pertama sebelumnya. Gagalnya LBB dalam menjalankan tugasnya kemudian dimanfaatkan oleh negara-negara yang mengalami kekalahan pada perang dunia 1 sebelumnya untuk melaksanakan balas dendam. Inilah yang dinamakan politik balas dendam.

3. Adanya Politik Mencari Sekutu
Masih sama dengan perang dunia sebelumnya, politik mencari sekutu atau politik aliansi juga menjadi penyebab terbesar timbulnya perang dunia kedua ini. Bedanya kali ini yang terbentuk adalah Blok fasis yang terdiri dari Jerman, Jepang dan Italia serta blok sekutu yang terdiri dari Blok demokrasi dan blok Komunis dengan beberapa negara yang tergabung di dalamnya.

4. Serangan Jepang Terhadap Pangkalan Laut Amerika Serikat
Sudah dijelaskan sebelumnya jika perang dunia 2 ini tidak hanya melibatkan negara-negara di Eropa saja, namun negara-negara di kawasan Pasifik, salah satu yang terlibat adalah Jepang. Munculnya perang dunia 2 di kawasan Pasifik salah satunya adalah karena adanya serangan dari Jepang ke pangkalan laut Amerika Serikat di Hawaii (Pearl Harbour) tepatnya pada tanggal 7 Desember tahun 1941.

Lihat juga: Dampak Globalisasi


Apa yang Terjadi Saat Perang Dunia 2?

Perang dunia 2 tidak hanya membawa dampak pada negara-negara yang turut dalam peperangan saja, namun juga negara-negara yang tidak ikut serta seperti Indonesia. Bisa dibilang efek yang dibawa cukup positif karena dengan kalahnya Jepang terhadap sekutu, Indonesia akhirnya bisa memproklamasikan kemerdekaannya setelah beratus tahun dijajah oleh bangsa asing, baik oleh bangsa Eropa hingga Jepang.

Perang dunia, baik perang dunia 1 maupun perang dunia 2, tak dipungkiri adalah peristiwa bersejarah yang bisa mengubah sejarah dunia termasuk Indonesia. Sama seperti perang dunia 1 sebelumnya, penyebab perang dunia 2 juga dibagi dalam sebab khusus dan umum. Penjelasan tentang perang dunia 2 dan penyebabnya di atas semoga bisa memberikan pengetahuan lebih pada Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Perang Dunia 2, Nomor 3 dan 4 adalah Faktor Utamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel