Berbagai Penyebab Pengangguran, Nomor 1 dan 2 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia

penyebab pengangguran

Pengangguran bisa dibilang menjadi masalah umum di berbagai negara. Seiring dengan kian tingginya perkembangan teknologi, ternyata terbukti justru menjadikan kian banyak saja pengangguran yang ada. Penyebab pengangguran sebetulnya bisa jadi karena faktor internal di orang terkait hingga faktor eksternal. Padahal jika dilihat kembali, tingkat pendidikan di kalangan masyarakat sudah cukup meningkat signifikan (lihat juga: dampak perubahan sosial).

Apa itu Pengangguran?

Istilah pengangguran tentu sudah menjadi sebuah istilah yang sangat familiar di telinga. Pengangguran sendiri didefinisikan sebagai seseorang yang sama sekali tak bekerja, masih dalam tahap mencari pekerjaan atau bekerja tapi masih kurang dari waktu dua hari dalam seminggunya. Pengangguran sendiri bisa mengakibatkan banyak masalah dalam ekonomi lantaran produktivitas serta pendapatan masyarakat yang berkurang. Inilah sebab kemiskinan terjadi.

Penyebab Pengangguran di Era Modern

Statistik menunjukkan jika angka jumlah pengangguran terus mengalami fluktuasi. Kadang menurun, tapi lebih sering angkanya meningkat. Mungkin Anda juga bertanya-tanya, sebetulnya apa penyebab pengangguran yang makin marak terjadi:

1. Jumlah Pekerjaan dan Tenaga Kerja Tidak Seimbang
Jumlah pekerja kian hari kian meningkat. Anda tentu tahu jika tiap tahun selalu ada siswa dan mahasiswa yang lulus dan tentunya langsung ingin bekerja. Meski demikian, kebutuhan untuk lowongan kerjanya tetap saja tidak bertambah. Tidak heran jika satu lowongan saja bisa diperebutkan puluhan atau bahkan ratusan orang.

Tidak seimbangnya jumlah lowongan kerja dan pekerjaan inilah yang menjadikan banyak pengangguran. Ini juga menjadi penyebab utama adanya pengangguran karena pemerintah yang masih belum bisa menyediakan lowongan yang cukup untuk pencari kerja. Selain itu, banyak orang yang lebih memilih bekerja pada orang dibanding berbisnis sendiri untuk membuka kesempatan kerja untuk orang lain.

2. Kemajuan Teknologi
Teknologi yang terus berkembang sudah seharusnya menjadi sebuah kebanggaan lantaran manusia bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitas. Meski demikian, teknologi menjadikan banyak tenaga manusia kini tidak dibutuhkan lagi lantaran semuanya bisa dilakukan dengan bantuan perangkat teknologi. Contoh termudah saja, kini di Jepang robot sudah banyak dipekerjakan lantaran lebih efektif dan efisien dibanding mempekerjakan manusia.

3. Kurangnya Ketrampilan dan Pendidikan
Faktor lain yang menjadi penyebab pengangguran adalah karena masalah ketrampilan dan juga pendidikan. Bahkan terkadang, pencari kerja yang berpendidikan pun kerapkali masih belum memiliki ketrampilan tertentu yang dibutuhkan oleh pencari kerja. Tentu hal ini menjadikan banyak pencari kerja yang sulit mendapatkan pekerjaan.

4. Kemiskinan
Kemiskinan jadi dampak adanya pengangguran. Tapi kemiskinan juga ternyata jadi sebab adanya pengangguran. Masyarakat yang tumbuh dalam keluarga yang miskin biasanya menjadikannya tidak memiliki pendidikan dan ketrampilan. Dengan demikian maka mereka pun lebih sulit untuk bersaing dengan pencari kerja yang memiliki dasar pendidikan. Akibatnya, mereka pun menganggur dan tidak memiliki penghasilan (lihat juga: dampak inflasi).

Contoh Cara Mengatasi Pengangguran

Sebetulnya pengangguran  bisa diatasi dengan berbagai cara. Tak hanya butuh kesadaran pemerintah saja, tapi para pengangguran juga harus lebih rajin lagi untuk mencari kesempatan. Pemerintah kini sudah banyak menyediakan pendidikan gratis untuk golongan kurang mampu, pelatihan ketrampilan hingga pembelajaran. Masyarakat juga sudah seharusnya sadar untuk tidak melulu minta pekerjaan, tapi berusaha membuat lapangan kerja sendiri dengan berbisnis.

Itulah ulasan terkait penyebab pengangguran. Masalah pengangguran pada dasarnya tak hanya ada di Indonesia saja, melainkan juga ada semua negara di dunia. Tentunya kebijakan pemerintah dan usaha dari para penganggur amat dibutuhkan demi mencapai kesejahteraan bersama.

Berlangganan gratis update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Penyebab Pengangguran, Nomor 1 dan 2 adalah Faktor Utama yang Sering Terjadi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel