Berbagai Penyebab Perang Dunia 1, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utamanya

penyebab perang dunia 1

Jika berbicara tentang dunia dan sejarahnya, tentu tak bisa dilepaskan dari adanya perang-perang yang terjadi yang kemudian turut mengubah sejarah dunia. Sejauh ini, ada beberapa perang yang terkenal dan sangat berpengaruh dalam mengubah dunia. Saat menyinggung tentang perang dunia, pasti kebanyakan orang lebih fokus pada Perang Dunia II yang dianggap lebih dahsyat. Padahal sebenarnya, perang Dunia I juga tak kalah dahsyat dan berpengaruh bahkan hingga peradaban modern di abad 20. Penyebab Perang Dunia 1 juga sedikit berbeda jika dibandingkan dengan perang-perang lainnya (lihat juga: penyebab inflasi).

Perang Dunia 1 yang Mengubah Dunia

Perang Dunia 1 adalah perang yang terjadi pada awal tahun 1914 hingga akhir tahun 1918 dan melibatkan kekuatan-kekuatan terbaik dunia yang kemudian terbagi ke dalam aliansi-aliansi bertentangan. Kekuatan-kekuatan besar itu antara lain Amerika, Jerman, Perancis, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Perang ini masuk dalam perang terbesar yang pernah terjadi karena melibatkan hampir 60 juta tentara dan menewaskan lebih dari 9 juta orang. Hal yang menjadi penyebab perang dunia 1 ini juga begitu banyak.

Faktor Penyebab Perang Dunia 1

Perang Dunia 1 pecah karena beberapa sebab. Ada sebab umum dan ada sebab khusus yang menjadi penyebab perang dunia 1 ini. Secara rinci, berikut ini adalah sebab-sebab yang melatarbelakangi pecahnya perang dunia 1.

1. Adanya Pertentangan Antara Negara-Negara di Eropa
Sebelum pecah menjadi perang besar yang dikenal dengan perang dunia 1, negara-negara di Eropa sendiri sebelumnya sudah memiliki banyak pertentangan. Misalnya saja pertikaian antara Inggris dan Perancis yang berebut daerah jajahan, pertikaian antara Jerman dan Rusia serta masih banyak pertikaian antar negara lainnya. Inilah yang memicu timbulnya perang Dunia 1.

2. Berlomba-Lomba dalam Hal Persenjataan
Karena adanya ketidakpercayaan antara satu negara dengan negara lainnya, maka kemudian membuat setiap negara tersebut berlomba-lomba untuk meningkatkan persenjataannya, baik dalam hal kualitas maupun kuantitas.

3. Adanya Politik Mencari Kawan
Faktor penyebab satu ini juga menjadi latar belakang terkuat yang memicu terjadinya perang dunia 1. Politik mencari kawan yang kemudian memunculkan Triple Alliantie dan Triple entente ini bahkan terus dibawa hingga perang dunia 1 pecah dan negara-negara di Eropa terbagi ke dalam dua aliansi politik tersebut.

4. Terbunuhnya Putra Mahkota Austria dan Istrinya
Sedangkan faktor khusus timbulnya perang dunia 1 ini disebabkan karena terbunuhnya putra mahkota Austria, Franz Ferdinand dan istrinya. Tragedi ini membuat Austria memberikan ultimatum kepada Serbia untuk menyerahkan pembunuhnya, hingga kemudian semakin berkembang dan memicu timbulnya perang.

Lihat juga: Akibat Rotasi Bumi

Akhir Perang Dunia 1

Setelah 4 tahun lebih mengalami kekacauan, bahkan ketika salah satu peserta perang Dunia 1, Rusia mengaku kalah pada Jerman. Sayangnya ketika Rusia menyerah, Jerman justru mendapatkan musuh baru yang merupakan gabungan antara Amerika Serikat, Inggris dan Perancis. Hingga akhirnya Jerman dan negara pendukungnya menyerah kalah pada pasukan sekutu yang terdiri dari Amerika, Inggris dan Perancis.

Timbulnya perang Dunia 1 tak dapat dipungkiri menjadi titik awal yang juga merubah sejarah dunia. Perang yang terjadi antara negara-negara di Eropa ini sedikit banyak memberikan dampak pada dunia, bahkan yang tidak terlibat perang sekalipun. Beberapa penyebab perang dunia 1 yang disebutkan di atas, bahkan masih akan menjadi penyebab terjadinya perang-perang lain yang mengikutinya. Demikian penjelasan tentang perang Dunia 1, penyebab dan berakhirnya.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Perang Dunia 1, Nomor 2 dan 4 adalah Faktor Utamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel